20 August 2012

Warung Sate Kambing Winong Purworejo

Lokasi nya
Winong, sebuah daerah di Kecamatan Kemiri, Purworejo ini mempunyai satu makanan khas yang sangat terkenal, yaitu Sate, yuph karena berasal dari winong, maka nya diberi nama Sate Winong. Sate ini berbahan dasar Daging Kambing. By the way, Saya pernah membahas mengenai Sate Winong di postingan terdahulu, kalau belum baca, bisa dilihat disini.  
Alat Panggulan nya
Nah untuk warung yang saya bahas disini, warungnya tidak berada di daerah winong, tapi di daerah Mranti, Purworejo tepatnya di Jalan Mranti - Gebang, persis di pinggir Jalan. Memang sih Sate Winong ini warungnya udah banyak berdiri di luar wilayah winong, seperti halnya Nasi Puyung di Lombok yang warung warung nya ada di luar daerah asalnya yaitu Daerah Puyung di Lombok Tengah.

Satu yang khas dari warung sate winong adalah penjual satenya ada di depan warung, lengkap dengan tempat pembakarannya yang berupa dua kotakan yang bisa dipanggul dengan bantuan bambu sebagai penghubung nya (lihat gambar). Karena sejarahnya dulu, sate ini memang penjualannya dengan cara dipanggul keliling kampung. Nah untuk mempertahankan nilai nilai sejarah nya, alat panggulnya tetap digunakan, meski cuma diletakkan di depan warung.

sepiring sate
Satu porsi sate ini terdiri dari 1 piring daging sate yang udah dilepas dari tusuk nya, 1 piring nasi, dan 1 piring lalapan. Saat saya di sini, saya pesan 4 porsi sate + Es Jeruk Manis 4 gelas dengan harga 85 ribu rupiah. Rasanya cenderung manis dan gurih karena menggunakan bumbu kecap, kalau yang pengen pedas, tinggal tambahkan saja sambal yang telah disediakan.

Gimana sobat? Kalau sedang di Purworejo, jangan lupa ya mencicipi satu menu khas Purworejo ini ya, dijamin ketagihan deh...

Share:

4 comments:

  1. Thanks ya berbagifun udh explore warung sate ayah saya 😊😊😊

    ReplyDelete
  2. 4 porsi + esjeruk manis cuma 85Rb
    Murah juga ya untuk harga sate kambingnya

    heheee,, boleh di coba nih nanti kalo lagi main ke Purworejo

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive