15 March 2021

Wisata ke Candi Borobudur Saat Pandemi Corona : Begini Aturan Mainnya


Setahun lalu saat awal awal pandemi Corona, Wisata Candi Borobudur sempat ditutup total selama beberapa bulan. Nah di awal tahun 2021 ini, Candi Borobudur sudah dibuka untuk umum meskipun dengan protokol kesehatan yang lumayan ketat, ya namun tidak ketat ketat banget sih.

Perbedaan suasana langsung kita rasakan saat masuk area parkir, aku masih inget, dulu pas ke borobudur, di area parkir tuh selalu penuh ama kendaraan, terutama bus bus besar yang berisi rombongan wisatawan, tapi kemarin tidak menjumpai bus sama sekali, hanya kendaraan pribadi saja, baik itu motor ataupun mobil. Kemudian warung warung yang menjual makanan di sekitar tempat parkir juga ada beberapa yang tutup, tidak buka semua. Padahal ini hari libur loh.


Saat kita sampai ke Candi Borobudur ini sekitar pukul 12.15 WIB, dengan mengikuti petunjuk arah menuju pintu masuk dari parkiran, sampailah kita di sebuah gerbang masuk yang masih ditutup, dan disitu tertulis jam operasional candi borobudur saat pandemi corona, yaitu 
  • PAGI : 08.00 - 11.30 WIB
  • SIANG : 12.30 - 15.00 WIB
Yang artinya kita enggak bisa masuk langsung, untungnya sih tinggal bentar lagi bukanya. Tanpa ada komando, para pengunjung langsung membuat antrean di depan pintu masuk ini, yang dibagi menjadi 2 barisan.
 

Saat waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB, petugas mempersilakan kita masuk dengan tetap menjaga jarak. Para pengunjung wajib mengenakan masker, dan diukur suhunya satu per satu, namun sayangnya yang diukur suhunya adalah tangan/lengan, heuheuheu, kurang valid donk hasilnya. Nah bagi pengunjung yang suhunya melebihi 37,3 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk
 
Saat para pengunjung mengantre masuk, petugas membacakan aturan kunjungan saat pandemi corona, selain jam buka, kewajiban masker dan suhu tubuh, dijelaskan pula bahwa para pengunjung untuk sementara waktu tidak boleh naik ke candi borobudur sampai atas, hanya diperbolehkan sampai pelatarannya saja.



Selain itu di sebelah pintu masuk ini juga tertulis pengumuman bahwa khusus hari senin, pintu masuk candi bakal ditutup dan kunjungan hanya di zona 2. Kemudian, untuk jumlah pengunjung di pelataran candi maksimal dalam 1x kunjungan adalah 140 orang di zona 1, dan dalam 1 hari maksimal 1800 orang, sedangkan di zona 2 maksimal 3500 orang.

Setelah melewati antrean pintu masuk, kita diwajibkan mencuci tangan pakai sabun di tempat yang telah disediakan, kemudian berjalan menuju loket pembelian tiket, dimana sebelumnya kita harus melewati bilik antiseptikUntuk tiket masuknya, saat ini (Februari 2021) harganya 50 ribu rupiah per orang dewasa, sedangkan anak 3 - 10 tahun harganya 25 ribu rupiah dan anak di bawah 3 tahun gratis.





Udah deh, setelah dapat kertas tiket dengan gambar barcode, kita bisa masuk ke area candinya dengan men-scan barcode tersebut.

Setelah sampai di dalam sih tidak ada aturan khususnya ya selain yang udah aku sebutkan di atas, yang jelas kita tidak bisa naik candi seperti biasanya.






FYI aturan bagi para pengunjung Candi Borobudur ini bisa saja beruabah sewaktu waktu, nah kalau kalian mau tahu updatenya, silakan follow saja akun twitternya di http://twitter.com/borobudurpark
 
 
 
 VLOG di Candi Borobudur Magelang :

Share:

3 comments:

  1. Sudah lama banget nggak dolan ke sini. Seringnya hanya sampai depan buat foto-foto sepedaan aja. Sekarang memang harus sesuai dengan prokes agar nyaman dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, udah lama banget enggak kesini
      ya mumpung udah di jawa, sekalian ngajakin anak2 yang belum pernah kesini
      heuheuheu

      Delete
  2. Tambah keren aj nih candi.katanya dri Purworejo ada Trans Jateng yg rutenya langsung Candi Borobudur ya ? Ada di video salah satu youtuber

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive