17 March 2019

Ternyata Inilah Beberapa Manfaat Yoga Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh


Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada jenis olahraga yang bernama yoga? Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan jenis olahraga ringan yang satu ini, terutama untuk kaum wanita. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa kegiatan olahraga yoga ini banyak dilakukan oleh kaum wanita. Itu sebabnya, mengapa kegiatan yoga ini selalu di identikan dengan olahraganya kaum wanita. Meski demikian, tak sedikit juga kaum pria yang melakukan kegiatan olahraga yoga tersebut. Apalagi yoga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran jika olahraga yoga semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakatnya. Selain manfaat yoga yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh, olahraga yoga juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan, kegiatan yoga ini hanya membutuhkan gerakan yang simple saja lho. 

Kegiatan yoga itu sendiri berasal dari Negara India, yang memang sudah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu. Kata yoga ini dikutip dari bahasa Sansekerta yaitu “Yuj”, yang memiliki arti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas. Selain melibatkan unsur gerakan dan pernafasan, kegiatan yoga juga melibatkan unsur musik, dimana music tersebut diyakini dapat meningkatkan tenaga dalam yang ada pada bagian bawah tulang belakang. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai beberapa manfaat yang luar biasa dari yoga. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Mampu Mengurangi Asma
Manfaat pertama yang harus anda ketahui dari yoga untuk kesehatan tubuh, yakni dapat mengurangi asma. Mengapa bisa demikian? Sebab, olahraga yoga ini melibatkan teknik pernafasan yang dapat memberikan efek bagus untuk system pernafasan. 

2. Mengolah Kekuatan Tubuh
Mungkin kita sudah mengetahui dengan manfaat yang satu ini dari yoga. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa salah satu manfaat dari yoga itu dapat mengolah kekuatan tubuh. Akan tetapi, anda harus melakukan gerakkan yoganya dengan tepat dan benar.
3. Dapat Membuat Pikiran Menjadi Tenang
Disamping dapat meningkatkan kekuatan tubuh, olahraga yoga juga sudah terbukti ampuh dalam membuat pikiran menjadi tenang lho. Ya, terang saja demikian, soalnya kegiatan yoga ini mengusung teknik meditasi, penyatuan jiwa, dan musik.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Berdasarkan dari hasil penelitian, orang-orang yang selalu melakukan yoga itu memiliki kualitas tidur yang baik. Nah, apabila anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik, maka lakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur. 

5. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Manfaat berikutnya dari kegiatan olahraga yoga yang harus anda ketahui, yakni dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Ya, hal ini dikarenakan yoga terfokuskan pada pergerakkan tubuh dan kekuatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran jika seseorang yang sering melakukan yoga memiliki kelenturan tubuh yang sangat baik. Tak hanya sampai disitu saja, kegiatan yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan kekuatan tubuh, meningkatkan jangkauan gerak, dan sebagainya.

6. Mengatasi Sakit Punggung
Tak banyak orang yang tahu, bahwa kegiatan yoga dapat mengatasi masalah sakit di bagian punggung. Padahal, kegiatan yoga sudah terbukti ampuh dalam mengatasi punggung, bahkan hingga sakit punggung yang kronis sekalipun. 

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari olahraga yoga yang akan anda dapatkan, dan anda pun harus mulai mencobanya.

Share:

My Youtube Channel

Blog Archive