20 September 2021

Menikmati Kuliner Seafood di Warung 910 Pantai Menganti Kebumen


Salah satu pantai di Kebumen yang pengen banget aku datangi semenjak pindah Kebumen adalah Pantai Menganti. Heuheuheu, udah terlalu lama di timur Indonesia, pantai yang biasa kita datangi selalu pasir patih, dan Pantai Menganti lah yang jadi alternatif pengobat rindu pada pasir putih.
 
Tapi kali ini aku jalan jalan ke pantai bukan bareng keluarga, melainkan bareng temen temen kantor. Jadi karena ada urusan kerjaan di deket Menganti, akhirnya kita memutuskan untuk mampir, sekalian makan siang di salah satu warung seafood.
 
View dari Bukit Pandang Banjaran

Jalur menuju Pantai Menganti ada dua pilihan, yaitu lewat daerah Ayah, atau lewat jalur Pantai Bolong. Dengan kondisi jalur yang enggak jauh beda, naik turun dan berkelak kelok, karena memang pantai menganti ini ada di balik bukit, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda 4, di beberapa titik sih lumayan curam tanjakannya, sehingga buat yang pertama kali ke menganti, harus dipastikan kendaraannya dalam kondisi prima, baik itu saat menanjak maupun baliknya, saat turun.
 
Setelah melewati Bukit Pandang Banjaran, kita akan bertemu dengan petugas yang menjaga pintu masuk pantai. Dsitu kita harus membayar tiket masuk seharga 15 ribu per orang, tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan, asuransi, dan kendaraan shuttle
 


Dari loket pembelian tiket tersebut, kita masih harus melewati jalur menurun yang lumayan curam sekitar 1 km. Di Pantai Menganti ada beberapa warung seafood, namun yang kita tuju kali ini adalah Warung Seafood 910.
 
Warung ini lokasinya di tepi pantai, dengan sebagian bangunan diatas tanah menjorok ke pantai, kalau dilihat dari arah laut, terlihat seperti rumah panggung gitu. Konsepnya lesehan, tidak ada kursi yang disediakan, dan untuk menu makanannya seperti halnya warung warung seafood lain, yaitu olahan ikan, kepiting, udang dll. 






Beberapa menu makanan kita pesan, dan untuk menu ikan, kita bisa pilih sendiri di box ikan yang tersedia, ada ikan bawal laut, kakap dll, meskipun dalam kondisi beku, aku lihat sih dari mata dan insang, ikannya masih segar.

Setelah semua pesanan selesai diorder, kita menunggu duduk duduk lesehan di tempat yang tersedia. Siang ini cuma kita aja yang makan disini, jadi serasa pelanggan VIP, heuheuheu. Berhubung sudah lewat jam 12 siang, sambil menunggu makanan tiba, secara bergantian kita beribadah dulu di musholla yang tersedia di bawah, tempatnya cukup untuk dua orang. Ruangan kecil ini langsung berhadapan dengan pantai/laut, jadi suara ombaknya tuh terasa deket banget, ini kalau ombaknya lebih gedean dikit, bisa sampai masuk musholla nih. Tapi alhamdulilah enggak.





By the way, kalau di sekitar kebumen pesen Tempe Mendoan, yang datang tuh ya bener bener tempe mendoan ya, tempenya tipis, masih lembek/belum matang sempurna, ukurannya relatif besar dan tentu saja masih panas. Berbeda saat kita pesan tempe mendoan di kota selain Kebumen, Cilacap, Banyumas, pasti datangnya tempe goreng tepung biasa. 

Bumbu ikan bakarnya maknyus, tingkat kematangannya juga pas, dagingnya juicy, gurih manis. Ikan bawal laut ternyata enak juga, jarang jarang pilih bawal laut saat makan di warung seafood. Overall semua menu yang kita pesan enak enak rasanya. Recommended dah, tempatnya juga bersih, nyaman.



Selesai makan, kita lanjut ke arah kanan pantai, sampai mentok parkiran. Di sini ternyata rame juga, banyak mobil parkir. Rencananya sih kita mau naik shuttle yang disediakan pengelola untuk mengantar pengunjung menuju sisi ujung kiri pantai yang ada spot keren, salah satunya adalah Jembatan Merah. 

Bagi yang datang menggunakan mobil, memang tidak diperbolehkan ke sisi ujung kiri naik mobil pribadi, karena jalurnya yang menanjak dan sempit, jadi harus naik shuttle dari parkiran ujung kanan, tiket shuttle sudah termasuk di harga tiket masuk pantai menganti, jadi tidak perlu bayar lagi. Tapi sayang sekali beberapa orang dari kita merasa enggan untuk naik shuttle, karena panas banget siang ini, heuheuehu, akhirnya enggak jadi semua dah... Next time aku bakal coba
 

***

Peta Lokasi Warung Seafood 910 Pantai Menganti, Kebumen
 
Share:

1 comment:

  1. Warung-warungnya tertata rapi mas, dan kelihatan tidak ruame banget. Artinya untuk wisatawan, tempat seperti ini nyaman ketika hendak makan siang bareng keluarga.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive