22 March 2021

Kulineran di Alun Alun Kebumen


Tak bisa dipungkiri, alun alun yang berada di setiap kota itu bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang murah meriah. Termasuk juga di Kebumen, banyak masyarakat yang sekedar menghabiskan waktu pagi atau sore hari di Alun Alun. Apalagi di malam minggu, itu bisa jadi puncak keramaian alun alun setiap minggunya. 
 
Akan tetapi dalam kondisi yang masih belum menentu gara gara corona ini, Alun Alun bisa sewaktu waktu ditutup untuk umum, tergantung peraturan dari pimpinan daerah, baik itu dari gubernur maupun bupati.
 

Beberapa waktu lalu, sekitar akhir Bulan November 2020, aku nyobain buat berkunjung ke alun alun kebumen dengan mengajak pasukan rumah di hari sabtu pagi. Penasaran sih gimana kondisinya, sekalian mau nyari sarapan.
 
Sekitar pukul 07.15 WIB kita sampai alun alun dan kuparkirkan kendaraan di sisi utara alun alun, di seberang Rumah Dinas Bupati Kebumen. 
 
Kondisi di sabtu pagi ini tidak terlalu ramai, malah bisa dibilang lumayan lengang.
 
Di sisi utara ini tidak terdapat penjual makanan, jadi kita coba berjalan ke arah barat, nah sampai di pojokan barat - utara mulai terlihat banyak penjual makanan dan minuman. Ada salah satu penjual makanan dengan gerobak yang bikin aku penasaran. Bapak itu menjual menu Sate Ambal, sebuah sajian kuliner khas dari daerah Ambal, Kebumen. Selama ini sudah sering denger sih tentang sate ini, sering liat juga warung warungnya, namun belum pernah mencicipi sama sekali.
 
Sate Ambal Khas Kebumen

Aku pesen 3 porsi pakai lontong, setelah pesan, bapak itu langsung bergegas membakar satenya, hmmm aroma bakaran sate ini bener bener bikin makin laper. Sayangnya beliau tidak menjual minuman, selain air mineral gelas, padahal pengennya sih ngopi item ya.
 
Sate ambal ini terbuat dari daging ayam, tidak jauh beda dengan sate kebanyakan, yang membuat khas adalah bumbu/saus/sambalnya, biasanya khan ada yang pake kecap atau kacang tanah, nah kalau sate ambal ini menggunakan tempe rebus yang dihancurkan. Citarasanya berbeda, lebih terasa light/ringan.
 
Di dekat penjual Sate Ambal ini terdapat beberapa alat fitnes/alat olahraga yang bisa dipakai oleh masyarakat umum secara gratis, selagi kita menunggu sate dibakar, anak anak malah keasyikan main alat alat itu.
 
 
Selepas sarapan Sate Ambal, kita coba berjalan keliling alun alun. Di sisi barat alun alun ternyata dipenuhi pedagang, dari ujung utara ke selatan, selain makanan ada juga yang menjual baju, sepatu, sandal dan mainan. Di sisi sisi lain alun alun hanya ada sedikit yang berjualan, yang paling rame memang yang sisi barat.


***

Dua bulan berikutnya, yaitu Januari 2021 aku nyoba lagi untuk berburu makanan di sekitar Alun Alun Kebumen, bedanya kali ini sore hari, yang tentu saja akan beda suasanya dengan pagi hari. 

FYI, pas sore hari, penjual makanan di sekitar alun alun lebih banyak dan beragam daripada pagi hari, bahkan bukan cuman di sekelilingnya saja, melainkan di jalan jalan di sekitar alun alun. Salah satu yang banyak tempat kulineran adalah Jalan Veteran, yang letaknya berada di pojokan timur alun alun ke arah utara, di sebelah barat SMAN1 Kebumen dan SMPN 2 Kebumen. Macem macem banget, dari cemilan seperti sosis bakar, sotang, es kepal, kelapa muda, sampai Nasi Goreng, Mie Ayam, Bakso dan Pizza. Tinggal pilih dah, bisa dimakan disitu atau dibungkus trus dimakan sambil duduk duduk di alun alun.

Nah kita pilih opsi kedua, kita beli beberapa cemilan, dibungkus, lalu dimakan di alun alun sambil nongkrong menikmati suasana sore Kebumen.





Selain banyak penjual makanan, di alun alun kebumen kala sore hari juga banyak permainan, seperti mainan kereta pake rel, mainan mobil mobilan listrik, wisata naik kuda, mewarnai gambar/lukisan, memancing mainan, dan balon besar yang berupa perosotan dengan macam macam karakter kartun
 


Setelah makan makan di pojokan alun alun, kita sih langsung pulang, belum berani untuk memperbolehkan anak anak main mainan itu, karena rawan banget kontak erat dengan orang lain. Aku kasih pengertian ke anak anak, alhamdulilah mereka enggak merengek nangis minta naik, Heuheuheu

***

Peta Lokasi Alun Alun Kebumen

Share:

2 comments:

  1. Udah lama banget gak dolan-dolan sekitaran Kebumen - Purwokerto. Jadi kepikiran pengen dolan lagi, tapi kudu sesuai prokes. Bisalah opsi naik kereta ke purworejo lanjut gowes ke Kebumen ahhahahah

    ReplyDelete
  2. sebagai wong orembun kebumen, jelas ini adalah tempat konkow konkow ku bersama keluarga juga...biasanya aku kalau ke sini makan nasgor magelangan, es campur dan ronde hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive