8 November 2021

De Tropen Jogja Kitchen : Tempat Makan Ramah Anak di Belakang Monjali


Huaaa akhirnya bisa jalan jalan ke Jogja lagi, meskipun harus menembus hujan lebat di tengah perjalanan. Maklum lah ya lagi musim penghujan. Kali ini tujuan kita adalah sebuah tempat makan yang ada playground-nya, aku pilih konsep tempat makan yang seperti ini biar anak anak enggak bosen lama lama nongkrong di tempat makan. Karena berdasar pengalaman seringkali pas nongkrong, anak anak tuh cepet bosen deh, kita belum puas nongkrong tapi mereka udah merengek minta pulang. Ada jurus pamungkasnya sih, yaitu ngasih hape buat nonton youtube atau nge-game, dijamin bakal anteng, tapi aku enggak mau anak jadi ketergantungan ama gadget.



Tempat ini bernama De Tropen Jogja Kitchen, lokasinya berada di Jalan Amerta Raya No 89b, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja atau lebih mudahnya, berada di belakang komplek monumen Jogja Kembali (monjali), nah Jalan Amerta Raya ini ada di sebelah baratnya Monjali.

Resto ini tuh seperti nyempil diantara rumah rumah komplek gitu, jalan di depannya sempit dan parkiran untuk resto ini juga sempit, jadi kalau sudah full, mobil mobil akan parkir di tepian jalan, bahkan kemarin aku diarahkan parkir di depan gerbang rumah orang, pas aku tanya ke tukang parkirnya, katanya sih enggak apa apa, udah ijin gitu bilangnya, dan pas kulihat lagi rumah ini, oh ternyata rumah besar ini punya dua gerbang, jadi meski aku parkir di depan gerbang, penghuni bisa keluar masuk lewat gerbang satunya.



Siang ini lumayan rame karena memang lagi weekend, untungnya masih dapat tempat duduk. FYI malam sebelumnya kita udah coba hubungi resto ini lewat WA, nomor hapenya kudapat dari IG nya. Rencanya mau reservasi dulu, takutnya penuh, maklum lagi weekend, tapi kuurungkan karena kalau mau reservasi harus bayar DP 300 ribu, dan uang ini tidak bisa dikembalikan misalnya sisa. Jadi setidaknya kita harus makan dengan nominal total 300 ribu.




Ada beberapa pilihan tempat duduk, yang pertama di bagian depan, indoor dekat kasir, disini tema kayu kayu warna coklat, ada playground mini juga buat anak anak. Yang kedua semi indoor di bagian belakang, termasuk outdoor tapi masih ada atapnya, jadi enggak bakal khawatir kalau panas maupun hujan. Yang ketiga outdoor, semacam di halaman belakang rumah gitu, bisa pilih yang meja kursi, bean bag atau yang di tenda. Alhamdulilah kita dapat meja yang di semi outdoor, kita tenang karena pas dateng tuh suasana mendung gitu, takutnya tiba tiba ujan.

Menu yang disajikan lumayan beragam, ada menu lokal, ada menu ala ala bule, dan ada pula menu khusus anak alias Kids Menu.




Nama menu untuk anak anaknya lucu lucu ya, ini pas anak anak baca pasti jadi langsung tertarik, tapi juga bikin bingung, bingung mau pilih yang mana, enggak mungkin khan dipesen semua. 

Untuk harga, relatif mahal ya, itu pun belum termasuk pajak 10% dan service charge 5%, heuheuheu, kayak resto/cafe di Bali aja, ada service charge nya. Tapi its oke lah ya. Untung rasa makanan dan minumannya enak gaess, pelayanannya juga cepet. 

Mbak mbak dan mas masnya juga ramah dan perhatian lho. Saat kita dateng tuh area semi indoornya penuh, ada yang udah ditempati ada pula yang belum tapi udah di reservasi, kita disuruh duduk sementara dulu di tempat yg sudah direservasi, pesen pesen makanan, sembari menunggu meja sebelah pulang dan dibersihkan karena mereka sudah selesai makan. 

Aku juga sempet didatengin mas mas pegawai, menanyakan mengenai mobil yang parkir di depan rumah orang di sebelah, kirain ada apa gitu, ternyata beliau memberi tahu bahwa foglamp nya masih nyala, heuheuheu, aku lupa matiin gaess, jadi tadi pas di perjalanan tuh sempet hujan deres jadi aku nyalain foglamp, eh luma matiin, untung aja diingetin, jadi aki mobil enggak tekor.




Ricebowl sapinya enak banget, enggak sampai 10 menit, aku udah habisin itu makanan, mungkin karena laper juga ya. Burger di kids menunya juga juaraaa, anakku suka, aku pun sebenernya juga suka, heuheuheu, sempet icip icip dikit. Di minuman, ada menu margarita, aku sempet kaget sih, eh ternyata pakai soda, enggak pakai alkohol. Tapi penampilannya mirip sih, gelas yang digunakan sama tapi di bibir gelasnya bukan garam, melainkan gula

Overall tempat ini oke banget untuk makan makan bareng keluarga, terutama buat yang punya anak kecil, cuma perlu dicatat bahwa tempat parkirnya kurang luas dan harga makanannya agak mahal.



***

Peta Lokasi De Tropen Jogja

Share:

2 comments:

  1. Aku malah baru tahu ada ini, sudah cukup lama gak dolan ke kedai kopi. Lebih banyak ngopi di kosan hahahaha. Musim ujan biasanya area terbuka agak kurang nyaman.

    ReplyDelete
  2. Ngiler sya liat foto2 makanannya mas broo. Btw, mahal amat DP utk reservasinya. Hmmmm..enakan langsung Go Show saja ya hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive