17 June 2019

Menginap di Omah Njonja Jogja dengan Suasana Pecinan

Mencari penginapan di Jogja pas libur lebaran memang susah susah gampang, apalagi ditambah dengan beberapa kriteria khusus yang aku bikin sendiri biar liburan kita makin nyaman.

Nah seperti apa kriteria hotel untuk menginapku semalam di Jogja kali ini? Ini dia :
  • Lokasi di sekitar Condongcatur. Aku menaruh kriteria ini di urutan pertama karena tujuan jalan jalan kita berada di sekitar Condongcatur (Sleman)
  • Punya Family room yang bisa menampung 3 Dewasa, 1 Anak dan 1 Bayi
  • Budget di bawah 700rb per malam yang sudah termasuk sarapan
  • Ada Kolam Renang nya, yang ini optional sih, tapi ya setidaknya misalkan kita lagi males keluar, bisa renang renang hore aja di hotel.
Beberapa aplikasi pemesanan hotel online aku cobain satu satu, baik itu yang lokal maupun yang dari luar negeri. Ada beberapa pilihan hotel yg punya family room, tapi cuma satu yang lokasinya di sekitar Condongcatur dan masih punya kamar kosong, yaitu Omah Njonja Bed & Brasserie.

Dengan berlokasi di Jalan Sawitsari M1, penginapan ini cukup unik deh , lihat aja nama nya, merupakan gabungan dari beberapa bahasa. Menurut cerita yang kubaca di internet, "Omah Njonja" sendiri berawal dari kisah hidup sang pemilik penginapan yang  merupakan warga keturunan Tionghoa yang lahir dan sejak kecil hidup di daerah pecinan kawasan Semarang. Kata "Omah" artinya Rumah dalam Bahasa Jawa, kata "Njonja" adalah sebuah ejaan lama yang berarti Nyonya, representasi dari sosok pemilik yang sering dipanggil Nyonya Lie

Penginapan ini adalah penggambaran kenangan hidup Nyonya Lie semenjak kecil hingga dewasa. Karena hidup di kawasan pecinan yang kental akan budaya Tiongkok, maka konsep dekorasi penginapan ini adalah kombinasi antara aliran oriental dan Jawa "jaman dulu" (Jadul) yang nampak di setiap sudut penginapan.

Sedangkan kata "Bed" berasal dari Bahasa Inggris yang artinya tempa untuk tidur, yang terakhir kata "Brasserie" berasal dari bahasa Perancis yang artinya tempat makan.

Kita nyampai jogja di siang hari, namun enggak langsung check ini, tapi jalan jalan dulu dan makan makan, nah sekitar pukul 19.30 barulah kita meluncur ke hotel buat check in. Saat sampai di depan hotel, parkiran nya ternyata sempit dan udah penuh ama mobil + Motor, untungnya satpam hotel nya sigap, dia langsung keluar dari pos dan menghampiri kita, dan mengarahkan kita untuk parkir kendaraan di seberang hotel ini.

Ternyata di seberang hotel ini ada tempat parkir yang luas banget lho, yaa meskipun bukan milik hotel, tapi pak satpam nya meyakinkan kita bahwa parkiran ini aman, bahkan mobil operasional hotel pun diparkir di sini juga. Sehabis mengatur posisi parkir mobil, beliau (pak satpam) pun membantu kita untuk membawakan koper ke bagian check in.

Karena sudah booking dan bayar sebelumnya lewat aplikasi online, proses check in berjalan cepat, cuman kita harus naruh deposit sejumlah 200 ribu yang akan dikembalikan saat check out nanti. Lalu kita pun diantar ke kamar, yang ternyata kita dapat kamar nomor 1 yang persis di belakang tempat check in.

Penataan interior di hotel ini bener bener totalitas deh, bisa dibilang setiap sudut dari hotel ini bisa dijadikan spot foto foto, huaaaa bisa penuh nih memori kamera. Tapi karena ini sudah malam dan pencahayaan remang remang, aku cuma foto foto ala kadarnya saja, untuk foto foto maksimalnya besok pagi aja sehabis breakfast.

Ukuran kamarnya tidak terlalu luas ya, hmmm mungkin karena ada 2 bed sih ya, 1 bed besar dan 1 bed kecil. Hal pertama yang aku lakukan setelah masuk kamar hotel adalah, nge cek kamar mandi nya, heuheuheu.

Kamar mandinya cukup memadai ya, pake shower dengan air panas dan dingin dan diberi sekat kaca antara tempat shower dan tempat Buang Air, biar gak becek cui. Sayangnya handuk dan pasta gigi serta sikat gigi cuma disediain 2 nih, padahal khan kita pesen buat 3 orang. Selain itu standar lah, ada cermin, tempat sampah, cantolan baju, sabun dan sampo, shower cap, gelas, tissue, dan colokan listrik di sebelah wastafel.

Untuk di kamar tidurnya ada TV Kabel, free wifi (bisa di semua area hotel), mini bar, cermin, tempat sampah, menu makanan, telepon, AC, gantungan baju, laci, beberapa colokan, sandal hotel, minus kulkas dan lemari (sangat disayangkan). Tapi untungnya kekedapan kamarnya bisa dibilang bagus lho, meski deket tempat check in, suara tamu yang datang pergi dan suara kendaraan dari jalan enggak kedengaran dari dalam kamar, jadi bisa bobo dengan tenang dan nyaman.

Keesokan harinya, kita menuju restonya yang berada di lantai dua. Huaaaa ternyata desain restonya enggak kalah unik ya. Ada lukisan 3D nya lho, seorang chef yang lagi masak menggunakan kompor kayu bakar. Menu yang disajikan untuk sarapan enggak terlalu banyak pilihannya sih, cuma ada nasi, beberapa sayur dan lauk, bubur ayam, sereal dan roti, kopi dan teh, air dingin, buah potong dan kerupuk. Kalau dari segi rasa, yaaa standar menu hotel lah ya.

Sehabis sarapan, kita pun bersih bersih dan beres beres packing, karena pagi ini harus check out dan melanjutkan jalan jalan keliling Jogja lagi. Tapi sebelum check out, kita menyempatkan untuk foto foto dulu di semua sudut hotel cantik ini.

~Jogja, 10-11 Juni 2019~

***

Peta Lokasi Omah Njonja Bed & Brasserie

Share:

6 comments:

1. Kayaknya aku pernah sepedaan lewat sekitara sini. Banyak jalan di sini, kadang bikin mumet kalau belum hafal jalanan. Lihat dalamnya menarik mas. Enak buat bersantai.

ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin aku malah nyasarnya gara gara salah ambil jalur di jalan layang yg baru itu, haha , jadinya muter jauh.. maklum udah lama gak keliling jogja. Malam pula, gelaaap

Iya dalemnya enak, buat santai, apalagi yg deket kolam

Delete
  2. Niat ya dia design interior dan eksteriornya. Itu kamarnya klasik, kamar mandinya lumayan modern meskia da aksen klasik di bingkai kacanya. Mayan ada kolam renangnya, bisa jadi referensi nginep juga nih :D