26 July 2011

Kolam Renang Teratai, Lombok Barat


Minggu Siang yang terasa panas ini, membuat badan cukup gerah, ada banyak cara untuk menyegarkan tubuh, salah satunya yaitu mandi di kolam renang. Hal itulah yang ane lakukan bersama dua temen ane minggu siang ini. Lokasi yang ane tuju adalah Kolam Renang Teratai, dari sekian banyak kolam renang di sekitar Mataram, ane pilih lokasi tersebut karena di samping airnya alami, ane juga belum pernah kesana.

Lokasinya dekat dengan Kolam Pemandian Suranadi. Dari Mataram, kami menempuh rute Mataram - Sayang Sayang - Lingsar - Suranadi - TKP. Dari Kolam Suranadi lumayan dekat, cuma 2 KM (sumber:speedometer motor). Tiket masuknya cuma sepuluh ribu rupiah, dan dapat satu teh botol. Kalo dilihat dari bentuknya sih, ini kolam renang biasa dan cenderung cuma buat maen maen aer aja karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang tidak persegi panjang seperti kolam kebanyakan. Di sini ada tiga kolam yang bisa dimanfaatkan dengan dua ketinggian, dua ada di atas, dekat pintu masuk, sedangakn yang satu ada di sebelah bawah. Sebenarnya masih ada satu lagi kolam yang letaknya paling bawah, akan tetapi sudah tidak dipakai, dan kotor. Airnya sangat dingin dan sangat menyegarkan, tidak pedih di mata, tidak membuat mata menjadi merah (karena tanpa kaporit). Oia sehabis renang paling enak makan, nah jangan kawatir karena di komplek ini juga terdapat kios penjual Sate Bulayak, harganya lima belas ribu per porsi.
Share:

24 July 2011

Meriam Jepang di Tanjung Ringgit, Lombok Timur

Masih ingat kawan dengan postingan tentang Tanjng Ringgit? Kalau lupa, atau belum baca, klik aja DI SINI. Nah saat itu khan ane dan temen ane gagal menemukan Goa dan Meriam Jepang. Nang selang waktu seminggu, ane ke Tanjung Ringgit lagi nih, tapi dengan rekan rekan yang berbeda, tujuannya yaitu menemukan Goa dan Meriam Jepang.

Untuk menuju kesini bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan yang berat dikarenakan jarak yang jauh dan jalan yang rusak, sekitar dua jam lebih dari Mataram kami sampai TKP. Langsung deh ane foto foto, keliling sambil mencari cari letak Goa nya. Ane sempet nanya pada dua orang yang kesini, wah ternyata mereka malah baru pertama kali kesini, gak tau juga tentang apa yang kami cari, kami sempat putus asa dan menyerah, dalam perjalanan menuju mobil, tak sengaja ane melihat ada tembok di balik semak semak. Ane penasaran, ane dekati, wah ternyata di baliknya ada Meriam. Horaaai, ini yang selama ini kami cari cari, akhirnya ketemu juga. Di samping meriam juga terdapat bangker sebagai tempat persembunyian. Bagi yang ingin ke meriam ini, sebenarnya letaknya gak terlalu jauh dengan mercusuar, kita tinggal mengikuti jalur mobil yang ada (jalur mobil berupa dua lajur seperti garis di tanah, terbentuk karena bekas jejak mobil), nah sekitar 300 meter dari Mercusuar, di sebelah kiri ada semak semak lebat, nah disitu siap siap pasang mata dah, nanti pasti keliatan.

Karena hari sudah sore, pencarian Goa pun dibatalkan, kami pun pulang....
Share:

23 July 2011

Sunset di Pantai Batulayar, Lombok Barat




Sore yang cerah, matahari bersiap siap menuju ufuk barat, menggantikan siang dengan malam. Sebelum saat saat itu terjadi, ane kebut menuju Pantai terdekat., Pantai Batulayar, dengan berbekal kamera pocket dan seseorang yang special. Menghabiskan waktu di senja hari dengan duduk dudk di pantai sambil menikmati secontong Kacang Rebus. Hmm Sungguh Nikmat. Dan akhirnya Sang Surya pun seakan ditelan oleh Gunung Agung, Bali yang berada di seberang pulau. Bumi pun berangsur angsur gelap, kami pun pulang.
Share:

17 July 2011

Sisi Lain Gili Trawangan, Lombok

GILI TRAWANGAN. Sebuah lokasi wisata yang sudah mendunia, gaungnya sudah sampai ke dunia internasional. Jika kita mendengar nama "Gili Trawangan", pasti yang terbayang dalam benak kita adalah sederetan bule bule yang sedang berjemur di putihnya pasir pantai dengan busana bikini nya yang menggoda iman. Memang pulau kecil ini dipenuhi oleh bule bule dari berbagai negara di dunia, entah mereka tahu dari mana tentang pulau kecil ini, jauh jauh dari negaranya beratus ratus bahkan beribu ribu kilometer jauhnya, rela datang kesini dengan biaya yang tidak sedikit, hanya sekedar untuk menikmati panasnya matahari di bumi trawangan.

Kombinasi pemandangan yang luar biasa, birunya langit, birunya air laut, putihnya awan, putihnya pasir berpadu dengan indahnya pemandangan manusia manusia berbusana minim yang tanpa rasa malu berjajar telentang menjemur kulitnya di bawah teriknya matahari, dan satu yang unik dari kebiasana bule ini adalah kegiatan menjemur badan mereka diikuti dengan kegiatan membaca buku entah dengan posisi telentang ato tengkurap.

Pulau ini adalah lokasi yang tepat bagi wisatawan lokal yang ingin cuci mata, bukan cuci dengan air, melainkan dengan pemandangan kaum kaum hawa yang super sexy, wajah bule urusan belakangan, yang penting berbikini. Disini dapat dengan mudah membedakan wisatawan lokal dan wisatawan asing dari busananya, kalau bule pakaiannya simple abis. yang laki laki pasti cuma pakai kolor dan bertelanjang dada, yang cewek berbikini ria. Sedang wisatawan lokal pasti busananya ribet abis, maklum takut item, ada yang pake jaket, clana panjang, topi koboi (hasil beli dari pelabuhan bangsal), kaca mata item gede, trus kalo snorkling pasti pakai pelampung warna oranye, haha.















Gimana setelah melihat gambar gambar di atas? Bagi yang belum pernah kesini, pasti langsung ngiler.. hahai. Coba aja travelling ke sini/backpakeran juga bisa. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Mataram, bisa nyewa kendaraan atao pake taksi dari mataram menuju Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara. dari pelabuhan ini cukup menyeberang sekali dengan kapal motor cukup dengan membayar Rp 10.000,00 saja.
Share:

14 July 2011

Dermaga Telong-Elong, Lombok Timur


Dermaga Telong-elong ini sebenarnya adalah sebuah calon Dermaga Besar yang berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur bagian Selatan, sayangnya pembangunannya terhenti, dan sekarang hanya digunakan sebagai tempat mancing bagi warga sekitar. Bahkan tembok bangunan tersebut yang beratap biru sudah kotor oleh coret coretan dan semprotan Pilox, wah sayang sekali, padahal proyek dermaga yang dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur NTB HL Serinata beberapa tahun yang lalu ini telah menghabiskan puluhan miliar rupiah lho.
Share:

12 July 2011

Pantai Stangi, Lombok

Hayo, buat anak Lombok asli, siapa yang tahu tentang Pantai Stangi? Hahai, pasti masih banyak yang kurang tahu, ane juga menemukannya secara tidak sengaja, pas ane pulang dari Air Terjun Gangga di Lombok Utara, ane bersama temen ane pulang menuju mataram melalui jalur Pantai bukan jalur Pusuk karena memang ingin mampir pantai. Nah setelah foto foto di beberapa Spot Pantai, kami memutuskan untuk pulang, akan tetapi setelah melewati Malimbu (kalau dari Mataram, sebelum Malimbu), ane melihat penjual minuman dan jajanan di pinggir jalan sebelah barat, nah disitu ada tulisan tempat parkir. Wah ane penasaran, langsung deh ane menuju warung itu, dan parkir motor di tempat parkir. Kemudian ane tanya ama penjaganya, "Pak ini pantai apa pak?" beliau menjawab "Pantai Stangi". Haaaa, ane sedikit heran, baru pertama kali denger nama "pantai Stangi".

Rasa Penasaran ane semakin menjadi-jadi, lansung deh ane dan temen ane turun menuju pantai, pantai nya terletak di bawah, karena pantai ini termasuk pantai bertebing, jadi kami harus menuruni anak tangga, Akhirnya kami sampai juga di bawah, waw... keren sekali... Tak menyia nyiakan waktu, kami langsung bernarsis ria, akan tetapi karena pantai ini sepi sekali, dan nuansa horornya begitu kental, kami memutuskan untuk segera naik. Di bawah ini ada beberapa fotonya, Selamat menimati :



Share:

Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak/Sirsat


Tidak mudah untuk menemukan buah ini, bahkan di pusat penjualan buah, buah ini sangat jarang ditemui. Buah ini bernama Sirsak atau di beberapa daerah disebut Sirsat, Nangka Sabrang (Annona muricata L).

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Kandungan zat gizi dan serat pangan buah sirsak per 100 gram bagian yang dapat dimakan.

Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g) sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Dari Kandungan gizi yang lengkap terzebut, buah ini mempunyai beberapa khasiat bagi kesehatan, antara lain :
  1. Ambeien. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  2. Sakit Kandung Air Seni. Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  3. Bayi Mencret. Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  4. Anyang-anyangen. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
  5. Sakit Pinggang. 20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
  6. Bisul. Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.
Share:

11 July 2011

Eloknya Tebing di Tanjung Ringgit, Lombok Timur

Weekend adalah saat yang ane tunggu tunggu, karena ane dan temen ane pasti touring menghabiskan libur akhir pekan untuk menjamah setiap sudut Pulau Lombok yang eksotis ini. Tujuan kami pada week end kali ini adalah Tanjung Ringgit yang berlokasi di Ujung Tenggara Pulau Lombok. Untuk mencapai lokasi yang cukup jauh ini, lebih dari 80 KM, kami mempersiapkan segala halnya. Persiapan yang kami lakukan antara lain :
  1. Cek kesehatan Motor, Rem, Ban, Spion, dan paling penting Bensin isi Full.
  2. Persiapan perbekalan, terutama air minum, karena di sana Air Minum bagaikan emas, sangatlah berharga (haha lebay)
  3. Sarapan yang banyak.
  4. Peta (haha, mencegah kesasar)
  5. Kamera dengan baterai full, untuk mengabadikan indahnya ciptaan Tuhan.
Yuph, setelah semua persiapan selesai, kami berangkat menuju Tanjung Ringgit, cuma berdua, boncengan motor Jupiter Z (so sweet ya). Rute yang kami tempuh adalah Mataram - Cakranegara - Kediri - Praya - Mujur - Ganti - Sukaraja - Jerowaru - Tanjung Ringgit. Dari Mataram sampai Praya, jalan halus dan mantap, sehingga kami bisa memacu kendaraan dengan kencang, akan tetapi sampai di daerah praya tengah, jalanan jadi rusak, lubang di sana sini, jadi harus hati hati, tidak lama jalanan halus lagi, dan kami pun mengikuti jalur tersebut sampai akhirnya kami sampai di sebuah pertigaan, di situ ada penunjuk arahnya, kami belok ke kanan untuk menuju Jerowaru. Tidak lama dari pertigaan tadi, kami sampai di pertigaan lagi yang di situ merupakan pasar, bila lurus jalannya halus dan bagus, dan bila belok ke kanan jalannya super hancur bin parah. Jalur yang benar yaitu ke kanan, jangan sampai lurus ya, karena disini tidak ada petunjuk arahnya. cukup panjang juga jalanan rusak ini, kasihan juga ama motor ane ini. Penderitaan kami pun berhenti setelah bertemu dengan pertigaan, di pertigaan ini jalur yang benar adalah belok ke kiri, jalannya halus, jadi kami bisa memacu kembali motor kami.

Kenyamanan kami musnah lagi setelah sampai di pertigaan berikutnya, dimana kalau belok kenan akan menuju Pantai Surga, nah kami ambil jalur yang lurus. Dari sini jalanan mulai rusak lagi, berupa aspal yang sudah rusak, mengelupas, sehingga tinggal bebatuan di sana sini. Sampai akhirnya bertemu dengan pertigaan lagi (banyak banget ya pertigaannya). Setelah tanya pada penduduk setempat, kami diberi tahu kalau jalur yang benar adalah belok kiri, dari sini jalurnya tinggal lurus aja, cukup panjang juga jalur yang satu ini, akhirnya kami melihat menara mercusuar dari kejauhan, tandanya kami sudah memasuki wilayah Tanjung Ringgit.

Dan benar juga, kami sampai di ujung Tenggara Pulau Lombok yang sangat eksotis ini, ternyata di sini ada sekumpulan keluarga yang sedang wisata di sini juga terdiri dari bapak bapak dan ibu ibu beserta anak anaknya, perbekalan mereka sangat lengkap, bawa tikar, termos dan rantang nasi pula. Mantap Jaya.

Tidak membuang waktu kami pun langsung berfoto foto di lokasi indah ini. Di bawah ini ada beberapa foto fotonya, chek it out:









Setelah puas berfoto foto kami pun mencari lokasi Goa Jepang dan Meriam, sudah muter muter kami keliling, tapi belum nemu juga. sampai akhirnya kami bertemu keluara ibu ibu yang tadi, kami pun bertanya kepada mereka yang sedang duduk duduk di bawah pohon dimana letak Goa Jepangnya, beuhh ternyata mereka juga bingung, belum menemukan Goa nya, ahahaha, kami senasib. Cukup lama kami mencarinya, belum nemu juga, cuma nemu Goa Kecil aja. Akhirnya kami pun menyerah, dan memutuskan untuk pulang. Sedikit kekecewaan dalam benak kami karena belum menemukan Lokasi Goa Jepang dan Meriam nya. Dan suatu saat kami akan kembali dan menemukannya (make a wish).

Info : Hampir setahun berlalu, kondisi Jalan menuju Tanjung Ringgit sudah diperbaiki sebagian, untuk info yang terbaru, kunjungi Postingan saya yang paling baru. KLIK DISINI
Share:

8 July 2011

Keindahan Pantai Barat Pulau Lombok

Siapa sih yang gak terkesima melihat keindahan Pulau Lombok, khususnya keindahan pantainya yang sudah terkenal hingga mancanegara. Sangat mudah untuk menemukan Pantai yang indah di Pulau ini, di sepanjang Pantai Barat Pulau Lombok ini menawarkan keindahan dengan karakteristiknya masing masing, ada yang berpasir hitam, berpasir putih, berbatu-batu, bahkan berupa tebing tebing yang menjulang indah di pinggir pantai. Di bawah ini ada beberapa foto fotonya, chek it out :








Ada banyak pantai terkenal di Sebelah barat Pulau Lombok ini, ada Pantai Senggigi, Pantai Malimbu, Pantai Nipah, Pantai Sira, Pantai Kerandangan, Pantai Batu Layar, Pantai Meninting dan banyak lagi yang lain.
Justify Full
Share:

6 July 2011

Foto-Foto Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep

Ini adalah kali kedua ane touring ke Air Terjun ini (yang pertama, Klik DI SINI), Yuph, di lokasi ini ada dua Air Terjun yang berdekatan, yaitu air terjun sendang gila dan air terjun tiu kelep, lokasinya di daerah senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), sekitar dua jam bila ditempuh dari Kota Mataram. Penjelasan lebih lengkap mengenai Air Terjun ini ada di postingan yang pertama, atau klik Di Sini. Di bawah ini ada beberapa foto hasil jepretan ane kemaren, cekidot gan :

1.Pintu Masuk Sendang Gila/Tiu Kelep Waterfall

2. Air Terjun Sendang Gila




3. Jembatan Berlubang (berupa saluran irigasi)


4. Membelah sungai dan hutan (menuju Tiu Kelep Waterfall)


5. Air Terjun Tiu Kelep (So Beautifull)

Share:

Blog Archive

Featured post

6 Spot Selfie Keren di Lombok

Melihat pemandangan alam dari sudut yang berbeda memang lagi nge-trend akhir akhir ini, terutama dari ketinggian, bisa itu dari puncak gunu...