29 August 2022

Jalan Jalan ke Sam Poo Kong : Klenteng Bersejarah di Semarang


Berhubung temenku yang di Semarang menyarankan untuk mengunjungi Sam Poo Kong, akhirnya di Trip Semarang kali ini, aku pun tidak melewatkan tempat yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Simongan Raya 129, Semarang Barat. Sangat mudah untuk ditemukan dengan mengikuti rute di Google Maps.

Untuk masuk ke area parkir, kita membayar 5 ribu untuk 1 mobil. Parkirannya lumayan luas, bisa menampung banyak kendaraan termasuk Bus Besar. Meskipun kita datang pas weekday, ternyata cukup rame juga lho. Pas turun dari kendaraan, langsung ada bapak bapak yang mendekat, mengaku dari warga setempat dan menawarkan stiker bergambar sam poo kong dengan harga 10 ribu. Daripada nanti ada apa apa, aku pun langsung memberi uang 10 ribu dan menerima stikernya.

Setelah foto foto di area tempat parkir, kita langsung cuss menuju tempat pembelian tiket. Untuk harganya bervariasi, dibagi bagi dalam beberapa kategori, nah untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini :

 
Kelenteng Sam Poo Kong ini bukan sekadar tempat ibadah semata, tapi juga menjadi tempat wisata ikonik yang sarat akan sejarah. Dalam perjalannya, Kelenteng Sam Poo Kong merupakan simbol akulturasi budaya China dengan adat Jawa. Bangunan kelenteng berdiri megah didominasi warna merah serta arsitektur khas China. Saat perayaan hari besar etnis China, seperti Tahun Baru Imlek, Kelenteng Sam Poo Kong menyajikan sejumlah hiburan. Atraksi tersebut bisa dinikmati semua masyarakat, tak hanya warga keturunan Tionghoa. 
 


 
Dalam perjalanannya, Klenteng Agung Sam Poo Kong sudah beberapa kali menjalani pemugaran. Selain karena situasi politik yang tidak menentu pasca kemerdekaan, banjir merupakan masalah utama yang dihadapi Klenteng Agung Sam Poo Kong. Revitalisasi besar-besaran dilakukan oleh Yayasan Sam Poo Kong pada Januari 2002. Pemugaran selesai pada Agustus 2005, bersamaan dengan perayaan 600 tahun kedatangan Laksamana Zheng He di pulau Jawa. Peresmian dihadiri oleh Menteri Perdagangan Indonesia – Mari Elka Pangestu datang ke Klenteng Agung Sam Poo Kong dan Gubernur Jawa Tengah – H. Mardiyanto.
 

Walaupun sebenarnya bangunan ini telah mendapat beberapa renovasi seperti dari segi bangunan yang sudah terbuat dari tembok yang dulunya hanya terbuat dari kayu tetapi tidak menghilangkah kekhasan dari klenteng sam poo kong  ini. Dari segi atap bangunan klenteng tersusun menjadi 3 ujung yang berbentuk runcing yang menjadi ciri khas dari atap klenteng ini.

Warna dari klenteng ini benar-benar penuh berwarna merah, dengan aksen kuning ditambah lagi dengan ornamen-ornamen yang dipasangkan pada dinding bangunan klenteng membuat suasana khas Cina benar-benar terasa. Terdapat juga lampion-lampion yang digantungkan pada bagian langit-langit atap klenteng ini, serta juga tidak ketinggalan patung-patung dari dewa yang menghiasi setiap sudut dari klenteng ini.


 
Fasilitas di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang 
 
Saat pertama masuk, di sebelah kiri ada toilet, kemudian di sebelahnya ada spot bernama Wall of Hope, jadi pengunjung bisa menulis harapan/doa di sebuah papan kayu dan menggantungnya di spot itu, nah papan kayunya bisa dibeli di tempat penjualan dupa di deket situ. Tidak jauh dari situ ada barisan penjual makanan dengan gerobak.
 
Untuk bangunannya, Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan dengan arsitektur khas China. Pengunjung bisa mendatangi tempat pemujaan Dewa Bumi dan Sam Poo Kong. Kedua tempat ini merupakan ruangan ibadah bagi umat yang ingin sembahyang pada Dewa Bumi dan Sam Poo Kong. Selain itu, pengunjung bisa mendatangi makam Kyai Juru Mudi atau Wang Jing Hong yang merupakan juru mudi Laksamana Cheng Ho. Masyarakat ingin mengenang jasa Wang yang telah berjuang untuk lingkungan sekitar goa hingga menjadi berkembang dan makmur. Ada juga Makam Kyai Djangkar. Dinamakan Makam Kyai Djangkar karena lokasinya merupakan letak jangkar sekoci yang jatuh ketika armada Cheng Ho datang pertama kali ke Pulau Jawa.
 



 
Puas rasanya jalan jalan keliling klenteng Sam Poo Kong ini, nah buat kalian yang akan atau sedang jalan jalan di Semarang, tempat ini bisa dijadikan salah satu tujuan kalian.


***

Peta Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Share:

2 comments:

  1. keren banget bisa berfoto di area dengan bangunan yang serba merah cerah. Nanti ah kalau mampir semarang taksempatke mampir sini. Biar bisa foto kayak si adek yang sedang action heheheh

    dulu aku ke semarang bareng keluarga karena dalam rangka tugas jadinya mung sakjek saknyet tau tau dah jadwal pulang dan cuma beli lumpia hahhahah

    ReplyDelete
  2. Baru tahu ada model tiket terusan. Terakhir ke sini tahun 2019, waktu kumpul sama teman-teman blogger.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive