27 May 2017

Ramadhan di Kota Mataram

Enggak terasa ya, sudah memasuki bulan ramadhan lagi. Kayaknya baru kemarin aja aku pulang kampung pas lebaran, heuheuheu. Alhamdulilah diberi kesehatan, bisa menikmati bulan ramadhan lagi di Pulau Lombok,khususnya di Kota Mataram tercinta ini.


EVENT
Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, ramadhan 1438 H ini suasananya lebih meriah dengan adanya event Pesona Khazanah Ramadhan yang dipusatkan di area Islamic Center Kota Mataram, dengan masjid megahnya bernama Masjib Hubbul Wathan.

Event yang dibuka secara resmi oleh TGB tanggal 25  Mei kemarin ini akan berlangsung selama bulan ramadhan, ada bazaar makanan, takjil menjelang berbuka, stand ekonomi kreatif, sembako, perbankan syariah dan tentu saja shalat tarawih berjamaah setiap malam dengan imam yang berasal dari beberapa negara seperti Yordania, Mesir, Lebanon dan Maroko. 

Seminggu sebelum event ini secara resmi dibuka, telah digelar terlebih dahulu acara `Fun Walk Pesona Khazanah Ramadhan`, yang merupakan gelaran Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menandai kick off program Ramadhan yang akan berlangsung selama sebulan tersebut. Sekitar lima ribu masyarakat NTB khususnya yang berasal dari Kota Mataram dan sekitarnya mengikuti acara yang menempuh rute sepanjang lima kilometer dari depan Kantor Gubernur NTB menuju Islamic Center NTB.

Buat yang hobi ikutan lomba lomba, boleh tuh ikutan beberapa lomba yang diadakan seperti lomba blog, lomba vlog, lomba foto, lomba kaligrafi, lomba pantun islam, dan lomba daĆ­.

Nah untuk lebih lengkapnya silakan download buku panduan Pesona Khazanah Ramadhan, dengan Klik Disini


NGABUBURIT
Betewe Kata ngabuburit tuh berasal dari bahasa Sunda lho, dimana sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan puasa. Burit berarti sore. Ngabuburit berarti menunggu sore, dan tadinya sih tidak harus bulan puasa saja. Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi: menunggu saatnya buka puas. Dan istilah ini sudah menjadi istilah umum bagi masyarakat Indonesia.

Nah di Kota Mataram sendiri, banyak pilihan tempat untuk ngabuburit. Yang pertama tentu saja di sekitar area Islamic Center dengan event Pesona Khazanah Ramadhan seperti yang sudah aku tulis diatas.

Yang kedua, Pantai Ampenan. Pantai yang berada di sebelah barat Kota Mataram ini menjadi pilihan utama untuk menikmati senja, dan tentu saja sambil menunggu bedug maghrib. Enggak perlu bingung mencari jajanan/takjil berbuka puasa, banyak banget warung warung yang menjual jajanan berbuka, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Di area pantai ampenan juga terdapat musholla, jadi setelah menyantap takjil bisa langsung meluncur ke musholla untuk sholat maghrib.

Yang ketiga, Jalan Majapahit/Depan Taman Budaya. Nah buat kalian yang pengen nyari jajanan berbuka/takjil paling lengkap di kota mataram, bisa langsung meluncur ke jalan majapahit yang tepatnya berada di depan taman budaya. Trotoar jalan sepanjang sekitar 100 meter ini akan dipenuhi para pedagang makanan dadakan yang selalu diserbu masyarakat pemburu jajanan,saat menjelang waktu berbuka, hingga menimbulkan kemacetan, suatu hal yang jarang ditemui di Kota Mataram, heuheuheu

Yang keempat, Lombok Epicentrum Mall. Mall yang belum lama berdiri di Kota Mataram ini bisa jadi pilihan alternatif kalian untuk menunggu saat berbuka puasa, dan tentu saja mencari makanan untuk berbuka. Nah saat maghrib tiba, bisa menuju masjid At Taqwa di Lantai 1, dimana setiap hari rabu (selama ramadhan) akan diadakan kajian rutin bersama ustad Mizan Qudziah LC sehabis maghrib 

Yang kelima tentu saja area Jalan Udayana. Jalan yang berada di antara Islamic Center dan Eks Bandara Selaparang ini memang selalu ramai di sore hari, bukan hanya di bulan puasa saja. Kondisi akan semakin ramai saat bulan puasa tiba, karena selain terdapat pedagang makanan tetap, di trotoar sepanjang jalan ini akan dipenuhi pula pedagang dadakan yang menu utamanya takjil seperti kolak dan berbagai macam minuman es. Di arena taman udayana ini juga terdapat mushola untuk mendirikan sholat maghrib, namun bila ingin lokasi yang lebih luas dan nyaman, langsung saja ke Masjid Hubbul Wathan di Islamic Center yang lokasinya sangat dekat.

***

LOKASI ISLAMIC CENTER MATARAM,NTB

Share:

7 comments:

  1. Keren mas... Sya jg lg mikir2 mw crita pa ttg Pesona Khasanah hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung lagi banyak yang nyari info, jadi kutulis deh
      heuheuheu

      Delete
  2. Meriah banget ya Ramadhan di Mataram. Mesjid Agung sudah menampakan kemegahannya. Keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah yaaa
      sepertinya ini nanti bakal jadi event tahunan

      Delete
  3. INSTEAD MENDAPATKAN LOAN ,, AKU AKAN SESUATU BARU
    Dapatkan $ 12.500 USD setiap hari, selama enam bulan!

    Lihat cara kerjanya
    Tahukah Anda bahwa Anda bisa kembali ke mesin ATM dengan kartu ATM yang diretas ?? Buatlah pikiran Anda sebelum menerapkan, kesepakatan lurus.

    Pesan untuk kartu ATM kosong sekarang dan dapatkan jutaan dalam seminggu !: hubungi kami
    via email address :: posloadedblankatmmastercard@gmail.com

    Berikut daftar harga kami untuk KARTU ATM:
    Perangkat lunak senilai $ 300 USD menciptakan batas kartu sebesar $ 12,500 USD Perangkat lunak senilai $ 750 USD menciptakan batas kartu sebesar $ 24,950 USD Perangkat lunak seharga $ 2.350 USD menciptakan batas kartu sebesar $ 49.000 USD Biaya perangkat lunak $ 3.000 USD menciptakan batas kartu sebesar $ 75.400 USD Perangkat lunak senilai $ 7.359 USD menciptakan batas kartu sebesar $ 99,500 USD

    Pesan sekarang: hubungi kami via email: posloadedblankatmmastercard@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas kiriman pribadi Anda yang luar biasa! Saya pasti senang membacanya, Anda hebat
    penulis. Saya pasti akan menandai blog Anda dan pada akhirnya akan melakukannya
    kembali lagi nanti. Saya ingin mendorong diri Anda untuk melanjutkan kebesaran Anda
    kerja, semoga harimu menyenangkan!
    Filmepik
    Josprediksi
    4Dprediksi
    Eraprediksi
    Livedraw4D

    ReplyDelete
  5. Prediksi Sidney :

    Bbfs : 83410
    4d Sidney :3401
    Colok bebas Sidney : 0
    Colok jitu As Dan Kop : 3 Dan 0
    Colok jitu Kepala Dan Ekor : 4 Dan 1
    Dasar : Kecil – Ganjil
    Shio : Ular
    20 line 2d jitu : 83*84*81*80*38*34*31*30*48*43*41*40*18*13*14*10*08*03*04*01
    Prediksi Sgp :

    Bbfs : 98217
    4d sgp : 9271
    Colok bebas sgp : 2
    Colok jitu As Dan Kop : 9 Dan 7
    Colok jitu Kepala Dan Ekor : 2 Dan 1
    Dasar : Besar – Genap
    Shio : Naga
    20 line 2d jitu : 98*92*91*97*89*82*81*87*29*28*21*27*19*18*12*17*79*78*72*71
    Prediksi Hk :

    Bbfs : 63149
    4d Hk : 9439
    Colok bebas Hk :
    Colok jitu As Dan Kop : 9 Dan 3
    Colok jitu Kepala Dan Ekor : 4 Dan 9
    Dasar : Besar – Ganjil
    Shio : Kelinci
    20 line 2d jitu : 63*61*64*69*36*31*34*39*16*13*14*19*46*43*41*49*96*93*91*94

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive