4 October 2021

Kopi dan Mendoan di Pantai Mliwis Ambal Kebumen


Kebumen mempunyai garis pantai yang sangat panjang dengan kondisi pantai yang bisa dibilang mirip mirip yaitu berpasir hitam dan dataran yang landai, kecuali mulai dari Pantai Karangbolong ke barat dimana disana sudah tidak datar lagi, melainkan berbukit bukit dan pasirnya pun putih, seperti contohnya Pantai Menganti.
 
Nah dari sekian banyak pantai berpasir hitam di Kebumen, baru sebagian kecil aja yang udah pernah aku kunjungi, yaitu Pantai Petanahan, Suwuk, Silumut dan yang terakhir ini adalah Pantai Mliwis. 
 
Pantai Mliwis ini masuk wilayah Desa Kenoyojayan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen dan berjarak kira kira 20 km dari pusat kota. Akses jalannya sudah bagus, bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat sampai parkiran. 
 



Untuk masuk ke Pantai Mliwis, saat ini belum ada tiket masuk, hanya membayar parkir aja ke petugas yang jaga, untuk mobil biaya parkirnya 5 ribu rupiah, kalau untuk motor tentunya lebih murah, mungkin cuma 2 atau 3 ribu. Kalau jalan kaki ya gratis, heuheuheu
 
Diantara parkiran dan pantainya, terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman, sekaligus tempat duduknya yang banyak, bisa di dalam warungnya atau bisa juga di bangku bangku yang tersebar di sekitar sini di bawah pepohonan cemara, sehingga teduh. Selain tempat makan, juga terdapat wahana permainan anak, dan kolam renang air tawar.
 



Rencananya sih kita mau piknik di tepi pantai gitu, duduk duduk di pasir sambil makan bekal, sambil nemenin si kecil main pasir, tapi karena kondisi angin yang agak kurang bersahabat. Akhirnya kita duduk di bangku bangku yang ada di bawah pepohonan cemara, disini anginnya masih terasa sih, namun tidak sebesar di tepi pantainya. Sambil pesan kopi, mendoan, pop mie dan pop ice dari warung. 
 
Barulah setelah selesai makan makan, kita beranjak mendekat ke pantainya, disini juga ada bangku bangku, terbuat dari kayu.  


Berhubung masih masa pandemi gini, kondisi pantai jadi tidak rame, bisa dibilang sepi malah. Oia di pintu masuk pantai tadi sebenernya ada palang kayu penutupnya, mungkin karena kemarin habis PPKM, tapi alhamdulilah hari ini pas kita dateng sudah tidak ditutup lagi, jadi bisa masuk deh.


***

Peta Lokasi Pantai Mliwis

Share:

1 comment:

  1. Memang cocok di pantai, embusan angin, dan makan mendoan. Meski begitu, kita kudu ikuti anjuran larangan berenang. Ombak di pantai selatan tetap tinggi

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive