20 May 2011

Uniknya Durian Gundul Khas Lombok

Coba deh liat gambar di samping, lho durian kok gundul? Ane pas pertama kali tahu juga heran, kok ada durian gundul. Durian gundul (buah gundulan) ternyata berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keunikan buah ini terletak pada buahnya yang tidak memiliki duri seperti buah durian pada umumnya.

Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan bobot 800-900 gr. Buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri! Rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix. Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 – 400 kg/pohon/tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 – 700 dpl.

Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada.



Ane yang sekarang domisili Lombok, malah belum pernah makan apalagi menjumpai gundulan ini, penasaran banget ane. Oia sekarang gundulan ini juga sedang di kembangkan dan di biakkan di Taman Buah Mekarsari, jadi buat temen temen yang berlokasi di Jabotabek, langsung saja menuju lokasi tersebut.
Share:

4 comments:

  1. mantap gan infonya, ane aja bru tau yg asli orang lombok,,, jdi pngen nyobain tpi daerah mna nich??

    ReplyDelete
  2. Bibit durian gundul,musangking,candy,menoreh,kanjo dll di jogja hub.087839145118

    ReplyDelete
  3. kalo gundul bukan durian lagi dong namanya,.. hehehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive