3 October 2022

Cerita Semalam di Solo - Kerja Sambil Kulineran

Halo temen temen, di postingan kali ini aku mau share pengalamanku menginap satu malam di Solo, kali ini beda karena enggak bareng keluarga, melainkan bareng rekan rekan kerja.

Ceritanya tuh aku dapat tugas dinas ke Solo di hari Kamis, nanggung banget khan ya, karena Jumatnya masuk dan Sabtunya libur lagi. Kenapa acaranya enggak diadakan di hari Jumat aja ya, biar nyantai pulangnya, heuheuheu. Yaaa berhubung kita cuma umbi umbian, ya pokoknya manut aja.

Surat tugas kita untuk 4 orang, tapi hanya bertiga yang berangkat Rabu dan nginep, sedangkan yang 1 lagi beliau berangkat naik kereta di Kamis paginya, sebelum Subuh, jadi enggak perlu nginep.

Berangkat dari Kebumen sekitar pukul 16.45 WIB, dari Kebumen kita 2 orang, tujuan pertama kita adalah Purworejo, yaitu untuk menghampiri rekan kita yang rumahnya disana. Pas banget di Purworejo waktunya Maghrib, jadi kita ibadah dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Solo menggunakan mobil.

Kita enggak lewat jalur biasa, karena waktu itu di daerah Sentolo Wates sedang ada perbaikan jalan yang menyebabkan kemacetan lumayan panjang, jadinya kita lewat jalur alternatif Wates - Bantul,  nah sekalian mau kulineran makan malam di daerah Imogiri, yang tentu saja adalah Sate Klathak. Kita enggak ngincer sih mau ke sate klathak yang mana, pokoknya pas lewat jalan Imogiri timur dan lihat ada warung sate klathak yang sepi, kita berhenti.

Dan warung sate yang beruntung itu adalah warung sate pak jupaini, yang lokasinya persis di tepi Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul, Jogja, tidak jauh dari Sate Pak Pong 2. Awalnya sih mau berhenti di Pak Pong 2 itu, tapi karena rame banget dan males nunggu lama, akhirnya gak jadi berhenti, lanjut beberapa meter dan ketemulah Sate Pak Jupaini yang malam itu sepi, enggak ada antrean.

Selain sate klathak juga ada sate kambing biasa, tongseng dan nasi goreng. Karena memang udah ngincer sate klathak, kita bertiga pesan sate semua. Seporsi tuh isinya cuma 2 tusuk, seperti biasa disajikan dengan kuah khas nya di piring. Aku enggak tahu harganya berapa, karena dibayarin, heuheuheu. Dari segi rasa, lumayan enak, standar lah ya, sama seperti sate klathak kebanyakan, dan empuk juga, enggak perlu ngantre pula.

Setelah menghabiskan sate, teh hangat dan beberapa batang rokok, kita lanjut cuss langsung ke Solo. Perjalanan sangat lancar meskipun kondisi lalu lintas rame, banyak truk dan kendaraan kendaran besar. Hotel yang kita tuju adalah Hotel Grand Orchid yang beralamat di Jalan Gajah Mada No 29, Banjarsari, Kota Surakarta, tidak jauh dari Pura Mangkunegaran dan Stadion Sriwedari.

Waktu itu harga per malam nya sekitar 300 ribuan lebih. Kita belinya lewat aplikasi online secara mendadak, yaitu pas makan di Sate Klathak tadi. Lokasi parkirnya lumayan sempit, mobilnya dempet dempetan, jadi harus nitip kunci ke satpam nya. Proses check in lumayan cepat, karena kita udah booking dan bayar dulu. Jadi cuma tanda tangan di form dan fotokopy KTP saja, tanpa ada deposit uang. Oia harga hotel tadi udah termasuk free breakfast ya.

Kita pesennya khan yang smoking room, tapi trnyata udah habis, mungkin karena kita pesennya mendadak ya. Tapi untungnya malah kita dapet 2 kamar bersebelahan  yang ada connecting door-nya gitu. Berhubung kita jumlahnya ganjil, aku dapat kamar sendiri dengan ukuran bed besar, sedangkan 2 temenku di kamar satunya dengan bed single. Setelah bersih bersih, mandi mandi dan istirahat bentar, sekitar jam 11 malam kita jalan keluar hotel nyari cemilan, dan kebetulan sekali persis di seberang hotel kita ada warung angkringan, kalau tidak salah namanya Warung Ambon, ya sudah kita nongkrong disitu sambil pesen susu jahe dan makan nasi, heuheuheu, udah laper lagi gaes.

Sambil nongkrong, ngemil dan nyusu jahe, aku sambil mengamati kondisi sekitar. Disini tengah malam aja masih rame ya, banyak kendaraan berlalu lalang, bahkan lampu lalu lintasnya masih beroperasi normal. Heuheuheu kondisi ini berbeda banget dengan tempat tinggalku di Purworejo yang pastinya tengah malam udah sepi dan lampu lalu lintasnya pasti tinggal warna kuning aja yang nyala kelap kelip. Setelah lewat jam 12 malam, kita pun cabut dari warung ini dan kembali ke hotel, untuk istirahat, karena besok pagi ada acara yang harus dihadiri.

Paginya, setelah kita beres beres dan siap siap, kita lanjut menuju resto hotel untuk menikmati sarapan, kebetulan harga kamar kita sudah termasuk sarapan. Konsep sarapan di hotel ini adalah buffet, alias bebas ambil sepuasnya, ya meskipun pilihan menunya tidak banyak, tapi dari segi rasa lumayan enak, pokoknya yang penting ada nasi lauk sayur dan kopi, itu udah cukup, heuheuheu.

Dari resto ini kita lanjut menuju lobi menggunakan Lift untuk melakukan checkout, prosesnya sangat cepat, tidak perlu ada pengecekan kamar, kita langsung boleh meninggalkan hotel. Nah berhubung parkirnya sempit, mobil yang kita bawa tidak bisa langsung keluar, karena terhalang oleh mobil lain. Tapi tenang saja, karena satpam hotel siap membantu untuk mengeluarkan mobil kita.

Acara yang kita hadiri ini berlangsung dari pagi sampai sore. Nah di siang harinya pas waktunya Ishoma, gak sengaja gak diduga ketemu ama teman yang dulu pernah satu kantor pas dinas di Lombok, sebut saja mas Tj. Ama beliau aku langsung diculik diajak makan siang bareng di sebuah warung makan di dekat sini.

Nama tempat makannya adalah Ayam Goreng Tohjoyo yang beralamat di Jl. Rajawali I No.4, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Bangunannya berkonsep joglo gitu, serba kayu pokoknya, dengan menu utama adalah Ayam Goreng, pas pesen kita tinggal pilih aja bagian ayam mana yang mau digoreng, bisa paha, dada, kepala, ceker atau jeroan. Setelah pesan, kita tinggal duduk, nanti akan diantar ke meja kita.

Kondisi warung siang ini lumayan rame, isinya kebanyakan orang kantoran, bisa terlihat dari baju yang dikenakan. Tidak perlu menunggu lama, orderan kita pun datang, lengkap dengan nasi, sambal dan lalapan, untuk kerupuk, bisa ambil sendiri di box nya. Aku sih sebenernya udah makan ya, karena memang dapat jatah nasi kotak dari acara yang kuhadiri, tapi karena ingin menghormati ajakan senior ya aku nikmati aja, dan gak nyangka ternyata ayam gorengnya enak banget, padahal aku udah kenyang tapi masih bisa merasakan enak, dan habis pula. Heuheuheu . Berhubung waktu sangat terbatas, sekitar jam 1 siang aku pun kembali ke tempat acara, dan berpisah dengan beliau. Semoga masih bisa bertemu lagi, suatu saat.

Kirain bakal sampe jam 5 sore, eh ternyata sebelum jam 3 sore acara pun udah kelar. Kita langsung cuss, cabut dari tempat itu dan meluncur ke arah barat kembali ke Kebumen. Alhamdulilah sore itu perjalanan lancar dan masih bisa ibadah ashar di Jogja, tepatnya di Masjid Al Wafa, Jalan Bantul, Cepit, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul.

Kita sengaja lewat jalur Bantul, karena menghindari perbaikan jalan di daerah timur Wates, infonya sih ada 2 titik perbaikan jalan yang mengakibatkan macet yang lumayan panjang, pas di cek di google maps, di jalur itu terlihat warna merah panjang.

Nah sembari berkendara ke arah barat, kita sambil nyari nyari tempat makan, ngincernya sih Sate Kambing yang biasa ya, bukan sate kambing yang Klathak. Eh ternyata sepanjang jalan Bantul sampe perbatasan Purworejo gak ada yang buka warung sate kambing nya, adanya sate ayam ala madura gitu. Dan baru nemu warung sate kambing di daerah Purwodadi, tepatnya di sebelah utara perempatan Purwodadi, nama warungnya "Warung Sate Pak Heru".

Awalnya kita ngerasa lapar biasa, pas sampe sini rasanya semakin lapar dan jadi lapar banget, heuheuheu, lha gimana, lama banget jadi nya, padahal kondisi warungnya lagi sepi lho. Ya sudah berhubung udah pesen dan males nyari lagi, kita tungguin aja sampe dateng.

Sate kambingnya sebenernya enak, cuma masih agak keras, taburan lada di atas satenya membuat pedasnya terasa telat dan awet, segelas teh hangat pun belum mampu mengusir rasa pedas yang melekat di lidah.

Penyajian sate ini sudah dilepaskan dari tusukannya, jadi kita tidak perlu repot repot menggigit dari tusukan, melainkan langsung disendok aja. Adanya lalapan kubis, timun dan tomat membuat sajian ini jadi seger, pas banget paduannya. Andaikan saja dagingnya lebih empuk, juara dah sate Pak Heru ini. Tapi ya lumayan lah, anggep saja olahraga rahang.

Seberes makan sate ini, kita langsung cuss ke Kebumen, kembali ke rumah masing masing.

Share:

1 comment:

1. Wah cocok ini, kulineran di Jogja, lanjut dolan ke Solo buat menginap ahhahaha