12 October 2010

Lezatnya Sambal Walang Sangit

WALANG SANGIT…
Siapa yang tidak kenal walang sangit, saya yakin orang-orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke pasti mengenal yang namanya walang sangit. Walang ini terkenal karena baunya yang sangat tidak enak dan menyengat. Akan tetapi siapa sangka, walang yang bau ini sangat nikmat bila dibuat sambal.

Sambal Walang Sangit adalah sambal yang bahan utamanya adalah walang sangit. Sambal ini adalah menu olahan utama dari walang sangit, selain disambal jarang ada menu menggunakan walang sangit ini. Biasanya kaum petani sawah di desa-desa mengkonsumsi ini sekaligus untuk menanggulangi hama pada tanaman padinya. Sambel walang sangit ini memang cocok disajikan dengan nasi thiwul untuk masa-masa dahulu, tetapi untuk saat ini sambel walang sangit ini juga sangat cocok disajikan dengan nasi liwet yang pulen dan hangat.

Penasaran pengen nyobain?? Mending bikin sendiri saja, begini caranya: Walang sangit, dicuci, dibersihkan kemudian digoreng dengan api kecil dan tidak terlalu kering. Kemudian siapkan cabe, garam (sedikit saja karena walang akan membuat lebih asin), bawang putih. Kemudian haluskan (diuleg) dalam leper, setelah halus masukan walang sangit dan uleg agar sdikit hancur (tidak sampai halus). Selamat menikmati......

Sebelum Menikmati, sebaiknya teman teman melihat dulu wujud asli dari walang sangit itu, niy penampakan aslinya:

Share:

9 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive