26 July 2021

Melihat Koleksi Reptil dan Museum Desa di Desa Wisata Adiluhur, Kebumen

Berawal dari searching searching tentang wisata baru di Kebumen yaitu Gading Paradise, aku malah menemukan sebuah tempat wisata lain yang lebih menarik, yaitu Desa Wisata Adiluhur, dimana di dalamnya tuh terdapat Taman Reptil dan Spot Foto Foto yang mirip Svargabumi Magelang.

Lokasinya berada di Jalan Kaleng, Desa Adiluhur, Kec Adimulyo, Kab Kebumen. Tidak sulit untuk menjangkaunya, cukup berbekal google maps dan kendaraan pribadi, karena belum ada angkutan umum yang sampai sana. 


Untuk kendaraan, baik itu roda 2 maupun 4, bisa diparkir di halaman Masjid Al-Hikmah. Masjid ini persis berada di sebelah taman reptil dan di bagian depan jalan masuk ke desa wisata adilihur. Di taman reptil sendiri, ada seorang ibu ibu yang menjaga loket untuk pembayaran tiket masuk, harganya 10 ribu per orang untuk taman reptil dan 10 ribu per orang untuk desa wisata adiluhur, tapi kalau beli tiket terusan, cuma bayar 15 ribu saja per orang, kata ibunya sih lagi promo.

TAMAN REPTIL
FYI, taman reptil ini dimiliki dan dikelola oleh keluarga bapak ambar sutoyo, nah yang menjaga loket tadi infonya adalah istri beliau, dan hewan hewan dalam taman ini adalah koleksi pribadi. Namun meskipun namanya adalah Taman Reptil, hewan hewan yang ada disini bukan hanya reptil, ada juga ikan, burung, monyet, kelelawar, dan kucing.
 





 
Beberapa hewan bisa diajak untuk foto bersama, seperti kura kura besar, dan ular phyton kuning besar, namun harus dengan petugas, dan membayar seikhlasnya. 

DESA WISATA (MUSEUM DAN SPOT FOTO)
Setelah puas keliling taman reptil, kita lanjut masuk ke area desa wisatanya dengan berjalan kaki melewati jalan kampung beton, dimana kanan kirinya terdapat kebun warga yang ditanami berbagai macam tanaman buah dan sayur, seperti cabe, bunga telang, pisang, nangka, mangga dll. Kalau kita baca bannernya, disitu tertulis Kebun Bibit dan Area Demplot "P2L SAAALUR".

Tempat yang kita tuju berada di ujung jalan beton ini, disitu sudah terbangun sebuah Museum Desa di atas lahan sawah dengan jembatan jembatan kayu yang membentang di atas sawah juga, dimana di ujung ujungnya terdapat spot foto yang mirip dengan Svargabumi di Magelang.





Museum desa ini memiliki luas 200 ubin atau sekitar 2800 meter persegi. Bangunannya mengambil konsep limasan dan berdiri di tengah area. Pembangunan museum merupakan buah kerjasama dari pengelola Taman Reptil Adiluhur dengan desa. Sedangkan dana pembangunannya sebesar bersumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen. Di dalam museum ini dipajang benda benda peninggalan jaman dahulu seperti kendi, setrika, sendok, klintingan sapi dll.
 
 
***
 
Peta Lokasi Desa Wisata Adiluhur, Kebumen
 
Share:

2 comments:

  1. Pinter juga mengambil konsep seperti bangunan di tengah sawah ini, mas. Jadi kesannya bukan ingin lihat reptiplnya, malah pengen foto-foto hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr.wb..
      Salam sukses dan hidup tentram..
      Kami disini Menawarkan saudara-saudari
      Bantuan Penyelesaian Masalah...
      -ANDA INGIN KAYA RAYA, KAMI SIAP BANTU MELALUI:
      ➡PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL
      ➡PESUGIHAN ATM GOIB
      ➡PESUGIHAN MELIHARA TUYUL
      ➡PESUGIHAN PENGGANDAAN DANA GOIB
      ➡PESUGIHAN DANA GOIB PROSES CEPAT DALAM 4JAM - ANDA INGIN MEMILIKI KETURUNAN CEPAT, ATAU TRANSFER JANIN
      ➡TRANSFER JANIN (PUNYA TUJUAN)
      ➡TRANSFER JANIN (TANPA TUJUAN)
      ➡JUAL JANIN/BELI JANIN
      ➡PENGGUGURAN JANIN (KANDUNGAN)
      SYARAT PENGUGURAN :
      -Minimal kandungan batas usia 8bulan
      -Mempunyai identitas target atau tujuan
      transfer -ANDA PUNYA MASALAH ASMARA ATAU RUMAH TANGGA, BISA DIBANTU MELALUI;
      ➡PENGASIHAN NABI YUSUF
      ➡PELET SENTUHAN DAN MAKANAN
      ➡ILMU PEMIKAT AMPUHH
      ➡KEHARMONISAN RUMAH TANGGA -ANDA PUNYA MUSUH/SAINGAN, KESULITAN DALAM BERSAING, KAMI BISA BANTU MELALUI:
      ➡SANTET TANPA MEMBUNUH
      ➡JUAL MUSUH
      ➡MANTRA PELARIS DAGANGAN DLL..
      SYARAT ANDA HARUS SIAPKAN SEMUA IDENTITAS TARGET/MUSUH DLL.. UNTUK KONSULTASI LEBIH JELAS SILAHKAN HUBUNGI WHATSAPP:+6285337334757
      SILAHKAN KONSULTASIKAN SEMUA MASALAH ANDA KARNA SETIAP MASALAH INSYAALLAH KAMI AKAN BANTU JALAN KELUARNYA..
      No tipu2🚫
      Kami hanya Menjalankan Amanah🙏
      Untuk Mempergunakan Kelebihan kami untuk
      Membantu Masyarakat Yang Mengalami berbagai macam masalah untuk dibantu jalan keluarnya, trimakasih🙏 salam hidup tentram 👍🏼

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive