21 November 2022

Semalam di Pondok Rivana | Menikmati Sunrise di Pantai Batukaras

Setelah makan malam di Resto Mina Family Pangandaran, kita semua bergerak menuju arah Pantai Batukaras, karena kita akan menginap semalam di sini, dan besok paginya wisata di Green Canyon. Hotel yang kita tempati ini bernama Pondok Rivana, lokasinya berada di tengah perkampungan sekitar pantai batukaras.

Kita sampai di penginapan sekitar pukul 20.10 WIB, berhubung sudah booking sebelumnya, kita semua bisa langsung masuk kamar, bersih bersih, dan ganti baju. Penginapan ini ada beberapa tipe, nah yang aku tempati ini berupa rumah dengan beberapa kamar, kamarku isinya 3 ranjang dengan 1 kamar mandi. 1 ranjang bisa ditempati 2 orang, jadi satu kamar ini maksimal bisa untuk 6 orang. Fasilitas di kamar hanya ada kipas angin, tapi alat itu enggak perlu sih, karena malam ini dingin. Ada 1 dapur yang lengkap dengan kompor dan tempat cuci piring di rumah ini.

Meskipun udah berkendara ratusan kilometer dari Kebumen ke Pantai Batukaras hari ini, ternyata capeknya enggak kerasa ya, belum ngantuk juga, dan kita kita pun menghabiskan malam dengan nongkrong di depan kamar dan bagian tengah area penginapan dekat kolam renang. Ada yang bakar bakar jagung, ada yang ngemil kacang sambil ngopi, ada yang main kartu juga. Hingga tengah malam tiba, akhirnya satu per satu dari kita masuk ke kamar.

Paginya, sekitar pukul 05.30 WIB beberapa dari kita motoran ke arah pantai, rencana sih mau hunting sunrise sambil explore pantai Batukaras. Pantai batukaras ini lumayan panjang garis pantainya. Dari pertigaan gang penginapan, kita ambil arah kiri dengan menyusuri jalan aspal di sepanjang pantai.

Banyak kapal nelayan terparkir di pantai, aktivitas warga belum terlihat, kondisinya sepi banget, hanya terdengar suara deburan ombak yang menggelegar, khas pantai selatan yang ombaknya besar. Sedangkan di sisi kiri berjajar penginapan/hotel/villa, ada yang terlihat biasa saja, ada pula yang terlihat mewah seperti sebuah resort, hal ini mengingatkanku dengan suasana di Gili Trawangan.

Kita berhenti di dua spot, pertama di sebuah dermaga kecil yang ujungnya hancur tersapu ombak pantai selatan. Disini kita foto foto sebentar, agak ngeri juga sih berdiri di atas dermaga ini. Waktu itu mentari belum menampakkan wujudnya, lalu kita lanjut lagi berkendara mengikuti jalan aspal yang makin lama makin rusak jalannya, berlubang dan membentuk genangan air. Nah pas matahari muncul dari balik cakrawala, kita pun mlipir berhenti lagi untuk foto foto

Sebenernya pantai ini bagus lho, garis pantainya panjang dengan barisan pohon kelapa, cuman sayangnya banyak banget sampah di tepian pantai.

Kemudian kita lanjut lagi menyusuri jalan yang tadi, di sebelah kiri mulai banyak sawah dan jarang rumah, sesekali kulihat reruntuhan bangunan yang mungkin bekas korban Tsunami beberapa tahun lalu ya.

Hingga akhirnya kita sampai ke sebuah jembatan besi yang terlihat masih baru nih, lumayan lebar, mobil bisa lewat. Setelah kulihat di google maps, jembatan ini bisa jadi jalur alternatif ke Pantai batukaras agar tidak memutar sampai ke Green Canyon, tapi untuk Bus Besar sih kayaknya belum bisa lewat sini. Dan ternyata di ujung jembatan itu terdapat Bandara Nusawiru, heuheuheu. Mantap. Tapi kita tidak sampai berkendara kesana, cuman sampai jembatan ini, foto foto lagi putar balik, kembali ke penginapan

Pemandangan dari atas jembatan ini lumayan bagus di pagi hari, terlihat jembatan ini membentang di atas sungai yang di arah atas/hulu merupakan sungai utama yang menjadi objek wisata Green Canyon, ada pula beberapa petak tambak dan sawah. Kalau malam, infonya di jembatan ini banyak warga setempat yang memancing.

Sesampainya di penginapan lagi, beberapa karyawan hotel sedang mempersiapkan menu sarapan. Meja panjang ditaruh di depan kolam renang, satu persatu menu makanan pun disajikan di atas meja. Dan setelah semua siap, kita pun lanjut menyantap menu sarapan dengan sistem prasmanan. Mantap menu utamanya Nasi Liwet, enak gaesss

Setelah sarapan, aku segera menuju kamar mandi untuk mandi, mumpung kamar mandinya kosong. Kemudian lanjut beres beres, packing karena sesuai rencana, setelah ini kita ada wisata ke green canyon, sebagian ikut Body Rafting, dan sebagian lagi ikut Wisata Perahu saja. Berhubung nanti sore masih harus melanjutkan perjalanan naik motor ke Kebumen, aku pun pilih yang wisata perahu saja biar gak kecapekan.

Selepas semua siap,  kita pun berkumpul di tengah area penginapan yang tadi pagi dipakai untuk sarapan. Motor motor kita bariskan, dan kita foto foto dahulu. Baru kemudian lanjut motoran ke Green Canyon.

Nah untuk cerita keseruan wisata di Green Canyon, akan aku tulis di postingan berikutnya....

***

Peta Lokasi Pondok Rivana, Pantai Batukaras, Pangandaran

Share:

2 comments:

1. Kalau pas touring itu memang gak perlu menginap tempat mewah. Pokoknya asal bersih aja sudah asyik heheheh

ReplyDelete
  2. Wah itu naik motor sepanjang jalan mas.......hebat mas.......saya bayanginnya aja udah capek duluan hahahahaha