13 September 2021

Njegir Dendipati : Wisata Selfie Baru di Utara Gombong Kebumen


Jalan Jalan kita kali ini ke arah Barat Kebumen, tepatnya Gombong ke utara, lewat jalur ke Benteng Van der Wijck dan lurus lagi sekitar 2 kilometer. Nama tempatnya adalah Njegir Dendipati, yang masuk ke dalam wilayah Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen.

Tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati taman ini, cukup membayar parkir aja saat pulang. FYI nama taman wisata ini diambil dari kata Njegir yang artinya lereng dan Dendipati yang artinya Adipati/Bupati. Jadi bila kita telaah lebih dalam lagi, lereng disini maksudnya taman ini dibangun di tanah miring, kemudian yang dimaksud adipati ini adalah bahwa bila kita berjalan mengikuti jalan setapak yang menanjak ke bagian belakang taman, kita akan menemukan beberapa makam yang salah satunya adalah makam bupati kebumen yang pertama, namanya adalah Panembahan Brodonolo, yang infonya beliau adalah leluhurnya Bapak Prabowo  (info dari penjaga taman).



Dari cerita ini, bisa kita simpulkan bahwa taman wisata ini menggabungkan taman wisata alam dengan wisata religi, yang nantinya bila ada yang ziarah ke makam, bisa sekalian jalan jalan ke taman wisata ini. Meskipun masih dalam proses pembangunan, taman wisata ini sudah bisa dinikmati, beberapa spot selfie sudah tersedia, seperti kapal, sarang burung, dan tower, selain itu juga ada playground seperti perosotan dan ayunan. Beberapa bangunan masih dalam proses pengerjaan seperti mushola, toilet, warung, kolam renang anak, gazebo dan tempat rapat/pertemuan. Pembangunan taman ini sempat tersendat karena masalah biaya. Alokasi dana desa sudah hampir habis, dan menunggu tahap berikutnya, katanya sih akhir tahun 2021 ini bakal rampung.




Konsep dari wisata ini memang terlihat matang, dan punya tujuan jelas ke depannya, semoga saja segera rampung 100% pembangunannya.

Oia untuk tempat sampah di area taman wisata juga belum ada, kemarin pas habis makan jajan, mau nyari tempat sampah enggak nemu, akhirnya kita bawa pulang lagi sampahnya. Sebelum masuk ke taman ini aku sempet ngopi dulu di warung kecil yang lokasinya persis di depan taman ini. Istirahat sebentar sambil nunggu si kecil yang masih tidur di dalam mobil. Sekitar 30 menit aku ngopi, duduk di warung sambil melihat aktivitas para pengunjung di dalam taman. 
 
Vlog di Njegir Dendipati


 
 
Waktu itu banyak anak muda, naik motor yang datang dan pergi, jadi di dalam area taman ini cuma sebentar saja, enggak sampai 15 menit, cuma mampir foto foto lalu pergi lagi. Beda dengan anak anak dan orang tua yang membawa anak anak, relatif mereka lebih lama di dalam taman, karena anak anak asyik bermain di playground nya, termasuk kita, heuheuheu. 








***

Peta Lokasi Njegir Dendipati Kebumen



Share:

2 comments:

  1. Malah kayak tempat sendiri mas pas masih sepi. Bisa main-main sepuasnya tanpa kudu antre hahahahah

    ReplyDelete
  2. Mirip sprti Makam loang Baloq d Lombok ya. Semoga saja bisa mencontoh Njegir Dendipati yg punya konsep yg jelas.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive