7 July 2022

Warunge Ni Putu Borobudur : Kuliner Ayam Betutu Khas Bali di Magelang


Saat jalan jalan ke Magelang di Bulan Maret 2022 kemarin, kita cobain sebuah menu kuliner yang jarang ditemukan di Magelang, yaitu Ayam Betutu. Seperti yang kita ketahui, ayam betutu adalah salah satu kuliner khas dari Pulau Dewata Bali. Aku sih dulu waktu tinggal di Lombok, pernah beberapa kali makan ayam betutu, rasanya tuh khas banget, pedas dan full rempah rempah.

Nah berhubung di Magelang ini ternyata ada yang menjual kuliner Bali, kita pun mampir sekalian nostalgia, kebetulan salah satu temanku yang ikut kesini juga pernah tinggal 9 tahun di Denpasar, kangen bumbu betutu katanya.


Nah tempat yang kita tuju ini bernama Warunge Ni Putu, lokasinya di  daerah Wanurejo, Kecamatam Borobudur, Magelang, tidak jauh dari wisata Junkyard Autopark dan Balkondes Wanurejo, lumayan tersembunyi sih karena terletak di area pemukiman warga, tapi sejak beberapa ratus meter dari lokasi, terdapat petunjuk arah di setiap persimpangan jalan. Kalau simpel nya sih ya tinggal cari aja titik nya di aplikasi Google Maps, pasti ketemu.


Oia, buat yang belum tahu, Betutu aslinya adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang telah dibersihkan kemudian dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep di seluruh permukaan tubuh dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga abdomennya, kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas yang muncul disebabkan karena adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging berantai pendek ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.
 
Parkiran warung ini tidak luas, karena hanya memanfaatkan sedikit tanah kosong di samping rumah. Ada sebuah gerbang khas bali lengkap dengan payung nya menyambut para tamu yang akan masuk ke area warung.
 

Terlihat ada beberapa gazebo/saung/berugak yang bisa dipakai untuk duduk lesehan dan menikmati makanan, selain itu bisa juga pilih meja kursi di  spot paling ujung. Sore itu tidak ada tamu lain, hanya kita berempat. Saat masuk kita langsung disambut dengan ramah oleh pemilik, mempersilakan kita pilih tempat duduk, lalu memberi kita daftar menu makanan. Dari obrolan singkat dengan orang yang menyambut kita, ternyata pemiliknya memang asli Bali, wah mantap nih pasti citarasanya.

Menu andalan disini adalah Ayam Betutu, bisa pilih yang kuah atau kering, selain menyediakan paket nasi ayam betutu dengan potongan daging paha atau dada, warung ini juga menyediakan ayam betutu utuh, bisa dikemas untuk dibawa pulang/oleh oleh, oia untuk pilihan jenis daging nya, ada daging ayam dan daging bebek, bebas tinggal pilih. Kalau kita sih pilihnya yang ayam betutu kuah.



Sembari menunggu ayam betutu nya disajikan, kita bergantian sholat dahulu, meski ini warung bali, ternyata di samping dapur tersedia musholla lho, ya meskipun kecil, cukup lah buat 2 orang, mantap. 

Sebelum menu utama datang, ternyata snack nya datang terlebih dahulu, yaitu Bakwan Kelor, biasanya khan bakwan itu isiannya wortel, kubis, jagung atau udang ya, kali ini agak unik nih, pas baca di kertas menu, langsung dah kita pesen. Kelornya masih segar lho, langsung dipetik dari pohon yang berada di belakang warung, dan langsung diolah. Rasanyaaaa? Krenyeees renyah gurih dan mantap disantap bareng cabe rawit ijo.



Dari tampilan ayam betutu nya sih, Bali banget ya, warna nya kuning kecoklatan , terlihat penuh dengan bumbu rempah, hmmm sangat menggugah selera. Satu paket ayam betutu kuah ini terdiri dari satu mangkok berisi daging ayam (dada/paha) betutu plus kuah, dan satu leyeh (cobek tanah liat) beralas kertas makan yang berisi nasi putih, potongan timun dan tomat, rebusan daun kangkung, tempe, kerupuk, dan dua jenis sambal. 
 
Untuk seharga 33 ribu sih ini worth it lah ya. Dari segi rasa, rempah di ayam nya terasa banget, tidak jauh beda dengan ayam betutu di Bali bedanya ini tidak terlalu pedas dan tidak ada kacang goreng nya. Sepertnya sih penyajiannya memang sudah disesuaikan dengan lokasi warung ya. Tapi enak kok, recommended lah.

Nah buat kalian yang lagi jalan jalan di Magelang, dan pengen ngerasain kuliner yang lain daripada yang lain, bosen dengan menu menu jawa yang manis manis, bisa dicoba menu ini yang ciri khasnya full rempah, heuheuheu, Insya Allah halal, karena pegawainya orang lokal sini dan berjilbab



***

Lokasi Warunge Ni Putu Magelang

Share:

2 comments:

  1. langsung kemlecer baca isian bakwannya....kelornya juga krenyes krenyes seger. Aku suka banget kelor dimasak. Seger aja gitu. Betutu ini favorit deh..emang bumbu basenya khas si betutu ini.

    ReplyDelete
  2. Baca review Ayam Betutu, otomatis langsung laper lg. Padahal sudah malam nih (saat baca review ini). Emang ya base genep di Ayam Betutu itu juara banget. Bikin nambah nasi satu piring klo sudah makan. Jd gagal diet mas broo hahahaha

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive