23 June 2022

3 Malam di Hotel Syariah Solo : Dapat View Sunrise Cantik


Bulan Desember 2021 kebetulan aku mendapat tugas ke Solo Jawa Tengah selama beberapa hari, yang mengharuskan aku untuk menginap di sana. Untuk urusan tempat penginapan, kita harus cari sendiri. Lumayan susah ya nyari hotel di Solo di Bulan Desember, heuheuheu, sebenernya banyak pilihan sih, cuma banyak juga yang tidak sesuai dengan kriteria, baik itu dari segi harga, lokasi dan fasilitas (free breakfast). Aku sengaja nyari hotel yang menyediakan sarapan gratis biar paginya enggak bingung nyari tempat sarapan dan bisa langsung ke lokasi penugasan.

Cukup lama sih aku browsing browsing di berbagai aplikasi pemesanan hotel online, hingga akhirnya pilihanku tertuju pada Hotel Syariah. Hotel ini beralamat di Jalan Adi Sucipto No.47 Solo, kalau secara administratif sih masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


Sesuai dengan namanya hotel ini menghadirkan nuansa Islami. Hal ini bisa dilihat dari arsitektur/desain hotelnya, seragam karyawan/pegawainya, dan fasilitas yang disediakan. Tapi hotel ini tidak membatasi untuk menerima tamu yang muslim saja, semua bisa menginap disini. 

FYI, Hotel Syariah Solo ini diklaim sebagai hotel bernuansa Islami dengan konsep syariah terbesar dan termewah di Solo. Dengan taraf bintang 4, para tamu akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang ada. Di setiap kamar, sudah terdapat fasilitas utama seperti kamar mandi lengkap dengan peralatan mandi, shower dengan air dingin dan panas. Di kamar terdapatAC, TV layar datar dengan channel lengkap, kulkas, lemari penyimpanan, set meja rias, kursi dan meja, dua boto air mineral per hari, kopi teh gula dan alat rebus air, serta tempat tidur yang nyaman. 



Bangunan Hotel Syariah Solo ini memiliki lantai hingga 12 tingkat dengan jumlah kamar sebanyak 360-an unit berkonsep modern minimalis. Untuk fasilitas umum yang disediakan hotel, yaitu ruang pertemuan, lobi utama, 3 ballroom, hingga  restoran dengan makanan dan minuman yang telah bersertifikat halal dari MUI. Selain fasilitas tersebut, karena penginapan ini memiliki konsep Islami yang kental, jadi di setiap lantai ada mushola dan pada jam tertentu (waktu sholat), juga akan berkumandang adzan dari mushola-mushola hotel tersebut. 



Kita sampai hotel ini sudah agak malam, parkiran sudah lumayan penuh, tapi alhamdulilah masih dapat, untuk proses check in nya cepat banget, cuma menunjukkan KTP, dan tanda tangan di formulir, langsung deh bisa masuk kamar. Di kertas pembungkus kartu akses ke kamar terdapat ID dan Password yang bisa kita gunakan untuk memanfaatkan fasilitas Free Wifi. 

Kita dapat kamar di lantai 10, untuk kesana bisa naik tangga atau lift, tentu saja donk kita pilih naik lift. Lokasinya tidak jauh dari lobby, dan ada 4 lift yang semuanya bisa digunakan. Dari dalam lift ini baru aku tahu, meskipun hotel ini terdiri dari 12 lantai, ternyata tombol lantai 4 tidak ada yang artinya hotel ini hanya terdapat 11 lantai.  Agak kaget juga sih, kirain hotel ini tidak sama dengan hotel lain yang meniadakan lantai 4.


Semua lorong di hotel ini menggunakan alas karpet, sehingga terlihat lebih elegan. Untuk bagian dalam kamarnya terlihat bersih. Malam itu aku enggak sempet review langsung keseluruhan isi kamar, karena udah kecapekan, langsung mandi dan istirahat. 

Paginya, saat kubuka jendela kamar, aku langsung terkesima, view dari kamar ini pas banget ama sunrise, terlihat matahari terbit persis disebelah gunung, yang tentu saja itu Gunung Lawu, cakep banget pokoknya, sayang sekali kamera hp tidak bisa menangkap indahnya pemandangan ini secara maksimal. Pas kulihat ke bawah, ternyata parkiran sudah full dengan kendaraan, bener bener penuh, tidak ada ruang kosong, padahal parkirannya luas banget loh. 



Lanjut setelah mandi, kita pun turun ke lantai paling bawah menuju restorannya untuk sarapan. Di pintu restoran ada petugas yang menanyakan kita dari kamar nomor berapa, alhamdulilah meskipun kita bawa 2 anak, tidak dikenakan biaya tambahan untuk sarapan, karena kita pernah mengalami di salah satu hotel di Lombok, pas sarapan kita dikenakan biaya tambahan untuk sarapan karena membawa anak kecil.

Ada banyak pilihan menu sarapan, mulai dari menu ringan seperti kue kue basah, roti roti hingga menu berat seperti bubur, nasi goreng, nasi putih, mie goreng, soto, gado gado dll. Untuk minumannya pun ada air putih, jus buah, kopi dan teh. Lengkap abisss.


Untuk menu makanan berat yang disediakan pas sarapan tiap hari ganti variasi, namun untuk minuman, serta makanan ringan seperti kue, roti, serta jajajan pasar relatif sama saja setiap hari.

Overall kita sangat puas menginap tiga malam di hotel Syariah Solo ini, pelayanan bagus, bersih, menu sarapan enak, banyak pilihan dan bervariasi, parkiran luas, serta tidak jauh dari tempat wisata De Tjolomadoe dan Bandara Adi Sumarmo


***

Lokasi Hotel Syariah Solo

Share:

3 comments:

  1. waaah sepertinya pas ke Solo nginep di sini aja haahhahah

    ReplyDelete
  2. Nyaman banget hotelnya, mushollanya bagus dan nyaman

    ReplyDelete
  3. Terlihat nyaman dan asyik. Betah nih klo lama menginap disini. Btw, kolam renangnya ada mas broo? Sya klo menginap di hotel saat tugas wajib renang. Hahahaha

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive