12 April 2021

Main ke Taman Kota HM Sarbini Kebumen


Tidak jauh dari rumah, ada sebuah taman yang cukup oke dan aman untuk ngajak main anak anak, yaitu Taman Kota HM Sarbini atau Taman Lalu Lintas atau Taman Edukasi, heuheuheu entah yang paling bener yang mana, sebab di lokasi, ada beberapa penulisan nama yang berbeda beda.

Nah taman kota ini tepatnya berlokasi di pojokan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Indrakila. Mempunyai 2 pintu masuk yang saat ini (Februari 2021) hanya dioperasikan 1 pintu saja, yaitu pintu belakang yang persis di sebelah Gemintang Cafe.


SEJARAH
Penamaan taman ini bertujuan untuk menghormati Jasa Jenderal TNI (Anm.) HM. Sarbini yang lahir di Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah, pada tanggal 29 Mei 1914 dan meninggal di Jakarta, 21 Agustus 1977 pada umur 63 tahun. Dalam masa perjuangan, terutama pada tanggal 20 Oktober 1945, beliau yang pada waktu itu berpangkat Letkol, memimpin pasukan Tentara Keamanan Rakyat Resimen Kedu Tengah dan menyerang, serta mengepung tentara Sekutu dan NICA di desa Jambu, Ambarawa yang kemudian dikenal sebagai peristiwa palagan Ambarawa
 
Pembagunan Taman Kota Jenderal HM Sarbini menggunakan anggraan APBD Tahun 2011 sebesar Rp 2,5 milyar , diatas tanah seluas 7.860 m2, sedangkan peresmiannya dilakukan oleh Bupati Kebumen H Buyar Winarso,SE , hari Jumat pagi tanggal 25 Mei 2012 yang ditandai dengan pelepasan balon dan memencet sirine untuk membuka selubung Patung Jenderal HM Sarbini. 
 




Nah beberapa tahun kemudian, taman kota ini dibangun kembali dengan penambahan sarana dan prasarana yang lebih lengkap dan diresmikan kira kira pada akhir tahun 2019.
 
Saat pandemi Corona, taman ini sudah beberapa kali buka tutup, sesuai dengan aturan dari pemerintah. Nah pada sore itu, tanggal 20 Februari 2021, kebetulan taman ini dibuka untuk umum, dan kebetulan kita sedang lewat depan situ, padahal sebenarnya kita enggak berencana buat main di taman ini lho. Ya sudah, akhirnya kita mampir sebentar.
 
Tempat parkir ada di pintu belakang, di seberang kantor Bappenda Kebumen atau persis di sebelah Gemintang Cafe. Tidak ada tiket masuk atau biaya parkir di taman kota ini, Mantaap.
 





Yang bikin aku tertarik adalah Taman Kota Jenderal HM Sarbini ini memadukan Ruang Terbuka Hijau dengan konsep edukasi dalam bentuk Taman Lintas. Dari Taman tersebut diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat, khususnya anak-anak dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban berlalu lintas. Selain itu juga terdapat beberapa wahana permainan anak seperti perosotan, jungkat jungkit, ayunan dll.

Di bagian depan, yaitu di sisi jalan Ahmad Yani, ada Sebuah gapura yang seharusnya menyambut kedatangan pengunjung dengan tulisan dari logam diantara kedua tugunya yang berbunyi "Taman Kota Jend HM Sarbini" dengan siluet burung walet di sana, namun sayang sekali pintu depan ditutup. Kemudian di dekat pintu masuk depan juga terdapat tugu lawet/walet yang bentuknya mirip atau bahkan sama dengan tugu lawet yang ada di persimpangan dekat Pasar Tumenggungan Kebumen, namun dengan ukuran yang lebih kecil.
 





Masuk lebih dalam, di bagian tengah taman terdapat patung sesosok orang, bertopi dan berseragam militer lengkap dengan tanda kepangkatan, bertulis "Jend Purn H.M. Sarbini" dan kutipan kata-kata Bung Karno "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya", sedangkan Di bawahnya tertulis "Penggagas: Edi Boedianto (Eksponen 45)". Di sisinya juga terdapat informasi peresmian taman ini oleh bupati kebumen tahun 2012.
 
Fasilitas di taman ini sebenernya lengkap lho, ada hotspot area, area refleksi kaki, taman lalu lintas, sarana usaha (kios), gazebo, tempat duduk, tempat sampah, toilet, musholla dan playground buat anak anak. Jadi tempat ini emang cocok banget dah buat ngajakin jalan jalan anak anak, apalagi suasananya enggak rame


***

Peta Lokasi Taman Kota HM Sarbini Kebumen

Share:

2 comments:

  1. Sekilas tamannya mirip taman yang di dekat alun-alun Cilacap, mas. Ada edukasi tentang rambu-rambu lalu lintas juga. Pun areanya juga lumayan luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gitu ya? mantap

      aku belum pernah ke pusat kotanya Cilacap

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive