21 June 2021

Joglo Prembun Angkringan - Rekomendasi Resto Unik Bernuansa Jawa di Kebumen


Aku tahu tempat ini gara gara postingan status WA Emak, heuheuheu, ternyata beliau habis jalan jalan bersama temen temennya ke Kebumen, lalu mampir makan di tempat satu ini. Namanya adalah Joglo Prembun The Angkringan, berlokasi di Jalan Raya Prembun, sebelah timur alun alun prembun, kebumen. Kalau kita lewat jalan ini, kemungkinan kita tidak akan ngeh akan adanya restoran ini, karena plang nya kecil, pokoknya patokannya adalah Koperasi Bhina Raharja, nah pintu masuk restoran ini persis di sebelahnya. Untuk tempat parkirnya, saat ini belum ada tempat khusus, kita harus parkir di tepi jalan raya.


Berhubung lagi pandemi, di pintu masuk ada penjaga yang cek suhu pengunjung, disitu juga ada tempat cuci tangan lengkap dengan sabun.

Sebelum sampai ke bangunan restonya, kita harus melewati semacam lorong dengan tanaman rambat di atas dan hiasan jendela jendela kayu di dinding sisi kanan, hiasan ini mengingatkanku akan sebuah beach club di bali bernama Potato Head.
 

Setelah melalui lorong yang estetik itu, barulah kita sampai  di area utama resto. Sempet agak tercengang sih, heuheuheu, lha dari depan cuma terlihat lorong masuk yang kecil, eh ternyata di dalam luas banget. 

Saat sampai di bagian tengah ini kita disambut oleh salah satu pegawai, ditanyakan mengenai berapa orang yg akan makan, dan mau duduk di sebelah mana. Banyak pilihan tempat duduk yang bisa dipilih, ada lesehan, angkringan, meja kursi di luar, atau meja kursi di dalam bangunan utama joglo. Sebenernya masih ada satu lagi sih, di lantai dua sisi barat joglo, namun saat kita datang, ruangan itu ditutup pintunya, jadi enggak bisa diakses.






Dari beberapa pilihan tempat duduk tersebut, kita pilih yang di dalam area joglo saja. Enggak sesuai dengan tema yang diusung, menu makanan yang disediakan disini ternyata banyak juga yang bukan menu Jawa atau Nusantara, sebut saja Pho Bo yang merupakan soup khas Vietnam, sup swekiaw, siomay goreng thailand, bento teriyaki dll.

Nah sambil menunggu pesanan datang, aku mengajak si kecil untuk main main di playground, foto foto dan jalan jalan keliling restoran. Playgroundnya memang kecil, cuman ada 3 permainan, namun cukup membuat anak anak girang, di sebelahnya dipajang dokar/delman, lengkap dengan kudanya. Sepertinya sih ini dokar/delman asli, cuman kudanya aja yang patung. Pengunjung bisa naik ke dokarnya untuk sekedar foto foto. Oia, selain itu di belakang joglo juga ada patung Sapi besar berwana putih.




Satu per satu pesanan kita pun datang. Setiap ada menu mendoan di daftar menu, kita pasti pesen menu itu, nah yang beda dari resto atau cafe yang lain, karena disini mengusung nama "Angkringan", menu mendoannya ada pilihan goreng dan bakar, dan tentu saja kita pesen dua duanya donk. Eh tapi setelah datang, ternyata tempe goreng biasa, bukan mendoan otentik yang biasanya berukuran tipis, lebar dan lemes. Untungnya enak rasanya, heuheuheu, apalagi yang bakar.

Cemilan berikutnya adalah Siomay Goreng Thailand. Entah apa yang membuat makanan ini ada kata Thailand-nya, tapi yang jelas kata itu cukup menarik, dan membuat penasaran, akhirnya kita pesen deh, pas dicoba rasanya enak sih, di dalamnya ada daging yang cukup banyak, menurutku sih mungkin karena sambal yang dipakai semacam sambal bangkok gitu, jadi dinamakan siomay thailand.




Untuk menu beratnya, aku pesen Bebek Goreng Sambal Joglo Prembun. Lumayan lama menu ini keluar, bahkan saat semua pesenan sudah keluar dan hampir habis, menu ini baru keluar, itu pun setelah kita tanyakan ke kasir, infonya sih sedang diproses, dan minta maaf prosesnya lama karena ada masalah di Gas. Dari segi rasa dan tekstur, bebek ini enak, aku suka karena tidak terlalu empuk, masih sedikit melawan, cuman sambal nya kurang pedes gaes.

Emaknya anak anak pesen sapi lada hitam dan salad sayur. Buat yang suka daging pedes, boleh lah pesen sapi lada hitam, pedes banget, heuheuheu, cocok dimakan ama nasi anget, mantaap. Untuk saladnya ya standar enak lah, cuma kurang banyak porsinya.




Overall tempat ini sangat cocok buat makan rame rame bareng keluarga, teman atau sahabat. Tempatnya luas, pilihan tempat duduk dan makanannya banyak. Cuman tempat parkirnya aja yang kurang proper, harus di tepi jalan raya yang sangat ramai. Jadi buat kalian yang lagi di kebumen, dan bingung mau makan makan dimana, bisa meluncur ke resto ini


***
 
Peta Lokasi Restoran Joglo Prembun, Kebumen

Share:

3 comments:

  1. Aku kepikiran pengen gowes ke Kebumen, terus di sana kulineran hahahaha. Kayaknya menarik sekali ke tempat seperti ini

    ReplyDelete
  2. Lorongnya keren ya, ada jendela2 klasiknya. Menu2nya jg enak n bikin ngiler. Apalagi mendoannya,jd inget mendoan Banjarnegara. Deket tuh sama Kebumen hehehe

    ReplyDelete
  3. Operasional buka jam berapa ya.. kalau boleh tau .. mkasih

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive