17 May 2021

Heroes Park : Branding Baru Bumi Perkemahan Punthuk


Punthuk, sebuat tempat di Purworejo yang masih melekat di ingatanku sebagai tempat perkemahan Pramuka. Kira kira tahun 1997 lalu pernah dijadikan lokasi event perkemahan bertaraf nasional. Hal tersebut masih kuingat karena pas event itu tuh aku datang jalan kaki dari rumah di pangenrejo, menyeberangi Sungai Bogowonto untuk sampai ke tempat tersebut. Setelah event itu aku enggak pernah sekalipun datang lagi ke punthuk
 

Setelah bertahun tahun terbengkalai, Kini pesona Punthuk kembali bersinar semenjak direnovasi sebagai Youth Center Bumi Perkemahan Arga Putra atau Heroes Park pada awal September 2019 dan diresmikan pada tanggal 27 Februari 2020 oleh Bupati Purworejo Agus Bastian. Pembangunan area publik ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Purworejo sebagai bentuk komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat Purworejo dalam hal pelayanan publik.
 


Lokasi Heroes Park mudah sekali dijangkau, bisa menggunakan sepeda, motor, mobil atau bahkan jalan kaki pun bisa, ya mesti capek pastinya. Jika kalian menggunakan kendaraan roda dua bisa lewat jembatan di bendungan boro, pangenrejo, tinggal ke arah timur aja, pasti nyampe. Nah kalau kalian menggunakan mobil enggak bisa lewat situ, harus memutar lewat perempatan patung WR Supratman ke timur, dan nanti kalau sudah sampai perempatan cangkrep yang ada lampu merahnya, belok aja ke kanan atau ke arah barat.

Nah dari perempatan itu jalan mulai menyempit, hati hati, pelan pelan, banyak tikungan dan beberapa tanjakan.


Tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan, cukup membayar parkir saja kepada petugas parkir. 

Sore itu kondisi Heroes Park tidak terlalu ramai, pengunjung didominasi oleh pasangan muda mudi, yang duduk duduk menempati bangku di belakang tulisan besar HEROES PARK. By the way bangku ini sepertinya didesain untuk pacaran deh, heuheuheu, ukurannya pas buat berdua dan jaraknya jauh jauh. Sayang sekali dulu pas jaman jaman pacaran, tempat ini belum ada, belum dibangun ulang.


Selain fasilitas tempat duduk buat bersantai, di Heroes Park juga tersedia banyak banget toilet, lokasinya di belakang sisi utara, tapi entah kenapa pas aku kesana ditutup semua, mungkin pas ada event baru dibuka. Selain itu juga terdapat mushola kecil untuk beribadah, banyak warung kecil yang menjual minuman dan makanan, banyak tempat sampah, bangunan semacam aula, dan tempat parkir  yang memadai.



Enggak banyak sih yang bisa dilakukan disini, aku cuma jalan keliling sekali, foto foto di beberapa titik, sedangkan si kecil mampir main odong odong sekitar 15 menit, kita enggak beli makan minum karena sebelum ini kita udah makan. 





Nah buat kalian yang pengen bersantai, duduk dudk, ngobrol sambil ngopi di bawah rimbunnya pepohonan bisa dah meluncur kesini. Ini nih peta lokasinya :

Share:

2 comments:

  1. Tempatnya terlihat bersih dari gambar, terawat.
    Tempat makannya hanya yang ada di fotokah gan?

    ReplyDelete
  2. Toiletnya malah kayak kamar-kamar penginapan hahahaha. Keren banget itu toilet kok buanyak dan bersih

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive