24 May 2021

Ada Pesawat Tempur Rusia di Alun-Alun Banyumas


Menurut wikipedia, Alun Alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam, sedangkan menurut KBBI, alun alun adalah tanah lapang yang luas di muka keraton atau di muka tempat kediaman resmi bupati, dan sebagainya. Di pulau jawa, sepertinya hampir setiap kota itu mempunyai alun alun ya, atau malah semua ada ya? 
 
Nah beberapa waktu yang lalu, aku sempet mampir ke salah satu alun alun di Jawa Tengah yaitu Alun Alun Kabupaten Banyumas. Aku sudah beberapa kali sih lewat depan alun alun ini, tapi baru kemarin bener bener berhenti dan menikmati duduk duduk di alun alun.
 
Ada satu hal yang bikin pengendara untuk nengok ke alun alun ini, terutama yang baru pertama kali lewat, yaitu sebuah pesawat tempur yang dipajang di sisi selatan alun alun, dengan posisi di atas kolam air mancur.
 

Nah berdasarkan informasi yang kubaca, pesawat tersebut adalah pesawat legendaris milik TNI AU, MIG 17 Fresco. Pesawat legendaris asal Rusia ini pernah digunakan TNI AU pada tahun 1960-1969. Pesawat ini sangat berjasa bagi Republik Indonesia, khususnya saat pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. 
 
Untuk bisa sampai Banyumas, pesawat ini diangkut melalui jalur darat dengan menempuh jarak sekitar 466 km dari asalnya Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang. Untuk mengangkut pesawat asal blok timur buatan Mikoyan Gurevich, Rusia, itu, diperlukan waktu 21 jam, yang melintasi 15 kota. Pesawat ini mulai dirakit di Alun-alun Banyumas awal Bulan Desember 2017. 
 
Nah alasan diletakkannya pesawat MIG 17 Fresco yang mempunyai nomor register 1118 dan termasuk salah satu di antara empat pesawat yang memiliki nomor register warna merah adalah untuk mewakili kejayaan AURI tempo dulu (TNI AU) tahun 1960. Selain itu untuk menghormati orang tua KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto (sekarang Panglima TNI), yang merupakan putra Banyumas serta pernah mengabdikan diri bersama pesawat MIG 17 sebagai seorang teknisi. 
 
 
Seperti halnya alun alun yang lain, di bagian tengah alun alun terdapat pohon besar, kayaknya sih pohon beringin, dan di bagian baratnya terdapat masjid besar. Kali ini kita tidak explore alun alun sampai tengah atau bahkan sampai ujung utara. Kita hanya duduk duduk santai di bawah pohon di sebelah barat monumen pesawat tempur.

Di tempat ini kita ngaso dulu, istirahat sambil ngemil ngemil jajanan. Di sebelah selatan alun alun banyumas banyak warung yang menjual makanan dan minuman.


Setelah fit lagi, lumayan ilang ngantuknya, dan perut udah terisi makanan, kita pun melanjutkan perjalanan kembali ke Kebumen. Oia, sebenernya trip kita hari ini enggak ada rencana untuk mampir banyumas lho, tadi pagi dari Kebumen kita cuss jalan jalan ke Wisata Surya Yudha Park 2 di Banjarnegara lewat jalur sempor yang kondisi jalannya aduhai dan beberapa waktu lalu sempat longsor. Nah sorenya pas mau balik ke Kebumen tuh hujan deres banget, agak beresiko juga sih kalau hujan hujan gini lewat jalur sempor, akhirnya aku lurus aja ke barat sampai banyumas, heuheuheu. Istirahat bentar di alun alun ini, baru balik ke kebumen lewat jalur utama Banyumas - Kebumen.


***

Peta Lokasi Alun Alun Banyumas


Share:

6 comments:

  1. jadi ingat di museum dirgantara Jogja, ada banyak pesawat seperti ini. Tapi nggak tahu dari mana asalnya ya, entah rusia, jepang, belanda atau yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih museum dirgantara jogja, iki tujuan wisataku pas TK/SD mbiyen, wis lali isine

      Delete
  2. Keren. Posenya pas banget, cakep, kayak habis lepas landas

    ReplyDelete
  3. Hal2 yg berbau sejarah sya jg suka. Kapan2 explore tmpt sejarah lainnya mas broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini, karena kebetulan di pinggir jalan utama, jadi mampir bentar. heuheuheu

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive