30 June 2011

Air Terjun Kerta Gangga, Lombok Utara (Part 2)

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, dimana yang sebelumnya mengenai Air Terjun Gangga yang pertama. Nah untuk yan kali ini adalah mengenai Air Terjun Gangga yang kedua. Jadi perlu ane jelaskan lagi, di Lokasi ini ada tiga air terjun, dua di atas, dan satu di bawah. Untuk yang kemarin dan yang ini adalah yang berlokasi di atas, letaknya berdampingan, akan tetapi yang ini agak tersembunyi, kita harus melewati jembatan bambu kecil, untuk mencapai lokasi ini, kesannya Air Terjun ini berada di dalam Goa,karena kita harus melewati sebuah pintu terbuat dari batuan alami. Setelah kami sampai di sini, langsung deh ane foto foto. Waw kereeen....








Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Air Terjun Gangga/Gangga Waterfall, baca aja postingan sebelum ini, atau Klik Aja di Sini.
Share:

Air Terjun Kerta Gangga, Lombok Utara (Part 1)

Liburan kali ini ane ama temen temen ane wisata ke Air Terjun Kerta Gangga atau kebanyakan orang menyebutnya Air Terjun Gangga saja, yang berada di daerah Lombok Utara, tepatnya di, Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, dari Mataram kami menempuh rute Mataram - Pusuk - Pemenang - Tanjung - Gangga, dalam waktu sekitar satu jam dengan kecepatan normal naek sepeda motor. Air Terjun ini mudah ditemukan karena petunjuk jalannya jelas, meskipun jalan menuju kesana kurang bagus saat 2 KM menjelang sampai TKP.

Masuknya cuma bayar dua ribu rupiah/orang, dan pakirnya seribu rupiah. menjelang smpai TKP kami disuguhi pemandangan sawah yang hijau membentang sangat indah dengan bentuk yang berundak undak. Lokasi air terjun dari lokasi parkir tidak jauh, tidak sampai 10 menit kami sudah sampai dengan berjalan kaki dari lokasi parkir dengan jalan yang menanjak dan licin.

Di Lokasi ini ada tiga air terjun dengan dua tingkatan, satu di bawah dan dua di atas, kami tidak ke bawah, melainkan langsung ke atas. Di bawah ini ada beberapa fotonya, Selamat menikmati Foto Foto/Gambar Air Terjun Gangga :





.....bersambung ke Air Terjun Gangga Part 2 (Klik di Sini)
Share:

Buah Vanili dari Lombok Utara


Daerah Lombok Utara punya potensi besar dalam hal perkebunan kopi, kakao, kelapa, kacang mente, dan vanili. Seperti di daerah Gangga, saat ane menuju ke Air Terjun Gangga, di kanan kiri jalan banyak terdapat pohon jambu mente. Sedangkan di dekat Air Terjun Gangga sendiri banyak terdapat perkebunan Coklat dan Vanili, nah saat ane sampai di Air Terjun tersebut, di sebuah berugak/gazebo, kami ditawari bermacam hal, salah satunya vanili kering (seperti gambar di atas).

Tanaman vanili sendiri merupakan tanaman pekarangan, tanaman sela antara tanaman kopi dan kelapa, buah vanili yang masak dan kering setelah diproses dapat digunakan sebagai rempah-rempah atau untuk memberi aroma dan rasa pada kue-kue, minuman, es krim dan sebagai pengharum tembakau dipabrik rokok serta kosmetik. Tanaman vanili termasuk jenis anggrek yang merupakan tanaman dengan sulur dahan, panjangnya dapat mencapai 100 meter tapi panjang menurut tehnis hanya 2 meter aja guna untuk memudahkan pengawinan bunga, pertumbuhannya diperlukan pohon pelindung tempat melekatnya sulur dahan tersebut supaya tumbuh keatas sehingga hasil buahnya bagus.
Share:

Bocah Mandi di Bendungan Sengkukun

Suatu keceriaan dimana anak anak bersama teman tema mereka, bermain, bercanda sambil mengisi kegiatan di kala waktu senggang saat libur sekolah, itulah yang ane lihat pada bocah bocah kecil di sebuah bendungan bernama "Bendung Sengkukun", di Desa Genggelang, Kec.Gangga, Lombok Utara hari Rabu kemaren. Mereke mengisi libur tanggal merah Isra' Mi'raj dengan mandi dan bermain di sungai, tidak hanya sekedar mandi. Mereka meloncat dari atas tanggul dan jembatan, lalu terjun ke sungai....byur... segar sekali rasanya. Tanpa rasa malu mereka lompat lompat, lari lari tanpa sehelai benangpun (maklum masih anak kecil).

Uniknya, mereka walau masih kecil, sudah pandai berenang, dan yang buat ane kagum bisa kuat berenang dari satu sungai ke sisi sungai yang lain, padahal lumayan lebar sungai itu, lebih lebar dari kolam renang biasa. Di bawah ini ada beberapa fotonya, selamat menikmati :









Share:

Air Terjun Tiu Pupus, Lombok Utara


Memanfaatkan tanggal merah di Hari Rabu ini dengan touring ke Lombok Utara, tujuannya adalah ke Air Terjun Tiu Pupus/Tiu Pupus Waterfall. Air Terjun ini terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Kami dari mataram menempuh jalur Mataram-Pusuk-Pemenang-Tanjung-Lendang Bagian-Kerurak, dengan menghabiskan waktu sekitar satu jam, jalan sudah bagus dan mudah ditemukan karena ada petunjuk arahnya.

Perjalanan naek motor terhenti di Bendungan Sengkukun, di situ kami memarkir motor dan dijaga oleh seorang anak kecil. Nah dari situ kami diantar oleh seorang pemuda warga setempat untuk menuju lokasi. Kami harus menyeberangi bendungan Sengkukun lewat jembatan, kemudian belok ke kiri berjalan menyusuri sungai, tidak sampai lima belas menit, kami sampai juga di TKP.

Air terjun ini masih sangat alami, belum ada fasilitas seperti toilet, tempat ganti baju, warung makan dll. Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter, sayangnya kami kesini saat musim kemarau, sehingga airnya kurang deras. Kolam di bawah air terjun sangat luas, mantap untuk mandi mandi. Akan tetapi kami mengurungkan niat untuk mandi karena masih harus melanjutkan touring ke Air Terjun berikutnya.

Share:

28 June 2011

Curug/Air Terjun Kyai Kate, Purworejo


Curug Kyai Kate terletak di wilayah desa Gunung Condong, kecamatan Bruno, kabupaten Purworejo. Curug tersebut masih alami. perawatanya tidak merusak ke asliannya dari tempat tersebut. Menurut cerita dari para orang tua, nama Curug Kyai Kate tersebut dia ambil dari nama Sesepuh yang menunggu di wilayah tersebut. Sesuai dengan daerahnya yang masih pegunungan, selain buat pariwisata Curug Kyai Kate bisa di jadikan tempat alternatif buat pecinta alam, daerah sekelilingnya yang banyak di kelilingi bukit-bukit indah bisa di jadikan tempat pembelajaran untuk pendakian. Yang paling penting Berwisata sambil menikmati suasana alam yang asri di Curug Kyai Kate dengan biaya yang cukup murah. Di tambah lagi keramahan penduduk sekitar. Dan yang paling anda perhatikan sebelum pergi ke Curug kyai kate, sebaiknya anda cukup bawa bekal makanan. Soalnya untuk saat sekarang ini belum ada pedagang yang setiap hari berada di lokasi.

Untuk menuju ke lokasi memang tidak terlalu gampang. mengingat daerah tersebut masih jauh dari perkotaan. Tapi sedikit ane informasikan rute menuju tempat tersebut. Bagi yang memakai kendaraan umum. Dari pasar kutoarjo anda bisa naik PRIMKOPOL yang jurusan Kemiri-bruno-cepedak. Anda tinggal turun di desa cepedak. dari desa cepedak anda bisa naik ojek menuju desa Gn Condong. Minta tolong sama tukang ojeknya tunjukin lokasi Curug Kyai kate.

sumber: http://purworejokita.com
Share:

Bocah Telanjang di Pantai Selong Belanak, Lombok

Pantai Selong Belanak, sebuah pantai yang berada di Pesisir Selatan Pulau Lombok ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, perpaduan birunya air laut, dan hijaunya pegunungan menyatu dalam satu frame yang sempurna. Di situ banyak anak kecil bermain air di pantai yang landai ini, mereka tidak takut karena ombak di sini tidak besar yang disebabkan lokasi ini adalah sebuah teluk. Lihatlah ekspresi natural mereka, menyiratkan kebahagiaan diantara kesederhanaan hidupnya, mereka begitu polos, belum paham akan kerasnya hidup, mereka selalu tersenyum... Hmmm sungguh menyejukkan hati.











Share:

26 June 2011

Nasi Jinggo, Khas Bali


Di jawa ada Nasi Kucing, di Lombok ada Nasi Puyung, eh di Bali ada Nasi Jinggo, yang khas dengan daerahnya masing masing. Nasi Jinggo adalah hidangan murah meriah yang sangat populer di Bali. Khususnya di kota Denpasar dan Badung. Hidangan ini awalnya diperuntukkan bagi para pekerja malam. Awalnya, sekitar tahun 1980-an, nasi jinggo hanya tersedia di emperan toko jalan Gajah Mada di kawasan Pasar Badung, Denpasar, antara pukul 23.00 hingga dini hari. Di situlah, selain pekerja malam, para mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah hingga larut malam, menikmati nasi jinggo. Dari merekalah menyebar informasi tentang kenikmatan nasi jinggo ini hingga kini menyebar hampir ke seluruh sudut kota Denpasar dan Badung, bahkan ke beberapa kota di Bali.

Kalau beli nasi jinggo jangan cuma sebungkus, ane jamin pasti kurang, cos porsinya yang super kecil tapi bikin ketagihan, pengen nambah lagi dan lagi. Harganya murah meriah, gak sampai tiga ribu dapat sebungkus (seperti gambar di atas). Mau coba? datanglah ke angkringan pinggir jalan di sekitar Denpasar atau Badung Bali.
Share:

Super Kacang Asin "Rahayu", Khas Bali


Wah, malem malem dapat oleh oleh dari Bali, dikasih ama tetangga kost. Oleh-olehnya Kacang Rahayu, kata om nya sih, khas Bali. Kacangnya berupa kacang yang udah dikupas, tapi masih ada kulit ari nya, sama kaya kacang oven. Rasanya Gurih, tapi tidak terlalua asin, seperti mereknya "kacang asin". Sebenarnya kacang seperti ini banyak dijumpai di pasaran, hanya saja merek "Rahayu" ini khas Bali.
Share:

24 June 2011

Pembuatan dan Manfaat Telur Asin


Semua orang pasti tahu dengan yang namanya Telur Asin, karena mudah ditemui di seluruh wilayah Nusantara. Selain rasa asin yang khas, ke-khas-an lain dari telur ini adalah berwarna biru dan ada stempel nya. Dulu waktu masih SMA ada praktek pembuatan telur asin dari telur bebek, itulah untuk pertama kali ane buat telur asin sendiri, yang biasanya cuma beli di warung. Sebenarnya cara membuat telur ini sangat lah mudah. Berikut ini adalah cara/langkah-langkah membuat telur asin :
  • Pilih telur bebek yang bermutu baik (tidak retak atau busuk)
  • Bersihkan telur dengan cara mencuci atau dilap dengan air hangat,kemudian keringkan
  • Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok/bubuk bata merah dan garam, dengan perbandingan sama (1:1).
  • Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta.
  • Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm
  • Simpan telur dalam wadah, dapat berupa kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka
  • Setelah 20 hari, telur dibersihkan dari adonan abu/bata yang melekat.
  • Telur siap direbus dan dihidangkan.
Gimana? mudah khan? ane aja dulu bisa kok, cuman agak ribet juga ya, lebih gampang emang beli di warung aja, udah matang pula, tinggal dimakan. Oia cara memakan telur asin juga ada tekniknya lho, dulu ane sempat ketawa terpingkal pingkal gara gara liat temen ane makan telur asin dengan cara dikupas seperti makan telur rebus biasa. Hahahahahaha. Padahal cara yang bener adalah telur dibelah menjadi dua, kemudian diambil menggunakan sendok.

Nah dalam telur asin dari telur bebek ini, protein lebih banyak terdapat pada bagian kuning telur. Hasil penelitian mendapatkan, sebutir telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100% dibandingkan bagian putihnya 11&. Protein telur terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.

Hasil penelitian mendapatkan, sebutir telur mempunyai kegunaan protein (net protein utilization) 100% dibandingkan dengan daging ayam (80%) dan susu (75%). Berarti jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak. Hampir semua lemak dalam sebutir telur itik terdapat pada bagian kuningnya, mencapai 35%, sedangkanm di bagian putihnya tidak ada sama sekali. lemak pada telur terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipida (umumnya berupa lesitin), dan kolesterol.

Fungsi trigliserida dan fosfolipida bagi tubuh adalah sebagai sumber energi, satu gram lemak menghasilkan 9 kilo kalori energi. Lemak dalam telur berbentuk emulsi (bergabung dengan air), sehingga menjadi lebih mudah dicerna.
Share:

Pemandangan dari Ketep Pass, Magelang

Huhu, ane jalan jalan ke Magelang nih, kota tetangga. Tujuannya adalah Ketep Pass, yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Puncak bukit ini kita bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, bahkan puncak Gunung Merapi sangat terlihat jelas bila tak tertutup awan, serasa sangat dekat dengan puncak gunung yang November lalu batuk.

Obyek Wisata Ketep Pass terletak pada ketingggian 1200 meter dpl. Luas area sekitar 8000 m persegi, berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur, 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Boyolali. Dari kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, dan 30 km dari Candi Borobudur. Lokasi Obyek mudah dijangkau baik dengan Bus Besar, Mini bus, mobil keluarga maupun sepeda motor, karena jalannya yang sudah halus.

Objek wisata ini dibangun atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto, dipilih tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian. Obyek Wisata Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.

Oia, di sini ada beberapa fasilitas yang dapat kita nikmati, yaitu:
  1. Ketep Volcano Theater.
    Di sini kita bisa melihat pemutaran film tentang aktivitas Gunung Merapi, terjadinya erupsi merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian dipuncak Garuda serta beberapa letusan dahsyat Gunung Merapi, dengan durasi kurang lebih dua puluh menit.

  2. Pelataran Panca Arga.
    Panca artinya Lima, sedangkan arga artinya gunung, jadi Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.

  3. Teropong.
    Di dekat pelataran panca arga ada teropong yang bisa kita manfaatkan untuk melihat lebih dekat puncak Merapi, akan tetapi harus bayar sewanya. Hehe, gak gratis lho.

  4. Gazebo.
    Di gazebo ini kita bisa beristirahat, duduk duduk, ngobrol ngobrol sambil menikmati makanan bersama keluarga.

  5. Aula.
    Bangunan tak berdinding yang cukup luas ini bisa disewa untuk pertemuan atau acara tertentu.

  6. Permainan anak.
    Ada juga permainan anak anak (seperti gambar di bawah)









Share:

Menanti Senja di Bukit Nipah, Lombok Utara

Sepanjang jalur Mataram-Bangsal yang meyusuri Pantai Barat Lombok menyajikan pemandangan yang luar biasa indahnya, salah satu Spot yang ramai sebagai tempat perberhentian sekedar untuk foto foto adalah Bukit Nipah, atau orang orang sering menyebutnya Bukit Malimbu II.

Bukit ini terletak sekita 2 KM sebelah utara Bukit Malimbu, karena bentuknya yang mirip ama Bukit Malimbu, sehingga lokasi ini lebih dikenal dengan Malimbu II, akan tetapi lokasi ini lebih luas dan lebih indah pemandangannya, oia lokasi ini juga pernah dijadikan tempat syuting FTV di SCTV loh (lupa judulnya)

Bukit Nipah ini akan sangat ramai saat senja menjelang, khususnya hari sabtu dan minggu. Mereka biasanya kesini  untuk menikmati proses terbenamnya matahari, yang akan sangat indah terlihat dari ujung bukit ini...


Begitu juga dengan saya dan teman teman, sering menghabiskan waktu senja hari di Bukit Nipah ini. Berikut ini beberapa foto keseruan bersama teman teman di Bukit Nipah :



Share:

Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017

BCA BALI RUN 2017

Blog Archive