27 April 2020

Nostalgia Es Kepal Milo di Canteen Resto & Cafe


Halo temen temen, gimana kabarnya nih? Semoga selalu sehat ya, dan tetap kuat menjalankan ibadah puasa di tengah wabah Corona ini. Nah kali ini untuk mengisi waktu luah di masa WFH (Work From Home) aku mau nulis cerita saat beberapa waktu lalu (sebeluma ada wabah corona) kita sekeluarga nongkrong di sebuah cafe di Kota Kupang.

Waktu itu tuh aku ingat pas weekend sore sore bingung mau ngapain, karena udah dari pagi kerjaannya cuma rebahan aja di kasur sambil nonton TV atau Youtube. Heuheuheu. Hingga akhirnya aku ajak aja si kecil buat nongkrong sore. Nah Kali ini pilihan jatuh kepada Canteen Resto & Cafe. Memang bukan tempat baru sih, cuman kita aja yang belum pernah makan disana, jadi pengen nyobain.

Berdasar info yang kudapat dari google Maps, Canteen Resto & Cafe ini berlokasi di belakang Perumnas, tidak jauh dari kantor kelurahan Nefonaek, Kota Kupang. Lebih jelasnya silakan lihat di peta di bawah ini :


Parkiran cafe ini lumayan sempit, kalau pas rame, pasti agak susah nyari parkiran kalau datang menggunakan mobil, tapi kalau pakai motor sih enggak masalah, apalagi jalan di depan cafe ini adalah salah satu akses menuju komplek perumnas, jadi lumayan rame traffik nya.

Saat masuk ke cafe nya, terlihat banyak aksesoris atau hiasan di sekeliling dinding cafe, dari depan sampai belakang. Ruangannya lumayan luas dengan berbagai macam jenis meja kursi. Awalnya sih nyaman banget nongkrong dsini, tapi ternyata tidak terlalu nyaman untuk berlama lama, ada dua alasan, yang pertama meski ruangan cafe ini indoor, tapi ternyata bagian atap ada yang terbuka, pintu dan jendela depan juga selalu terbuka, sehingga tidak ada AC, lama kelamaan hawa panas terasa di dalam sini. Yang kedua, musik yang diputer sangatlah keras volume nya, jadi susah untuk ngobrol santai, harus sedikit lebih bertenaga untuk mengeluarkan suara.




Sore itu kondisi cafe masih belum ramai, cuma ada dua perempuan muda yang sudah lebih dulu nongkrong disini, mereka duduk di bagian dalam, sedangkan kita pilih di dekat pintu masuk saja, karena disini lebih terang, pencahayaan dari segala arah, tentunya bagus buat foto foto.

Sesaat kita duduk, pelayan datang dengan membawa kertas menu yang bentuknya sama kayak kertas menu di Solaria, cara pengisiannya pun sama, cuma bedanya setelah diserahkan kembali ke pelayan, tidak langsung bayar, melainkan nanti pas selesai makan. Ahh sayangnya aku lupa untuk foto kertas menu nya, saking konsen dalam milih makanan, heuheuheu, tapi untungnya aku nemu foto menu nya di google maps, ini nih :


Kertas menu tersebut terlihat sudah beberapa kali dipakai, karena masih ada bekas tulisan angka pesanan pengunjung yang telah dihapus menggunakan penghapus pensil. Oia di kertas menu itu juga ada satu tulisan yang menggelitik (bagiku) yaitu tulisan yang menerangkan bahwa harga di menu itu sudah termasuk pajak 10% (mantaaap), jarang jarang sih, biasanya harga belum termasuk pajak. Nah dengan tulisan itu, berarti si empu cafe sudah memungut pajak 10% dari para pengunjung yang harus disetorkan si empu cafe ke negara, dalam hal ini ke pemda karena pajak resto masuk pendapatan daerah. Semoga sih bener bener disetorkan semuanya ya, heuheuheu.


Tidak lama menunggu, makanan dan minuman yang kita pesen pun satu persatu disajikan. Makanan yang pertama datang adalah pesenanku, heuheuheu pas banget lagi laper, belum makan siang. Aku pesennya Indomie Rebus dengan tambahan isian keju, telur ceplok dan lalapan (selada, timun, tomat). Wah ternyata mie yang dipake tuh indomie kari, kalau dicampur keju tuh rasanya kurang klop, jadi tabrakan, heuheuheu, coba yang dipake indomie ayam bawang aja, trus pake kuah susu, beuh dijamin makin Juaraaa rasanya.
Menu berikutnya yang dateng ada Es Kepal Milo, heuheuheuheu nostalgia banget nih, jadi inget sekitar setahun dua tahun lalu, kuliner yang satu ini tuh viral banget, waktu itu sih kita masih tinggal di lombok, hampir di setiap sudut keramaian ada yang jual es kepal milo dengan berbagai variasi rasa seperti tambahan potongan buah durian. Nah kali ini Es Kepal Milo nya ditambahin potongan daging buah alpukat, hmmm yummmyyy, enak enak enak. Suegeeer.

Untuk si kecil kita pesenkan pisang goreng nugget dengan topping keju dan coklat, kentang goreng serta milkshake dengan topping wafer, oreo dan es krim plus sprinkle warna warni di bibir gelas.



Oia Es Krim Aice juga ada lho dijual disini, disediakan fresh dari freezernya. Lumayan lengkap variannya.

Menjelang maghrib, kita pun cabut dari cafe ini, tidak lupa kita ke kasir terlebih dahulu untuk membayar.

Sampai saat kita pulang, kondisi cafe masih belum ramai, hanya bertambah 4 orang pengunjung baru, sedangkan 2 pengunjung awal tadi sudah duluan cabut. Nah buat kalian yang lagi di kupang dan bingung mau nyari tempat nongkrong, bisa lah mampir ke Canteen Resto & Cafe, makanannya relatif enak dan harganya juga bersahabat. Untuk lokasinya, silakan lihat di peta di bagian atas postingan ini
Share:

20 April 2020

Piknik di Pantai Baliana Kupang


Ini adalah kali kedua kita menghabiskan weekend di Pantai Baliana Kupang, kunjungan pertama dulu pernah juga aku bahas di blog ini, tapi berhubung dulu bisa dibilang gagal karena hujan deras, akhirnya kita memutuskan untuk balik lagi ke Pantai Baliana yang lokasinya memang enggak jauh dari rumah, gak sampai setengah jam juga udah nyampe lokasi.

Salah satu rute menuju Pantai Baliana adalah melalui Jalur 40 , nah di spot ini kita bisa foto foto dengan background Laut lho.


Kondisi pantai dan jalur menuju pantai ini belum ada perubahan sama sekali, masih sama seperti pas kita datang pertama dulu. 

Di bangunan tower penjaga ada sekitar 3 bapak bapak yang sedang duduk dan mengobrol seru, aku pun menyapa, permisi numpang lewat mau turun ke pantai nya. Mereka pun dengan ramah membalas sapaan kita.


Kali ini kita memang sudah merencanakan untuk piknik di pantai baliana ini, perbekalan sudah lengkap kita bawa, mulai dari alas duduk, permainan anak anak, minuman, snack cemilan sampai bahan makanan mentah, lengkap dengan peralatan masak seperti panci dan kompor serta piring sendok garpu.

Namun sebelum kita mulai masak masak buat makan siang, kita turun dulu ke pantainya, biar si kecil bisa main main pasir dulu. Meskipun siang ini cerah banget, dipantainya terasa teduh karena banyak pohon dan tingginya bebatuan di belakang tempat kita duduk duduk.


Huaaaa enak banget rasanya tiduran di karpet yang digelar di atas pasir pantai, ngemil jajan, nemenin anak main pasir diiringi suara air laut dengan ombak ombak kecilnya, serta semilir angin pantai.

Mendekati jam makan siang, sekitar pukul 11.00 WITA kita pun beres beres, dan beranjak naik dari pantai untuk pindah tempat. Masih di area pantai baliana ini sih, cuman bergeser ke bawah pepohonan di bagian atas dekat parkiran. Di tempat itu memang sudah biasa dipake untuk masak masak atau bakar bakar oleh pengunjung pantai ini, pernah kulihat pas kunjungan pertama ke pantai baliana ini dulu, sekelompok anak muda bakar bakar ikan disni buat makan siang.



Nah kali ini, kita bukan mau bakar bakar ikan , melainkan mau rebus rebus bahan makanan semacam di resto suki, yang pake steamboat gitu lho. Untuk bahan makanan nya kita beli yang paketan steamboat instan, belinya tadi malem di Transmart, isinya berbagai macam bakso, tahu dan mie tanpa sayur, heuheuheu padahal di plastik pembungkusnya bagian depan ada gambar sayur dan jamur enoki nya lho, eh ternyata di dalemnya gak ada. Hmmmm sepertinya sayurnya dicampur di adonan bakso/mie nya ya, kayaknya sih, lha aku enggak sempat baca komposisi di bagian belakang bungkuse, udah keburu laper cui.


Untuk memasaknya gampang banget, kita tinggal manasin air di panci sampai mendidih, lalu masukin bumbu dan semua isian di dalam nya. Tinggal tunggu beberapa menit, dan jadi deh steamboat instan ala ala.

Dari segi rasa, ternyata enak juga lho, gak kalah ama di resto resto suki, kuahnya pun gurih mantap. Lebih spesial lagi, disini viewnya pantai, huaaaa Juaraaaaak


Perut kenyang, hati tenang, kita pun pulang.

Untuk sampah sampah, kita taruh di tempat sampah yang tersedia. Kulihat sih tempat sampah ini masih bagus, terawat dan kosong, jadi sepertinya memang ada yang ngurusin sampah nih, yang ngangkut sampah dari tempat sampah ini ke tempat pembuangan akhir.

Btw Pantai Baliana ini termasuk salah satu pantai favorit di Kupang, selain karena jaraknya yang dekat, pantai ini cantik banget, bersih, pasirnya putih, enak buat mandi mandi dan tentunya aman. Next time pasti aku bakal balik lagi ke pantai ini.

Lokasi Pantai Baliana
Share:

13 April 2020

Foto Foto di Depan Sasando Raksasa

Pertama kali menginjakkan kaki ke Kupang (akhir tahun 2018), aku langsung terpana dengan kemegahan bangungan Kantor Gubernur NTT yang mencolok kinclong warna biru. Dilihat sekilas bangunan tersebut menyerupai alat musik Sasando. Nah Bentuknya yang unik itu menjadikan lokasi ini selalu ramai dikunjungi warga Kota Kupang maupun mereka yang baru pertama menginjakan kaki di Kota Kupang.


SEJARAH
Gedung kantor yang berada di Jalan El Tari ini merupakan tempat berkantor Gubenur dan Wakil Gubernur NTT dan tempat ini juga menjadi pusat pemerintahan NTT. FYI Gedung megah ini sebenarnya dibangun untuk menggantikan gedung lama yang terbakar pada tanggal 9 Agustus 2013 silam. Saat itu lantai 2 dan 3 hangus terbakar. 

Nah asal mula desain Sasando ini adalah sayembara yang diadakan oleh Pemprov NTT, yang kemudian sayembara itu dimenangkan oleh arsitek muda NTT bernama Luiz Wilson dengan desainnya yang menyerupai alat musik Sasando. 

Setelah diaplikasikan dalam wujud bangunan yang sebenarnya, terlihat bagian depan gedung ini menyerupai alat musik Sasando, sementara bagian depan sisi kiri dan kanan menyerupai lipatan daun lontar. 


Pembangunan Gedung Kantor Gubernur ini diawali dengan upacara adat dan sembayang dengan harapan agar diberi kelancaran pembangunan pada 23 Oktober 2015 lalu. Upacara yang menggunakan adat Helong ini ditandai dengan peletakan kepala kerbau di salah satu tiang utama gedung tersebut (Upacara ini biasa dilakukan di daerah- daerah di NTT).


Gedung yang dibangun oleh kontraktor PT Waskita Karya (persero) Tbk dengan anggaran Rp 178 miliar ini selesai pada Desember 2016 dan mulai digunakan pada tahun 2017. Gedung megah ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Desember 2016 bersamaan dengan ulang tahun NTT namun rencananya ini gagal. Selanjutnya gedung ini direncanakan diresmikan oleh Jokowi saat kunjungannya ke NTT untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara di Motaain Belu Rabu 28 Desember 2016 , namun lagi-lagi gagal. Hingga akhirnya pada tanggal 9 Januari 2018, bangunan ini pun diresmikan oleh Presiden Jokowi, sesaat sebelum meresmikan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang.


JADI TEMPAT FOTO FOTO
Gedung kantor gubernur yang unik ini ternyata menjadi tempat yang indah untuk foto foto lho dan hingga kini kaum muda Kota Kupang dan orang yang baru pertama ke Kupang menjadikan lokasi ini sebagai salah satu tujuan utama untuk foto. 


Aku sih udah dua kali foto foto di area Gedung ini, dengan terbukanya gerbang utama untuk umum, semua orang bisa masuk untuk sekedar foto atau duduk duduk nongkrong di bawah rindangnya pohon. Puncak ramainya bagian depan gedung ini ya saat sabtu pagi pas Car Free Day (CFD), dimana jalan el tari yang ada di depan gedung ini ditutup untuk semua jnis kendaraan. Saat CFD, Lapangan/halaman depan gedung ini juga sering dijadikan panggung untuk berbagai event.

Di sebelah samping halaman depan, ditaman beberapa bunga untuk mempercantik, salah satunya adalah bunga matahari yang mekar indah pas aku kesana kemarin. Di dekat situ juga terdapat kolam ikan dengan pancuran dan patung komodo di tengah nya.


Nah buat kalian yang lagi jalan jalan ke Kupang, pastikan jangan sampai lupa untuk mampir ke sini buat foto foto, pintu depan terbuka untuk umum dan gratis pula.

***

Peta Lokasi Gedung Kantor Gubernur NTT





Beberapa informasi di postingan ini diambil dari https://kupang.tribunnews.com
Share:

7 April 2020

Penyakit Keputihan Yang Berbahaya


Mungkin anda sebagai kaum hawa awam mendengar penyakit vagina. Mulai dari rasa gatal, rasa sakit, sensasi panas atau perih, ada pendarahan diluar haid dan keluarnya cairan vagina yang tidak wajar atau penyakit keputihan merupakan keluhan yang diakibatkan penyakit vagina. Keluhan-keluhan tersbeut bisa saja menjadi penyakit yang berbahaya, diantaranya

Infeksi jamur merupakan penyebab paling sering dari penyakit keputihan atau biasa disebut vaginitis. Normalnya ada jenis-jenis jamur bernama candida yang memang hidup dalam jumlah kecil di vagina. Jamur tersebut tidak berbahaya bila jumlahnya sedikit. Namun dalam kondisi tertentu jamur candida dapat tumbuh secara berlebihan dan menimbulkan infeksi vagina.

Bahkan bagi wanita muda bisa menyebabkan penyakit keputihan yang berlebihan dan bisa juga bagi wanita yang sudah menikah mengakibatkan perubahan kadar hormon misalnya hamil dan atau akibat menggunakan pil KB. Sementara gangguan medis yang beresiko menyebabkan jamur candida berkembang dalam jumlah yang berlebihan adalah kadar gula darah tinggi dan penyakit yang meganggu sistem kekebalan tubuh HIV/AIDS.

Mari kita bahas keputihan tidak Normal! Keputihan tidak normal ini memiliki berbagai macam penyebab termasuk infeksi bakteri dna jamur vagina hingga adanya penyakit menular seksual dari wujudnya ia pun berbeda dengan jenis keputihan normal. Gejala-gejala keputihan tidak normal seperti lebih kental dan bisa menggumpal atau berbusa, warna cairan kekuningan, kehijauan atau abu-abu, keluar dengan darah, lebih lengket dan menempel pada pakaian dalam berbau menyengat.

Nah, ada tips ini untuk menghindari keadaan keputihan tidak normal ini pastikan kita sebagai perempuan tidak nyaman. Cara ini juga bisa mengurangi keputihan loh pertama sering mengganti celana dalam secara teratur agar vagina tetap kering, kedua pastikan bahan celana dalammu adalah katun agar dapat menyerap keringat, ketiga tidak menggunakan berlebih lebihan sabun pembersih area kewanitaan yang wangi-wangi karena justru dapat menimbulkan masalah pada keseimbangan PH vagina.

Membasuh Vagina dari depan ke belakang agar tidak ada bakteri yang masuk, keringkan vagina dengan tidu atau handuk tanpa digosok keras-keras, mengonsumsi yogurt untuk menekan resiko terserang jamur dan jangan lupa konsultasikan ke dokter jika perlu.Selain bakteri, jamur juga bisa menjadi sumber masalah. Akibat jamur, vagina akan terasa gatal hingga kemerahan dan bengkak. Alhasil, keputihan tidak normal yang muncul adalah berwarna putih dan lebih kental. Pada keadaan adanya parasite akibat penyakit menular seksual bahkan bisa lebih parah keputihan berwarna kekuningan atau hijau, berbau amis, banyak dan kadang berbisa dan menyebabkan vagina akan terasa lebih gatal dan memerah.

Kita harus mengingatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan vagina dan diri kita. Sebenarnya kembali lagi normal atau tidaknya keputihan ditentukan dari warna, tekstur dan tanda yang ditimbulkan seperti sakit ketika buang air kecil. Dari tanda atau gejala inilah perempuan harus tau apakah keputihan yang selama ini dirasakan berbahaya atau tidak. Keputihan yang normal adalah keputihan yang biasanya terjadi sebelum atau setelah menstruasi dan berwarna putih atau bening serta tidak disertai bau.

Jika sudah menemukan tanda tanda keputihan yang tidak normal maka harus segera diperiksakan ke dokter untuk lebih lanjut. Karena jika dibiarkan akan menjadi penyakit lain yang lebih serius seperti menyebabkan kesuburan pada wanita menurun dan berpeluang susah anak. Wah kalau udah gini Hati - hati ya girls!


Sumber gambar : health.grid.id





Share:

5 April 2020

Inilah Tempat Wisata di Jakarta Yang Bisa Mengusir Rasa Jenuhmu!


Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kota bernama Jakarta? Pastinya kita semua sudah sangat mengenal betul dengan kota yang satu ini. Ya, terang saja demikian, sebab Jakarta ini merupakan kota terbesar di Indonesia sekaligus menjadi Ibu Kotanya bagi Negara Indonesia. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kota tersebut selalu menjadi tujuan utama bagi kebanyakan pelancong lokal maupun asing. Berbicara soal Jakarta, pada ulasan kali ini akan merekomendasikan beberapa tempat wisata paling asyik yang ada di kota Jakarta. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

1. Pulau Untung Jawa
Diurutan pertama ada Pulau Untung Jawa, yang merupakan salah satu bagian dari Kepulauan Seribu. Menurut informasi yang di dapat, Pulau Untung Jawa ini adalah yang paling sering dikunjungi ketimbang pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Selain memiliki panorama alam yang begitu memanjakan mata, disini juga memiliki wahana dan fasilitas yang terbilang cukup lengkap lho. 

2. Kebun Binatang Ragunan
Ini dia salah satu tempat wisata terbaik di Jakarta yang paling cocok untuk keluarga. Menurut informasi yang di dapat, di kebun binatang ini terdapat lebih dari 300 spesies. Bukan hanya itu, terdapat tempat edukasi bagi para pengunjung khususnya untuk pelajar. Salah satu hal yang paling menarik di Kebun Binatang Ragunan, yakni adanya Dunia Orang Utan yang menyediakan beragam koleksi orang utan serta Children Zoo. Dengan begitu, kamu dan anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan kecil dan jinak. Itu sebabnya, mengapa Kebun Binatang Ragunan ini sangat direkomendasikan untuk keluarga.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Selain Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah alias TMII ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. TMII ini dibangun pada tahun 1972 oleh Ibu Tien Soeharto. Ketika berada disini, kamu akan menemukan miniature dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia lho. Bukan hanya itu saja, terdapat pula wahana menarik lainnya seperti kereta gantung, Snow Bay, perahu angsa, teater 4D, teater IMAX, istana anak Indonesia, dan masih banyak lagi. Saat perut mulai keroncongan, disekitar kawasan TMII juga terdapat para pedagang yang menjajakan beragam kuliner lezat dengan harga terjangkau lho. Jika berminat untuk berlibur ke TMII, kamu bisa mengunjunginya di kawasan Jakarta Timur. Selain dekat hotel di jakarta raya juga dekat dengan berbagai wisata kuliner.

4. Kepulauan Seribu
Indah, tenang, dan eksotik, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan setelah berada di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu ini tersusun oleh ekosistem pulau-pulau yang sangat kecil dan perairan laut dangkal, dimana terdapat 3 ekosistem utama pembentukkan sistem ekologis kawasan, yaitu hutan mangrove, hutan pantai, padang lamun dan terumbu karang. 

Secara ekologis, ketiga ekosistem tersebut berfungsi sebagai penyangga alami bagi daratan pulau yang dapat memberikan manfaat bagi manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat langsung keindahan matahari terbit dan terbenam dari Kepulauan Seribu. Adapun mengenai beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari snorkeling, diving, menyelam, berselancar, trekking, menaiki perahu, dan masih banyak lagi.  

Itulah beberapa tempat wisata paling asyik di Jakarta yang siap mengusir rasa jenuhmu. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Share:

Youtube

Blog Archive