24 June 2019

Pantai Baliana : Pantai yang Super Cantik di Kupang


Pantai Pantai yang menghadap arah barat sekitar Bolok, Kupang memang sudah jadi incaran ku sejak beberapa waktu lalu, masing masing titik udah aku tandai di aplikasi Google Maps untuk aku datangin satu per satu.

Nah kali ini, pantai yang beruntung untuk aku datangi adalah Pantai Baliana. Pantai ini sendiri masuk wilayah Desa Kuanheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Jaraknya yang relatif dekat yaitu cuma sekitar 20 Km ini membuatku tidak harus berangkat pagi pagi untuk nge trip kesini, enggak seperti saat nge trip ke Pantai Kolbano dan Oetune, yang saat itu aku berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00 pagi.

Cara Menuju Pantai Baliana (Akses dan Rute)
Lokasi pantai ini patokannya gampang, pokoknya ambil arah ke PLTU Bolok, nah kalau takut nyasar, langsung aja ambil hape, buka google maps, cari pantai baliana, lalu buat rute, ikutin aja jalur yang disarankan ama google maps, dijamin bakal sampai.

Jalan Tanah Putih (bekas aspal) yang masih lumayan lebar

Untuk kondisi jalurnya, bisa dibilang 85% bagus, mulai dari aspal mulus, aspal sedikit bolong bolong sampai ke jalan tanah berbatu dan sempit. Sekitar 1.5 km sebelum pantai, jalan aspal abis, menyisakan jalan tanah berwarna putih (bekas aspal lama), namun masih bisa dibilang manusiawi lah, cukup lebar untuk dilewati 2 kendaraan roda 4. Namun sekitar 400 meter sebelum pantai, jalur berubah menjadi lebih menantang, sempit cuma cukup untuk lewat 1 mobil, tanah berbatu karang, menurun dan berkelak kelok. Harus ekstra hati hati sih, apalagi kalau pas hujan. 

Kalau saat lewat sini menggunakan mobil, bisa sih, ya semacam mobil avanza/xenia, APV, Expander, BRV insyaAllah bisa, tergantung drivernya sih, haha, yang jelas jalur ini muat lah dilewati mobil jenis tersebut. Ya berdoa saja, sepanjang 400 meter tersebut enggak ketemu kendaraan lain dari depan.

Jalan Tanah Berbatu, Sempit dan Menurun

Tempat Parkir dan Tiket Masuk Pantai Baliana
Enggak nyangka lho, di ujung jalur ini terdapat tempat parkir yang lumayan memadai, yaaa meskipun enggak luas, kira kira bisa lah menampung sampai 3 atau 4 mobil. Untuk tiket masuk atau biaya parkirnya saat ini enggak ada, atau bisa dibilang gratissss.




Ada dua bangunan di sekitar tempat parkir ini, yang pertama semacam gubug dan yang kedua semacam tower dari kayu setinggi kira kira 5 meter dimana ada tangga untuk naik ke lantai 2 nya dan ada lampu sorot besar yang menghadap ke laut. Kalau menurutku sih ini bangunan untuk penjagaan peternakan kerang mutiara di arah depan sana, bisa terlihat banyak sekali pelampung pelampung yang bisa dipastikan di bawahnya banyak kerang mutiara. Tenaga untuk menyalakan lampu sorot ini berasal dari genset yang diletakkan di dalam gubug tadi. 


Nah saat kita kesini, lantai 2 bangunan tower tersebut justru dimanfaatkan untuk berteduh/nongkrong para pengantar/driver dari wisatawan yang ke pantai ini, sedangkan di lantai 1 dan bangunan gubug bisa dimanfaatkan untuk tempat aman berganti pakaian.

Oia di sekitar tempat parkir ini ternyata terdapat tulisan tulisan yang ditempel di pohon menggunakan lempengan kayu, serta ada tempat duduk di bawah pohon yang terbuat dari batang kayu.


Aktivitas di Pantai Baliana
Pasir dari pantai baliana ini sendiri berada di bawah dengan dibatasi bebatuan karang keras, jadi dari parkiran ini kita harus menuruni bebatuan untuk bisa menyentuh pasirnya, tapi tenang aja enggak tinggi kok.


Saat kondisi pantai sedang pasang maksimal, dijamin kita enggak bakal bisa ngapa ngapain di sini, palingan cuma bisa foto foto dari atas dan melihat saja dari sekitar bangunan tower, tapi alhamdulilah saat kita ke pantai ini kondisi pantai sedang lumayan surut, meskipun bukan surut maksimal, tapi justru kondisi ini yang paling ideal untuk foto foto, main pasir dan mandi mandi manja di pantai nya. Kalau saat surut maksimal garis pantai akan jauh ke tengah, kita enggak bisa mandi mandi, dan untuk foto pun kurang oke karena banyak rumput rumput laut bakal terlihat.



Pasirnya halus, berwarna putih sedikit agak merah/pink, bersih banget, ombaknya tenang bersahabat,  dan landai pula, jadi relatif aman dah buat anak kecil.

Aku sih enggak nyangka lho, ternyata rame juga pantai ini, ada sekelompok pemuda sekitar 10an orang, ada dua keluarga lengkap dengan anak anak kecil nya ditambah kita berempat. Ruameeee.

Kalau dari info yang kubaca di internet sih, di sini bisa lho buat spot snorkling, karena banyak bintang laut dan ikan ikan kecil, dengan catatan kondisi air laut sedang surut biasa , bukan surut maksimal, heuheuheu. 





Alhamdulilah enggak ada warung di sini, jadi kita harus sedia bekal dari rumah atau setidaknya beli makanan/minuman di perjalanan menuju ke pantai ini. Kenapa aku bilang Alhamdulilah? Karena berdasarkan pengalaman, pantai yang banyak warung nya biasanya kotor. 

Pesanku, jangan buang sampai di pantai ini, misalkan kita bawa makanan atau minuman, bawa lagi sampah nya pulang ya....


***

Peta Lokasi Pantai Baliana, Kupang, NTT

.
Share:

5 comments:

  1. Google maps nya keren ya mas ya, bisa menuntun kita sampai Pantai Baliana ini.... Ingin sekali rasanya pergi ke NTT ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kadang google maps juga bikin nyasar, haha. pernah ngalamin

      Delete
  2. Gubuknya itu aku kira mercusuar, tapi kok terbuat dari kayu.
    Ide kreatif dari yang membuat gubuk di atas, tujuannya sama; untuk menjaga atau memantau.

    Sekilas pasirnya ini lembut, mas. Cocok untuk main air sambil bawa anak kecil karena suasana air laut yang tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya fungsinya sama , ada lampunya, untuk menjaga dan memantau
      iya cocok buat main main, tapi klo pas lagi gak beruntung, airnya pasang, tinggi, gak bisa main pasir

      Delete
  3. Pantainy cukup tenang dan tergoda buat cepet2 berenang... hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive