20 December 2021

Pantai Sawangan Indah Kebumen - Seru Buat Piknik


Di Kebumen, yang namanya Pantai Sawangan ada dua, yaitu yang berada di dekan Pantai Logending dan yang berada di sebelah timur Pantai Suwuk. Nah di weekend ini, kita berkesempatan untuk mengunjungi salah satunya, yaitu yang berada di dekat Pantai Suwuk.

Secara administratif, Pantai Sawangan ini terletak di wilayah Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen dan berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Kebumen. Untuk akses menuju ke Pantai Sawangan sudah bagus, aspal mulus, cuman setelah masuk ke gang menuju arah pantainya jalannya terbuat dari cor beton yang sempit, yang susah pastinya bila berpapasan sama sama kendaraan roda 4., salah satu harus mlipir ngalah. Kalau untuk kendaraan roda dua tidak ada masalah. 
 

Oia di jalan masuk ini ada banyak banget pohon kelapa yang bila dilihat secara seksama, pasti ada ember di antara buah kelapa di atas. Itu adalah tempat penampungan nira, yang oleh warga setempat diolah menjadi Gula Kelapa. 

Untuk parkiran lumayan luas, berada diantara jajaran pohon pohon kelapa. Untuk tiket masuknya yaitu 5 ribu per orang dewasa, anak anak gratis, harga ini sudah termasuk parkir kendaraan. Di salah satu sudut parkiran terdapat musholla yang di depannya terdapat tempat parkir dimana tempat parkir itu dikhususkan untuk para pemancing. 


Parkiran motor pemancing terlihat penuh, karena pagi ini ternyata ada acara memancing, enggak tahu acara apa, yang jelas banyak banget pemancing, baik itu yang udah beraksi di sepanjang pantai, maupun yang masih nongkrong di warung.  Mereka masing masing mengenakan seragam khusus.

Kita berjalan menuju salah satu gazebo yang kosong, lalu memesan makanan dan minuman di warung terdekat. Pagi itu kita memang rencana ke pantai untuk sarapan, dari rumah sengaja belum makan nasi, cuma minum air putih saja.






Di warung tersebut kulihat ada tulisan nama menu makanan yang belum pernah kulihat sebelumnya, yaitu Nasi Mogana, karena penasaran, kita pun beli nasi itu, lotek, mendoan, kelapa muda, kopi dan es coklat. Mengenai nasi mogana ini, namanya memang mirip dengan makanan yang udah kukenal, yaitu sego megono, dan ternyata isinya memang mirip sih, yaitu adanya parutan kelapa/serundeng ditambah dengan lauk (bisa ikan atau ayam) sedangkan bedanya kalau sego megono tuh seingatkau ada cincangan nangka muda nya. 


Sebenernya nasi mogananya ini enak lho, gurih gurih pedas, cuman nasinya udah dingin, seandainya disajikan dengan nasi hangat, niscaya jadi super maknyusss. Lumayan lama kita duduk duduk di gazebo ini, habis sarapan, anak anak main pasir dulu, dan aku sempet jalan mendekat ke garis pantai, melihat lebih dekat aktivitas para pemancing yang rela berjemur menunggu kailnya diembat ikan.

Setelah perut kenyang dan puas main pasir, kita pun beranjak dari gazebo ini dan berjalan ke sisi timur pantai. Disitu terlihat ada beberapa spot foto, jembatan bambu, dan teduhnya pantai dengan rimbunnya pohon cemara.

Di bawah jembatan pertama yang kita seberangi, ada beberapa anak yang main main air, disini yang pasti lebih aman main air karena enggak ada ombak, air di bawah jembatan ini seperti sungai namun terbendung pasir sehingga membentuk kolam. Entah ini airnya tawar atau asin, aku enggak nyicip, heuheuheu. 




Di aliran air yang terbendung ini juga kulihat ada beberapa yang memancing, namun berbeda dengan pemancing yang lagi ngadain event di pantai. Ini lebih ke keluarga yang lagi piknik gelar tiker, kemudian mengisi waktu dengan memancing santai. Kayaknya enak juga sih mancing ataupun sekedar piknik gelar tiker dan bawa makanan sendiri disini, suasananya tenang banget. Beda dengan spot yang pertama tadi, rame dan panas.




Kalau males bawa tiker, bisa juga duduk di bangku yang disediakan, ada pula ayunan yang masih berfungsi dengan baik. 

Dari spot teduh ini, ada jembatan bambu menyeberangi sungai, kemudian ada lagi jembatan bambu warna warni menuju sebuah daratan yang dikelilingi air, jadi semacam pulau kecil gitu. Di spot ini terdapat beberapa tempat duduk, menara bambu yang mirip menara eiffel, dan perahu bebek bebekan tapi di daratnya, bukan di air. Menurutku sih dulu spot ini merupakan area bermain perahu bebek, cuma udah enggak beroperasi lagi. 




Oke, berhubung udah makin siang dan makin panas. Kita pun cabut dari Pantai Sawangan Indah, aku masih penasaran dengan spot teduh setelah jembatan pertama tadi. Next time kayaknya aku bakal kesini lagi, piknik hore bawa tikar, kompor kecil trus masak masak disini, pasti seru banget...

***

Vlog di Pantai Sawangan Indah, Kebumen

Share:

2 comments:

  1. Biasnaya air yang tenang itu payau mas, campuran asin dan tawar. Kayak di rawa-rawa.
    Tapi malah asyik ada air tenang begitu, anak kecil tidak perlu ke laut. Bisa dolan sante dalam pengawasan orang tuanya

    ReplyDelete
  2. Pantainya rindang jg ya. Mana ada spot mancingnya. Bakalan betah klo berlama-lama disni apalagi bawa tenda ya. Bisa seharian disini hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive