2 January 2023

Piknik ke Pantai Menganti Kebumen : Main Air dan Pasir


Pantai Menganti, sebuah objek wisata andalan di Kebumen yang menawarkan view pantai selatan yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan pantai selatan di sekitar Kebumen, karena berpasir putih, berbukit dan lengkap fasilitasnya.

Ini adalah kedatanganku yang kedua kali ke Pantai Menganti, namun yang pertama kali bagi anak anak dan emaknya. Perjalanan kesini dari pusat kota ada dua jalur yang bisa dipilih yaitu lewat jalur Pantai Karangbolong ke barat atau lewat Jalur Pantai Logending ke timur. Keduanya hampir sama kondisi jalannya, yaitu menanjak, berkelak kelok dan relatif sempit. Jadi harus hati hati ya ke sini, dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Oia saranku sih kalau pas lagi hujan, lebih baik tunda saja rencana kalian ke Pantai Menganti, karena jalurnya rawan longsor.




Alhamdulilah siang itu cuaca cerah ceria, sekitar pukul 12.50 WIB kita sampai juga di salah satu spot Pantai Menganti, tujuan kita kesini adalah piknik, makan makan dan main air/pasir. Kita udah bawa perbekalan, nasi, lauk, sayur, cemilan, minuman dan alas duduk, pokoknya udah siap semua lah, tinggal makan aja disana.

Karena di akhir pekan dan cuaca bagus, pantai menganti lumayan ramai, bahkan banyak bus ukuran medium yang sudah terparkir di tempat parkir. Kita mengambil spot di bawah pohon rindang, gelar alas duduk dan tentu saja makan perbekalan yang kita bawa. Aku sempat ke salah satu warung di sekitar tempat parkir untuk membeli mendoan panas. Aku sengaja beli di warung karena mendoan itu enaknya dinikmati saat masih hangat, kalau sudah goreng dari rumah, tentu saja kenikmatannya sangat sangat berkurang.



Waaaah makan siang sembari menikmati pemandangan pantai tuh ajiiib banget yaaa, rasa makanannya pun jadi makin enak, apalagi mendoan hangatnya, heuheuheu, maknyuss. Si kecil pun jadi lahap banget makannya. Setelah perut kenyang, anak anak mulai bongkaran mainan, dan main pasir di dekat kita duduk, belum mulai mendekat ke air.





Enggak puas main main pasir aja, akhirnya mereka tergoda buat main air basah basahan, ya sudah akhirnya aku pun harus turun untuk menemani mereka main air, gak berani sih ninggalin mereka berdua main di air.

Enaknya di pantai menganti ini, ombaknya tidak terlalu besar, dan ada bebatuan yang sangat berguna untuk memecah ombak yang datang, jadi saat ombak mencapai bibir pantai, sudah tidak terlalu besar lagi, tapi tetep sih harus selalu dalam pengawasan. 






Sebenarnya di sepanjang pantai menganti ini ada banyak spot yang bisa dikunjungi lho selain spot ini, sebut saja ada Air Terjun, TPI, Penginapan, Camping Ground, Tanjung Menguneng, Mercusuar, Jembatan Merah, Goa, Spot Mancing dan kulineran Seafood, tapi kita enggak berencana dan enggak ada niat  untuk mendatanginya satu per satu , karena memang niatnya cuma mau piknik santai sambil menemani anak main air/pasir.

Yang main air di pantai menganti ini bukan cuma anak anak lho, kumpulan remaja pun heboh main air disini, ada pula beberapa rombongan keluarga yang sudah lumayan berumur, mereka tuh seakan akan kembali menikmati masa kecilnya dengan main main pasir, heuheuheu..




Sekitar pukul 15.00 WIB kita pun berkemas, lalu bersih bersih, bilas di toilet yang banyak tersedia di antara warung warung dekat tempat parkir. Buat kalian yang enggak bawa baju ganti, tenang aja disini banyak yang menjual celana dan baju.


***
 
Peta Lokasi Pantai Menganti, Kebumen

Share:

1 comment:

  1. Kayaknya pantai ini jadi favoritmu mas heehhehe, dulu kalau ke Kebumen cuma tahu logening saja, akhirnya makin ke sini banyak pantai dikelola dengan baik

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive