7 February 2022

Pantai Setrojenar Kebumen : Warung Warung Terkubur Pasir


Cerita kali ini sebenernya udah lumayan lama, kira kira di pertengahan Agustus 2021. Pagi itu kita berempat rencana mau pulang ke Purworejo lewat jalur selatan / JJLS (Jalan Jalur Lintas Selatan), ya nyobain suasana baru lah. Nah tapi sebelum lanjut meluncur ke tujuan, kita sempatkan untuk mampir dulu di salah satu pantai selatan kebumen, namanya Pantai Setrojenar atau yang dulu dikenal dengan nama Pantai Bocor, bahkan di Google Maps pun masih menggunakan nama Pantai Bocor. 

Pantai Setrojenar ini berlokasi di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, bersebelahan dengan pantai brecong dan pantai happy ayamputih.



Jalan masuk ke pantai dari JJLS sudah lumayan besar, enggak khawatir lah kalau saat papasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan, enggak seperti jalan masuk ke pantai sawangan indah yang cuma cukup untuk 1 mobil.

Tiket masuk per orang nya enggak ada, kita hanya perlu membayar parkir aja, untuk mobil harganya lima ribu rupiah. Tempat parkirnya luas banget, tinggal pilih aja spot yang lumayan teduh di bawah pohon. By the way enggak nyangka sih pagi itu bakal rame banget. Bisa dibilang ini adalah kondisi pantai paling ramai yang pernah aku kunjungi di kebumen saat masih pandemi. Kulihat sih tetap ada satgas covid yang bertugas jaga. Yaaa insyaAllah aman lah ya, tetap jaga jarak.




Dengan membawa bekal menu sarapan dan mainan pasir untuk anak anak, kita langsung berjalan ke arah pantainya, mencara tempat yang nyaman untuk piknik, gelar kain dan makan sarapan. Alhamdulilah kita nemu spot oke banget buat duduk.Yaitu sebuah warung beratap terpal dengan kondisi separuh terkubur pasir. Fyi, ternyata 2 hari lalu pantai setrojenar ini diserbu ombak besar, jadi warung warung yang lokasinya paling dekat dengan air laut terkena hempasan ombak dan tertimbun pasir setengahnya, tapi alhamdulilahnya bangunan warung tidak hancur. 

Hanya saja bangku dan mejanya sudah tidak terlihat, karena tertimbun pasir, bila kita berdiri di depan warung ini, atap warung setinggi leher kita, heuheuheu, jadi harus nunduk kalau mau masuk. Nah untuk barisan warung yang ada di belakangnya, kondisi aman semua, dan masih bisa dipakai jualan





Buat nglarisi warung yang ada di belakang, aku pesen mendoan dan kopi. Enak enak enak nongkrong pagi di pantai sambil ngopi dan ngemil tempe. Setelah beres sarapan, si kecil langsung main main pasir. 

Saat mereka lagi asyik main, kita bisa bersantai menikmati pantai, sambil melihat aktivitas para pengunjung, ada yang mandi mandi di laut, ada yang foto foto, naik kuda, nyari binatang di pasir (undur undur/tempenyol) dan ada pula sekelompok muda mudi (sepertinya mahasiswa) yang lagi menggelar aksi bersih pantai, jadi mereka berjalan menyusuri pantai membawa karung sambil memungut sampah sampah yang berserakan di pantai. Mantap

Melihat ombak yang lagi besar, kali ini kita enggak basah basahan, serem ah, takut tiba tiba ombak datang, jadi cuma main pasir aja, itu pun lumayan jauh dari garis pantai.


kondisi warung yang tinggal setengah

Waktu beranjak siang, perut kenyang dan si kecil pun udah puas main pasir, kita segera cabut dari pantai setrojenar. Sebelum masuk kendaraan, bersih bersih dulu di toilet/tempat bilas, sekalian gantiin baju si kecil, lah sekujur tubuhnya penuh pasir, sampai ke dalam dalam popok, heuheuheu. Biaya bilas/bersih bersih murah cuma 2 ribu aja per orang. Mantap


***

Peta Lokasi Pantai Setrojenar Kebumen (Pantai Bocor)

Share:

3 comments:

  1. Lihat foto-foto ini malah jadi ingat Pantai Parangtritis sekitar tahun 2007 ke bawah, mirip seperti ini, mas. Hehehhehe

    ReplyDelete
  2. Pantainya bukan pasir putih, hampir sama dengan pantai yang ada di daerah Cianjur Selatan. Tapi yang membedakannya adalah di sini nampaknya sampah hampir tidak terlihat. tau mungkin karena sedang ada kegiatan pemungutan sampah oleh Mahasiswa? Pantainya terlihat bersih.

    ReplyDelete
  3. sangu bekalnya mantab hehehe

    aku kalau pantai daerah mirit atau kebumen pasti juga sowane tumbas mendoan hehheh

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive