13 March 2023

Menikmati Suasana Syahdu di Sasak Sepaluh Resto Purworejo


Di Bulan Desember 2022 kemarin kita sempet hunting tempat kuliner baru, yang belum pernah kita datangi di sekitar Kabupaten Purworejo, waktu itu ada beberapa pilihan, dan setelah menimbang nimbang, akhirnya pilihan jatuh ke Sasak Sepaluh Resto.

Tempat makan ini secara resmi dibuka Bulan Agustus 2022 lalu, waktu itu acara pembukaannya dimeriahkan oleh kehadiran Gamelan Sekar Laras, tari tradisional, dan sejumlah lomba anak-anak khas Agustusan. Aku pengen dateng sih pas opening itu, tapi berhubung udah ada jadwal lain, akhirnya baru sekarang deh kesampean datang berkunjung.
 
Sebelum ke lokasi restonya, kita mampir dahulu ke Alun Alun Purworejo buat foto foto di beberapa patung yang belum lama ini dipasang, yaitu ada patung Gajah, Jerapah, Sapi, Kambing, Penari Dolalak dan Gatotkaca.
 

 
Kabarnya, beberapa patung binatang yang dipajang di sekitar Alun Alun Purworejo ini berkenaan dengan rencana Pemkab Purworejo yang akan membuat mini zoo atau kebun binatang berlokasi di dekat talang PDAM yakni di Jalan raya Purworejo-Magelang. Semoga saja benar yaaaa
 
Nah setelah puas foto foto di Alun Alun Purworejo, kita langsung cuss menuju Sasak Sepaluh yang berlokasi di Dusun Sepaluh, Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Akses jalan menuju kesana sudah aspal halus sampai ke titik Jembatan Pucung Baru, setelah itu, sekitar 1 kilometer masih jalan tanah berbatu dan sempit, hanya cukup untuk 1 mobil saja, alhamdulilah kemarin pas lewat sana tidak bertemu dengan kendaraan lain dari arah depan.


Berada di antara hijaunya persawahan warga dan di tepi sungai kecil (irigasi), tempat makan ini syahdu banget deh. Bahkan untuk mencapai restonya kita harus menyeberangi jembatan bambu yang melintang di atas sungai irigasi. Untuk lokasi parkir motor bisa di area resto dengan menyeberang jembatan bambu tersebut, tapi kalau untuk mobil, harus parkir di tepi jalan, belum ada lahan khusus untuk parkir mobil, dan tentu saja parkirnya gratis.




Berada di seberang sungai, untuk menuju ke warungnya, pengunjung harus menyeberangi jembatan bambu. Mungkin benda ini yang menjadi inspirasi penamaan warungnya. Berdasarkan info yang kubaca di wikipedia, kata "sasak" sendiri diartikan sebagai buluh bambu atau kayu yang dirakit menjadi satu, dalam hal ini adalah jembatan bambu, dan kata "sepaluh" merupakan nama daerah disini, sehingga jadilah nama "Sasak Sepaluh".

Cuaca mendung seperti sekarang ini memang cocok datang ke resto ini, karena enggak panas dan enggak becek berhubung resto ini bertema kebun, tempat makannya outdoor dan gazebo/saung, serta sebagian akses jalan di area warung masih tanah. Bisa dibayangkan kan kalau datang kesini pas lagi panas panasnya, atau pas lagi hujan deras.


Kita langsung menuju salah satu saung yang kosong, melihat ukurannya saung ini bisa ditempati sampai 10 orang. Tak berapa lama ada seorang pramusaji yang datang membawa buku menu dan kertas. Kita langsung pilih pilih menu dan menuliskannya di kertas, lalu menyerahkannya kembali. Untuk menu makanan yang disediakan lumayan banyak ya, mulai dari menu yang berat seperti Rica Rica Entok dan Nasi Goreng sampai ke menu cemilan seperti geblek dan pisang goreng dengan rentang harga mulai 7 ribu sampai 23 ribu saja per porsi

Sedangkan untuk minumannya ada berbagai macam es, seperti es kuwut, es dawet, es kelapa muda dan ada pula minuman panas seperti kopi dan teh dengan rentang harga mulai dari 4 ribu sampai yang paling mahal cuma 12 ribu saja. Termasuk murah murah yaaa


Sego Kluban Peyek Rese

Rica Rica Entok

Untuk rica rica entoknya, pedes baaanget lur, dan rempahnya lumayan kuat, paling cocok dimakan bareng nasi jadi agak berkurang level pedas dan rempahnya, sedangkan untuk dagingnya, ada beberapa yang masih alot. 

Geblek yang disajikan di warung ini ternyata agak berbeda dengan geblek pada umumnya, bentuknya bukan angka 8 dan ada campuran kelapanya, sehingga terasa lebih gurih. Sedangkan untuk menu yang paling kusuka adalah sego kluban peyek rese, kombinasi rasa manis dari kluban dan rasa gurih dari peyeknya itu pas banget. Enak deh, recommended.



Syahdu banget rasanya disini, kita bisa menikmati pemandangan indah sawah sawah yang hijau, barisan bukit menoreh di arah timur, burung burung beterbangan dan suara gemericik air. Halaman yang luas juga bisa jadi tempat anak anak berlarian, selain itu ada juga dua ayunan sederhana.


***

Peta Lokasi Sasak Sepaluh, Purworejo

Share:

2 comments:

  1. Enaknya tempat makan dengan area luas itu seperti ini, kita bisa milih tempat yang nyaman, bonus pemandangan hijau. Pisang goreng dan rica entok memang menggoda.

    ReplyDelete
  2. Tempatnya sangat asri dan menu makanannya juga menarik. Utk acara kumpul2 bareng keluarga pas banget ya.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive