25 July 2022

Benteng Van Der Wijck Kebumen : Tempat Syuting Film The Raid 2 dan The Sacred Riana 2 Bloody Mary


Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun oleh Jenderal Van Den Bosh sekitar tahun 1818/1820 atau permulaan abad ke 19. Benteng ini terletak di daerah Gombong, sekitar 20 km sebelah barat dari Ibukota kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Ketika masa-masa awal dibangun, benteng ini bernama Fort Cochius. Nama tersebut diambil dari nama seorang pemimpin perang Belanda. Sang komandan ikut memimpin prajurit Belanda ketika Perang Diponegoro terjadi. Pada tahun 1856 barulah Fort Cochius dialihfungsikan lagi menjadi sebuah sekolah khusus anak-anak dari bangsa Eropa. Sekolah militer tersebut bernama Pupillenschool. Perubahan nama yang terakhir adalah Benteng Van Der Wijck, yang kemudian digunakan dan dikenal hingga sekarang. Van Der Wijck sendiri dianggap sangat berjasa dalam dunia militer Belanda sehingga namanya bisa diabadikan menjadi nama benteng ini.
 




Lokasi parkirnya lumayan luas, bisa menampung puluhan kendaraan roda empat. Waktu kita datang, kondisi benteng lumayan sepi, saat beli tiket pun tidak ada antrean sedikitpun, habis beli langsung masuk. Dari 1 tiket seharga 25 ribu ini,  kita bisa masuk area benteng, naik kereta kencana keliling benteng dan masuk waterpark, tapi kalau tidak mau masuk waterpark bisa ditukarkan untuk naik kereta yang ada di atas benteng, yuph kereta ini layaknya kereta beneran, menggunakan jalur rel besi, dengan lokasi di atap benteng.



Dari loket masuk ke bangunan benteng sebenernya tidak jauh, jalan kaki aja bisa, namun karena ada fasilitas kereta kencana yang sudah termasuk di harga tiket, ya rugi donk kalau tidak naik. Heuheuheu, kereta kencana ini akan membawa kita keliling jalan di luar bangunan benteng, jadi kita bisa tahu suasana sekeliling benteng yang terlihat tidak terawat, sebenernya banyak permainan anak anak semacam ayunan, perosotan dan jungkat jungkit tapi ya itu, sudah tidak layak dimainkan, sayang sekali ya. 
 
Selain itu, di bagian depan benteng dipajang beberapa kendaraan perang jaman dulu seperti tank. Nah Setelah sekali berputar, kereta ini masuk ke dalam benteng melalui pintu utama dan mengelilingi benteng 1x di dalamnya, lalu keluar lagi, kembali ke titik awal di dekat gerbang masuk awal.





Karena kita mau explore benteng, kita tidak berhenti di titik terakhir, tapi berhenti di dalam benteng nya, lalu lanjut jalan kaki menaiki tangga ke lantai 3/paling atas untuk menikmati wahana kereta. Tidak perlu bayar lagi, karena sudah termasuk di harga tiket masuk benteng. Sebenernya agak takut sih melihat bentuk kereta dan relnya yang sepertinya sudah lama banget pembuatannya. Heuheuheu, tapi akhirnya kita beranikan diri untuk menaikinya dan memutar 1 kali mengelilingi atap benteng. Sumpah serem banget, goyang goyang dan gak stabil, ditambah bunyi besi besi bergesekan, ngek ngek ngek, makin horor rasanya. Wkwkwkwk, ngantuk jadi hilang seketika. Untungnya cuma muter sekali ya

Setelah naik kereta horor, kita turun 1 lantai ke lantai 2, di sini banyak sekali ruangan dengan dinding berlumut dan jendela yang terbuka, bahkan di beberapa titik terlihat bocor dengan lantai yang tergenang air, sepertinya air hujan bisa masuk sampai sini. 

Di beberapa ruangan ditempel foto foto para pahlawan kemerdekaan dan foto foto presiden RI dari pertama sampai yang terakhir




Hanya beberapa ruangan saja yang kita jelajahi, kayaknya bisa sampai malam kalau harus memasuki semua ruangan, heuheuheu. Kita pun lanjut turun, menuju bagian tengah benteng yang terbuka untuk foto foto. 

Saat mau berjalan keluar benteng, tak sengaja aku menengok salah satu ruangan, eh ternyata ada foto foto juga tertempel di dindingnya, aku pun masuk, dan ternyata di ruangan ini terdapat foto foto saat beberapa tahun lalu benteng ini dipakai untuk syuting Film The Raid 2. Terlihat area yang digunakan syuting adalah area terbuka di tengah tengah benteng, bedanya disitu ditambah pagar besi dan bawahnya dilapisi tanah basah berlumpur.






Di sudut yang lain juga ada foto chef Farah Quinn yang lagi syuting di area benteng dan Group Band Slank yang sedang bikin Video Klip di benteng ini. Dan yang paling baru adalah Film The Sacred Riana 2: Bloody Mary yang bakal tayang di Bioskop mulai tanggal 28 Juli 2022, film ini sebagian besar tempat syutingnya adalah di benteng Van Der Wijck ini.


***

Peta Lokasi Benteng Van Der Wijck Kebumen

Share:

1 comment:

  1. Aku belum pernah ke sini, tapi dari dulu sempat pengen dolan ke sini ahhahahah

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive