25 October 2021

Hutan Kota Wanamukti Kebumen


Hutan Kota Wanamukti berlokasi di Jalan HM Sarbini, Bumirejo, Kebumen, tidak jauh dari Stadion Candradimuka. Sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau, tempat ini dibangun dengan anggaran dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen Tahun 2018, dan berlanjut dibangun di tahun 2019. 

Sering aku lewat jalan HM Sarbini ini, dan selalu tertarik untuk mampir masuk, penasaran sih kayak apa isinya. Hingga akhirnya kemarin (awal Agustus 2021) aku pun coba explore spot ini. Kedatanganku ke tempat ini sebenernya enggak sengaja sih, karena siang itu aku lagi beli roti gembong, kebetulan di Kebumen baru buka sebuah toko roti gembong bernama "Gembul". Nah pas udah order ternyata harus nunggu 1 jam baru bisa diambil rotinya. Ya udah daripada nungguin di toko tapi bingung mau ngapain, akhirnya aku muter muter kota kebumen dulu dan pas lewat Jalan HM Sarbini, aku mampir ke Hutan Kota Wanamukti.




Hutan Kota ini berada persis di tepi jalan raya dengan dibatasi semacam selokan, jadi untuk masuk ke area hutan kota dibuatkan dua jembatan di kanan dan kiri. Meski lumayan sempit, jembatan kecil ini cukup untuk dilewati kendaraan roda empat. Diantara dua jembatan ini terdapat tulisan nama hutan kota ini berwarna putih.

Bagian depan taman terdapat tanah lapang berumput yang lumayan luas, bisa menampung puluhan mobil. Masuk lebih dalam lagi, terdapat semacam taman dengan jogging track yang mengelilingi area hutan kota. Meskipun namanya hutan kota, namun untuk saat ini belum bisa disebut hutan sih karena pohon pohon yang ditanam di sekitar jogging track belum tumbuh lebat, karena memang belum lama ditanam, tapi menurutku sih nanti kalau sudah tumbuh semua, bakal teduh banget area ini, plus bisa jadi hutan buah, karena pohon yang ditanam adalah pohon yang berbuah seperti Mangga, Rambutan, Sawo, Kelengkeng dan Durian. Mantaaaap




Di beberapa sudut kulihat beberapa binatang yang bebas mencari makan alias merumput, seperti kambing dan kuda. Mereka tidak diikat, jadi bisa bebas kesana kemari.

Tidak banyak yang bisa dilakukan disini sih, kita cuma duduk duduk aja, ngadem di bawah salah satu pohon besar, sedangkan si kecil lari larian kesana kemari. Yaa semoga ke depannya bisa ditambah fasilitas lain, seperti bangku bangku taman, ayunan, ataupun alat gym sederhana seperti yang ada di Alun Alun Kebumen. 



Oia untuk penjual makanan, saat ini sih ada satu kedai warung di dekat tanah lapang di area depan hutan kota, namun pas kesini, warung itu sedang tutup.


***

Peta Lokasi Hutan Kota Wanamukti Kebumen


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive