9 January 2023

Terraskota Coffee & Kitchen : Tempat Nongkrong Kece di Wates Jogja


Jalan jalan ke Wates kali ini, kita coba mampir nongkrong sekaligus makan siang di Terraskota Coffee & Kitchen, cafe yang luas dan nyaman ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Sideman, Giri Peni, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Jogja, atau tepatnya terletak di antara Stadion Cangkring dan SPBU Giri Peni. 

Dari Jalan Raya, bangunan cafe ini terlihat sangat estetik dan mencolok, bertingkat dua, bagian kiri, kanan dan tengah menggunakan batu bata tanpa diplester, sehingga mengekspose warna merah batu batanya. Di halaman cafe terdapat kolam ikan dan banyak tanaman hijau sehingga terlihat asri. Untuk parkiran kendaraan, ada space tanah kosong di antara jalan raya dan bangunan cafe, lumayan lah bisa menampung beberapa kendaraan roda empat.





Saat masuk cafe, kita langsung disambut oleh seorang pramusaji perempuan, dan dipersilakan memilih tempat duduk, bisa di lantai 1, di lantai 2 ataupun di luar bagian belakang dan samping cafe. Kita pun memilih di lantai 1 saja yang dekat dengan jendela, biar terang, bagus buat foto foto.

Menu yang disediakan lumayan banyak dan bervariasi, setelah order, aku pun sedikit berjalan berkeliling cafe, untuk mengambil gambar, termasuk di lantai 2 nya. Wah ternyata di lantai 2 luas juga lho, view nya juga lebih oke, ada toilet dan tempat sholatnya juga. Ada bagian yang indoor , ada juga yang outdoor dengan pemandangan sawah, SPBU dan bangunan Stadion





Terlihat lantai 2 ini kosong melompong. Enggak tahu ya ini memang lagi sepi atau selalu sepi ya, padahal bagus dan nyaman lho di lantai 2 ini, dan aku datangnya pas jam makan di akhir pekan. Hmmm mungkin ramenya pas malam ya.

Pas balik ke lantai 1,  beberapa orderan sudah tersedia di meja kita, dan orderan yang lain menyusul satu per satu.






Satu menu yang menarik perhatianku adalah Sei Sapi. FYI kuliner ini tuh salah satu kuliner khas kupang, aku yang pernah tinggal 2 tahun di Kupang malah belum pernah sama sekali icip icip kuliner ini, karena kalau di Kupang tuh kuliner Sei pasti pakai daging Babi, heuheuheu. Berhubung aku lihat menu itu di buku menunya, aku langsung sikat aja donk ya. Entah rasanya memang seperti ini atau bagaimana ya, karena aku belum pernah coba yang asli.  Tapi beneran deh Sei Sapi di Terraskota ini enak banget, dagingnya empuk, aromanya harum, ada sensasi aroma asap nya. Cocok banget disajikan dengan sambal lu'at dan nasi hangat. Untuk minumnya aku cuma pesen es teh manis aja, aku lagi males ngopi dan siang ini panas banget hawanya, jadi pengen segelas es teh.

Si bocil aku pesenin nasi katsu dan macaroni keju. Aku coba icip keduanya, hmmm enak juga lho, apalagi makaroni kejunya, creamy banget dan gurih, mantep banget disantap pas lagi anget anget. Saat makaroninya disendok, kejunya jadi memanjang gitu, kalau bahasa jawanya "mulur", heuheuheu. Selain itu, ada donat juga yang kita pesan.





Lumayan lama kita nongkrong siang disini, nyaman sih buat nongkrong, suasana tenang, sepi, lagu yang diputar juga volumenya pelan, enggak keras yang bisa bikin kepala pusing, paling enggak suka aku kalau ada cafe yang putar lagu keras banget, buat apa coba? Ngobrol jadi susah, heuheuheu.

Recommended lah tempat ini buat nongkrong makan makan bersama teman atau keluarga.


***

Peta Lokasi Terraskota Coffee Kitchen, Wates, Jogja

Share:

1 comment:

  1. Daerah Wates itu salah satu yang mungkin jarang terekspos dengan banyak terkait kafe, padahal banyak banget tempat asyik dan nyaman buat kulineran.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive