27 June 2022

Keliling Jawa Tengah di Grand Maerakaca Semarang


Kukira pintu masuk ke Maerakaca sama dengan pintu masuk ke area PRPP, eh ternyata udah pindah toh. Jadi pas kita udah sampai pintu gerbang utama yang banyak pintu masuknya, kita langsung dihampiri seorang petugas yang menginformasikan bahwa pintu masuk ke Maerakaca udah pindah ke sebelah barat, berdampingan dengan pintu masuk resto kampung laut. 

Untuk masuk ke area Grand Maerakaca, mobil cukup membayar parkir 5 ribu rupiah, parkirannya luas banget, bebas mau pilih parkir dimana, heuheuheu. Dari lokasi parkir ini kita bisa melihat semacam bianglala besar di kejauhan, kayaknya sih udah terbengkalai gitu ya.

parkiran sepi banget gaesss


By the way, agak ngerasa aneh sih, tempat seluas ini tapi sepi banget, serius sepi banget, cuma ada kita pengunjungnya pagi ini, entah karena kepagian atau karena ini hari kerja ya. Beberapa warung sih udah buka, dan ada beberapa orang yang sedang sarapan, tapi kulihat lihat sepertinya sih mereka bukan pengunjung tempat wisata ini.

Dari parkiran kita tinggal jalan kaki bentar, sekitar 200 meter untuk membeli tiket di loket. Di Bulan Januari 2022, tiket masuk ke Grand Maerakaca sebesar 15 ribu rupiah per orang, untuk anak di bawah 3 tahun gratis. Tiketnya berupa gelang yang nanti akan dibantu dipasangkan oleh petugas di pintu pengecekan tiket.


FYI Grand Maerakaca ini berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kota Semarang, tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani. Konsep utama dari Tempat Wisata ini adalah menyajikan anjungan anjungan dari semua kota/kabupaten di Propinsi Jawa Tengah, yaaa semacam TMII mini gitu lah. Nah di area anjungan setiap kota, pasti terdapat satu atau beberapa ciri khas dari kota tersebut, misalnya di Anjungan Magelang, terdapat miniatur Candi Borobudur, kemudian di Anjungan Kab Purworejo terdapat patung Kambing Ettawa, dan untuk Kab Kebumen ada miniatur Tugu Lawet (Walet). Sedangkan di dalam bangunan anjungan infonya sih terdapat pameran kerajinan tangan, pakaian tradisional, makanan dan minuman khas, dan bahkan beberapa informasi obyek wisata kota tersebut, namun sayangnya pas kita kesini semua pintunya tertutup.




Di sebelah anjungan kabupaten jepara terdapat Mangrove Edupark, jadi ada semacam hutan bakau gitu yang ada jalan/jembatan kayu di sekelilingnya, jadi pengunjung bisa berjalan di jembatan itu sambil menikmati pemadangan danau dan hutan bakau. 


Kemudian di dekat anjungan kota semarang terdapat jembatan putih yang menghubungkan daratan utama dengan daratan di seberang, dimana disana ada lapangan golf dan Lumina. Nah lumina ini adalah salah satu spot di Grand Maerakaca yang berisi miniatur bangunan bangunan dari beberapa negara, seperti Arab, Meksiko, dan Jepang. Di area ini terdapat beberapa warung/kedai yang menjual makanan/minuman, namun sayangnya hanya buka pas hari sabtu minggu/hari libur.






Bangunan bangunan di area Lumina terlihat lebih segar, lebih bagus dan lebih terawat, mungkin karena lebih baru ya daripada bangunan bangunan anjungan kota kota yang sudah ada sejak tahun 1993. Saat kita berkeliling di Grand Maerakaca, kita menemukan beberapa bangunan anjungan yang sudah tidak terawat, terlihat rusak di beberapa sudut, bahkan untuk anjungan kabupaten temanggung sudah tinggal puing puing, menyisakan plang nya saja. Selain itu di sekitar anjungan Purworejo dan Kebumen juga becek berlumut dan sedikit bau. Sangat disayangkan ya, padahal anak anak seneng banget lho main disini, mereka semangat jalan kaki keliling.

Semoga bisa lebih diperhatikan ya, eman eman banget...

Yang keren sih anjungan kabupaten sragen ya, lokasinya ada di deket pintu keluar, aku bilang keren karena ada spot Sangiran yang merupakan tempat ditemukannya peninggalan2 jaman purbakala. Kalau lebih lengkapnya sih harus datang langsung ke Sragen, mengunjungi Museum Sangiran.


***

Lokasi Grand Maerakaca, Semarang


Share:

2 comments:

  1. wah tempatnya bagus dan bersih. semoga bisa ke sana

    ReplyDelete
  2. Maerakaca sekarang menyenangkan, karena ramai banget dan lebih bagus perawatannya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive