4 January 2021

Geblek Menoreh View : Angkringan Hits di Kulonprogo, Jogja

 
Di daerah Kulonprogo Jogja, ada tempat makan yang baru buka, Namanya adalah "Geblek Menoreh View", kalau kulihat dari akun IG nya sih tanggal 22 Desember 2020 soft opening. Nah pas libur tanggal 1 Januari 2021 kemarin, kita langsung cuss kesana, ngajakin sekalian seisi rumah 

Seperti biasa, sebelum menuju ke lokasi, aku selalu buka google maps, selain buat ngeliat rute ke lokasi tujuan, aku baca baca review dan pengalaman para local guide yang uda lebih dulu mendatangi lokasi, meski ratingnya bagus yaitu 4,8 ternyata ada beberapa yang menuliskan keluh kesahnya, seperti makanan yang biasa aja, cuma menang view, antrean panjang, dan minuman yang tidak diantarkan ke meja pengunjung. Hal hal tersebut enggak menyurutkan keinginanku untuk mendatangi tempat makan yang lagi hits ini.



Karena niatnya memang untuk nyari sarapan, kita dari rumah enggak makan dahulu, cuma ngopi dan ngemil ngemil sedikit. Dari Purworejo sebenernya ada dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu jalur alternatif Kaligesing - Jogja dan Jalur Selatan, jalur utama Purworejo - Jogja. Tentu saja kita pilih yang jalur utama, karena kondisi jalan basah sehabis diguyur hujan semalam, dan kendaraan full muatan, jadi agak serem juga kalau lewat jalur alternatif. Nyari amannya aja, meskipun jaraknya lebih jauh.

Libur tahun baru ternyata justru membuat jalan Purworejo - Jogja relatif lebih lengang, mungkin karena masih pagi juga. Alhamdulilah lancar sampai lokasi. Sebagai gambaran, nih aku taruh titik lokasi Geblek Menoreh View dari Google Maps :

 
Sebenernya Geblek Menoreh View ini lokasinya dekat dengan Jalan Raya Kaligesing - Jogja, tinggal masuk ke arah utara sekitar 350 meter saja, melewati jalan kecil yang sama dengan jalan masuk menuju tempat makan Geblek Pari Nanggulan yang sudah lebih dulu populer.

Sampai di lokasi, tempat parkir sudah lumayan penuh, baik itu untuk motor maupun mobil, untungnya ada petugas parkir yang membantu mencarikan dan mengatur parkir agar lebih rapi dan menampung lebih banyak kendaraan, biaya parkirnya enggak tahu berapa, yang jelas pas kukasih 5ribu, petugasnya menerima dan tidak memberi kembalian. FYI, parkir ini dikelola full oleh masyarakat sekitar. Di area parkir motor juga terdapat beberapa sepeda untuk disewakan ke pengunjung, dengan tarif 15 ribu/sepeda sepuasnya. Adanya tempat penyewaan sepeda ini dikarenakan sebelumnya tempat ini memang sudah terkenal sebagai jalur sepedaan, kalau di google maps sih namanya Jalan Viral Kulonprogo, yang merupakan jalan lurus sepanjang 1 km terbuat dari cor beton yang membelah cantiknya persawahan Nanggulan dengan background perbukitan menoreh.







Konsep tempat makan ini adalah angkringan, menu makanan yang disediakan sama seperti angkringan pada umumnya, seperti nasi kucing dengan berbagai isian (sambel teri, tempe, tongkol dll), nasi rames, berbagai macam gorengan, sate satean, teh, kopi, dll dengan harga murah meriah mulai 2000-an. Yang membedakan tempat ini dari angkringan biasa adalah tempatnya yang berlokasi di tepi sawah, dengan pemandangan cantik persawahan nanggulan, jalan viral dan tentu saja hijaunya perbukitan menoreh.

Balik lagi mengenai review para local guide yang menuliskan keluhannya di google maps, memang benar adanya, mungkin karena lagi hits dan viral, banyak pengunjung, sehingga membuat antrean panjang di kasir, sistemnya ambil makanan, lalu langsung dihitung dan dibayar di kasir. Kemudian untuk minuman, kita diberi nomor urut, semacam nomor meja yang terbuat dari kayu, nah nanti pas minuman sudah siap semua, nomor kita dipanggil dan kita mengambil sendiri minumannya di belakang kasir. Kemudian dari segi rasa, ya memang yang namanya makanan angkringan ya begini adanya. Kalo buat aku pribadi sih tidak masalah ya, fine fine aja, tetap bisa menikmati makanan plus pemandangan yang indaaah.... Recommended lah buat kalian yang nyari tempat baru buat makan sekaligus foto foto. Saranku sih datanglah pagi pagi, tempat ini sudah buka mulai jam 07.00 WIB dan jangan hari libur biar tidak ramai.




Share:

2 comments:

  1. Woalah ini sampingnya Geblek Pari toh, pantesan kok kayak gak asing lokasinya ahahhahaha. Dulu sering blusukan sekitar sini

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive