9 May 2022

Ngopi di Bukit Sikepel Purworejo


Siang itu sehabis makan siang di Kedai Minafarm Loano Purworejo, aku arahkan kendaraan menuju utara melewati Jalan Purworejo - Magelang. Tujuanku kali ini adalah Bukit Sikepel yang berlokasi di daerah Jati, Bener, Purworejo, tidak terlalu jauh dengan perbatasan Purworejo - Magelang.

Dari Jalan Raya, kita harus masuk ke arah timur sejauh sekitar 2 kilometer dengan kondisi jalan yang mulus, tidak terlalu lebar, naik turun dan berkelok. Nah titik belok/masuk nya ini ada di tikungan, sebelah selatan Pasar Kalijambe, ada sebuah gerbang bertuliskan Desa Jati.



Sampai di lokasi, ternyata sedang dalam pemeliharaan, tempat parkirnya sebagian masih diperbaiki, dan di bagian dalam sedang dibuat jalan setapak menggunakan pasir semen, dan terlihat terdapat alat permainan anak anak yang belum lama dipasang, terliaht masih baru cat nya. Alat permainan ini semacam alat permainan di TK, seperti ayunan, perosotan dll.

Untuk masuk ke area wisata bukit sikepel, harus bayar tiket dulu, murah kok cuma 5 ribu per orang dewasa, sedangkan anak anak gratis, dan parkir mobil 5 ribu rupiah.
 


Jalan tanah setapak menanjak menyambut kita masuk ke area wisata. Terlihat di sebelah kiri ada bekas alat permainan anak anak yang terbengkalai, sedangkan di sebelah kanan terlihat pembuatan area bermain yang baru untuk anak anak, jalan setapaknya masih dibangun sedangkan alat permainannya sudah bisa dipakai.
 
Di atas area bermain yang terbengkalai terdapat sebuah kedai kopi yang buka sampai tengah malam, rencananya nanti sebelum pulang bakal ngopi ngopi dulu disini. Sedangkan di atasnya lagi terdapat kolam ciblon anak yang sudah tidak bisa dimanfaatkan untuk mandi lagi, karena airnya kotor dan malah jadi kolam ikan, nah di atas kolam tersebut terdapat jembatan kayu untuk foto foto. 
 


Di atasnya lagi terdapat sebuah bangunan yang lumayan besar, bertuliskan aula bukit sikepel, dimana di depannya terdapat tanah lapang yang luas. Siang itu bangunan ini banyak digunakan untuk istirahat pengunjung, kebanyakan pada berbaring. Mungkin capek sehabis mendaki bukit ini.

Untuk puncaknya masih harus berjalan lagi ke arah kanan, dimana di atas sana ada tulisan besar "SIKEPEL". Perjalanan kita cuman sampai tanah lapang ini, foto foto sebentar lalu balik turun ke arah kedai kopinya. Oia FYI di bawah tanah lapang tersebut terlihat ada track offroad, sepertinya sih buat motor trail ya. Selain itu, disekitar sini juga terdapat beberapa fasilitas lain, seperti Musholla, Kamar Mandi, Area Camping, dan spot selfie.



Sebelum balik, kita coba icip icip dulu kopi dari kedai kopi yang berada di dalam area wisata bukit sikepel ini. Menu yang kita pesan ada geblek, omelete, kentang goreng dan tentu saja kopi. Untuk biji kopinya ada beberapa yang bisa dipilih, dan aku pilihnya biji kopi kajoran dari magelang.

Ada beberapa tempat duduk yang bisa dipilih, aku pilih yang paling ujung, karena bisa muat lebih banyak orang. Tidak terlalu lama menunggu, orderan pun datang. Setelah kusesap, citarasa kopi kajoran ini kuat rasa asam nya, mungkin kopi ini tidak cocok bagi kalian yang tidak terlalu suka rasa asam yang kuat, tapi buatku sih masih oke, pas diminum tanpa gula, mata jadi cerah, ngantuk ilang.

Kedai kopi ini buka sampai tengah malam, kalau datang siang, kita harus beli tiket masuk wisatanya untuk bisa ngopi disini, tapi setelah jam 5 sore bisa langsung kesini, tanpa beli tiket masuk, karena petugasnya udah pulang, heuheuheu (info dari baristanya).






***
 
Peta Lokasi Bukit Sikepel Purworejo
 
Share:

3 comments:

  1. Sekitaran perbatasan Magelang - Purworejo sepertinya banyak destinasi baru yang menarik dikunjungi, mas. Konsepnya hampir mirip-mirip dengan seperti ini

    ReplyDelete
  2. yummy liat geblek goreng! aku belom pernah rasan kopi kajoran...kalau ada asam asamnya kok bikin penasaran ya..kapan kapan mampir ah. Kemaren aku juga liwat loano dan mbener bablas magelang..tapi ga ngeh di sikepel ini. Nama nya ngingatkan aku sama buah kepel hehhe

    ReplyDelete
  3. Bersantai di alam bebas sambil menikmati kopi. Syahdu banget rasanya mendengarkan kicauan burung2 dan menghirup udara segar. Keren tempat ini mas !

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive