26 May 2022

Ada Superhero Kocak di Alun Alun Purworejo


Beberapa waktu lalu sempet main ke Alun Alun Purworejo, ada sesuatu yang baru di sini, yaitu patung beberapa tokoh superhero seperti batman, spiderman dan superman. Aku sih sebenernya biasa aja dengan patung patung itu, tapi enggak nyangka lho bakal viral di media sosial. Spot yang baru ini ada di sisi selatan dan sisi utara. Di sisi utara ada patung Superman yang sedang duduk di bangku sambil pegang layangan dengan pose bibir yang monyong ke samping, seakan akan bakal mencium orang yang duduk di sebelahnya, kemudian ada spot foto 3D di trotoar, Hiasan Bedug dan Ketupat, patung gorila dari besi, gitar dari besi, lampu lampu dan masih banyak lagi yang lain.



Kita sempet foto foto dulu di sekitar spot yang baru ini, lalu berjalan ke arah barat, dan menyeberang ke utara untuk menengok spot baru lagi yang di fasade-nya tertulis ART CENTER  dengan hiasan keris keris raksasa di kanan kirinya. Awalnya kukira ini adalah bangunan baru, tapi setelah diperhatikan dari dekat ternyata ini bangunan lama yang di depannya dipasang kalsibot warna kayu, yang seperti digunakan untuk membuat pagar rumah. Jadi dari jalan raya, tempat ini terlihat bangunan baru.


Kita lanjut jalan kaki ke arah barat, di pojokan barat-utara alun alun ternyata jadi tempat mangkal delman wisata, ada lumayan banyak lho, kuhitung lebih dari 10. Delman ini bisa pengunjung naiki untuk keliling alun alun, tpai aku enggak tahu berapa harganya.

Lalu kita menyeberang ke arah barat, disini ada mangkal beberapa penjual makanan seperti ronde, telur gulung, bakso kawi dll. Kita beli ronde dan bakso kawi, lalu makan sambil duduk nongkrong di teras gedung dekranasda, kebetulan pas sore gini kantornya udah tutup, jadi kita bisa duduk bebas di terasnya.



***

Malam harinya, dengan formasi lebih lengkap kita nongkrong dan makan malam di Sulthan Kopi yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, atau tepatnya di sebelah selatan Romansa Kuliner. Tempat parkirnya lumayan luas, dan pas kita datang masih sepi, baru ada 1 mobil lain. Di bagian atas tempat parkir terpasang lampu lampu hias yang semakin menambah syahdu suasana cafe.

Seingatku dulu waktu aku masih sekolah, bangunan ini dan tetangga tetangganya adalah bangunan jadul, seperti penginggalan Belanda yang tak terawat. Tapi sekarang sudah beralih fungsi dan hilang kesan horornya, ada yang menjadi tempat cucian mobil. ada pula yang jadi cafe. nah salah satunya adalah Sulthan Kopi ini.
 


Pengunjung bisa memilih tempat duduk di bagian depan, tengah, ataupun belakang yang lebih luas. Karena kita rame rame, akhirnya pilih belakang saja yang lebih luas. Terlihat banyak meja kursi di area belakang ini, ada dapur, dan ada panggung juga, sepertinya sih biasa dipake untuk live music. pas kita datang masih sepi, tidak ada tanda tanda akan ada pertunjukan di panggung. Eh tapi ternyata tidak, berangsur angsur cafe pun makin rame, dan datang beberapa orang yang langsung menuju panggung untuk check sound, heuheuheu fix malam ini ada live music




Sebenernya agak kecewa sih, karena menu makanannya tidak selengkap hari hari biasa, kebetulan kita kesini tuh pas libur lebaran, ternyata menu menu makannya juga banyak yang libur alias kosong, jadinya cuma tinggal beberapa macam aja. Ya sudah, berhubung kita udah duduk nyaman di  kursinya, kita pesen aja menu yang ada. Heuheuheu


Heuheuheu minimalis sekali ya, tapi ini menunya bukan fotokopian lho, tulisan tangan asli, entah udah berapa lembar ditulis, btw kenapa enggak difoto kopi aja ya... Dari segi rasa, ya lumayan enak lah, standar cafe. Apalagi buat kalian yang suka nongkrong sambil nonton live music, cocok makan di cafe ini.




Share:

1 comment:

  1. Jadi ingat sudut di dekat Museum Sonobudoyo Jogja, ada juga patung superhero seperti itu, mas. Jadi banyak yang foto

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive