16 April 2019

Spesifikasi Singkat Toyota FT86

Buat kalian penggila mobil sedan di Indonesia ada baiknya sedikit melirik salah satu besutan Toyota Auto2000 terbaru kali ini yaitu Toyota FT 86. Toyota FT 86 ini digadang-gadang sebagai mobil sedan sport paling murah di Indonesia sepanjang tahun 2018 ini. 

Yak mungkin memang tepat jika Toyota FT 86 keluaran Auto2000 ini menyandang gelar mobil sport termurah, pasalnya harga yang ditawarkan memang sangat murah jika dibandingkan dengan mobil sport dari merek lainnya. Untuk Harga Toyota FT 86 masih dibawah dari Rp. 1 Miliar saja.

Sebagai mobil sedan sport tentu tidak akan jauh lepas dari yang namanya konfigurasi 2 kursi. Konfigurasi seperti ini memang sudah banyak diterapkan pada mobil-mobil sport seperti Lamborghini, Porsche ataupun Ferrari.


Dengan cukup merogoh kocek berkisar Rp. 600 jutaan saja, Anda bisa membawa pulang 1 unit Toyota FT 86 ini untuk menikmati kenyamanan mobil sport ini. Tidak hanya dikenal sebagai mobil sport paling murah di tahun 2018, mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan dari segi desain dan juga performa mesin. Inilah beberapa penjelasan singkat spesifikasi Toyota FT 86 pada ulasan berikut ini.

Desain Body
Sebelum poin pembahasan spesifikasi dan performa mesin, terlebih dahulu kita membahas soal desain body dari Toyota FT 86 ini. Mobil keluaran Auto2000 ini memiliki panjang sekitar 4,2 meter dan lebar 1,7 meter serta tinggi sekitar 1,3 meter. Lalu untuk jarak as roda yang dimiliki oleh mobil ini sekitar 2.570 mm dan jarak pijak depan 1.520 mm dan belakang 1.540 mm. Dengan dimensi mobil yang sedemikian rupa, tentu akan memudahkan semua manufer sulit yang sobat otomotif lakukan di jalanan.

Lalu yang lebih menarik lagi dari mobil ini adalah chasis khusus yang memang sengaja dirancang untuk bermanufer saat berkendara agar lebih maksimal. Dengan sistem transmisi 6 kecepatan (manual dan otomatis) yang didukung optimalisasi drive handling, kalian akan sangat nyaman ketika bermanufer di tikungan tajam sekalipun. Kemudian untuk bentuk body nya pun dibuat se sporty mungkin dan memang sangat cocok dikemudikan oleh kalangan milenial seperti kalian.

Performa Mesin
Pada dasarnya spesifikasi Toyota FT 86 ini dibagi menjadi 2 tipe varian yaitu manual dan automatic. Untuk kalian yang hobi menggeber mobil secara cepat di jalanan akan lebih cocok memilih tipe manual. Sedangkan untuk kalian yang hobi berkendara santai di jalan perkotaan namun tetap memiliki akselerasi yang cukup, kalian bisa memilih tipe automatic.

Untuk kedua varian dari mobil ini, baik itu manual atau pun automatic masih tetap mengusung sistem transmisi 6 kecepatan dan mesin 16 valve dengan berteknologi DOHC D-4S Boxer yang memiliki 4 silinder dengan kapasitas hampir 2000 cc (lebih tepatnya 1998 cc).

Dengan mesin yang sedemikian rupa, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 147 PS pada torsi 7000 RPM. pada bagian torsi maksimal dari mobil ini bisa mencapai 6600 RPM. Selain itu Toyota FT 86 mampu berakselerasi dengan cepat, dan sangat efisien dalam pemakaian konsumsi bahan bakarnya. Jadi kalian bisa menggeber mobil sekencang mungkin, tanpa terlalu risau dengan konsumsi bahan bakar yang boros.


Suspensi dan Kaki-kaki
Faktor kenyamanan juga bagian penting dalam sebuah mobil sport. Karena percuma jika kalian menggeber mobil sport sekencang mungkin, tapi merasa tidak nyaman ketika menginjak pedal gas semakin dalam. Dengan diterapkannya suspensi bertipe McPherson Strut untuk bagian depan dan Double Wishbone untuk bagian belakang akan membuat mobil ini stabil ketika berakselerasi tinggi di jalan. 

Selanjutnya pada sistem pengereman, Toyota FT 86 ini dilengkapi disc brake untuk masing-masing roda. Dan pada masing-masing roda telah disematkan velg 16 inch dengan desain yang cukup menarik. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli beberapa velg custom pengganti.

Fitur Keselamatan Berkendara

Seperti standar mobil sport lainnya, Toyota FT 86 ini telah dilengkapi dengan air bag untuk masing-masing penumpang, mulai dari sisi depan yang terletak di dashboard dan juga sisi samping. Selain itu, sistem sabuk pengaman telah menerapkan teknologi force limiter yang membuat posisi duduk semakin aman ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Share:

12 April 2019

Berkencan melalui Aplikasi Chat Dewasa


Banyak hal bisa dilakukan dengan bantuan internet. Jaringan maya ini banyak membantu berbagai aktivitas manusia, termasuk juga dalam hal mencari pasangan. Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk menemukan pasangan yang sesuai dengan keinginan. Kencan online bukan hal baru lagi, banyak yang bisa menjalin hubungan hingga tahap serius yang di perantarai oleh perkenalan di dunia maya. Bahkan ada juga yang sukses mendapatkan jodoh dari negara yang berbeda. Saat ini aplikasi chat dewasa semacam ini tidak hanya bisa di lakukan melalui pc, karena sudah ada aplikasi chat dewasa yang bisa di dowload dari smartphone anda. Semakin mudah bukan, anda tidak harus meluangkan waktu untuk duduk didepan komputer ketika melakukan kencan online, bisa dimanapun kapanpun asalkan punya ponsel pintar dan kuota. Terdapat banyak pilihan aplikasi chat dewasa yang bisa anda gunakan. Pilihlah salah satu yang menurut anda cocok, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi chat dewasa yang bisa anda gunakan

1. omeTV
Perlu diketahui ini bukan channel tv ya, namun nama aplikasi chat dewasa. Anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi lawan jenis yang bisa diajak ngobrol dan juga video call, jika cocok bisa juga dijadikan pasangan. Menariknya anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu ketika menggunakan aplikasi ini. Tinggal tekan start kemudian ome tv akan otomatis mencarikan pasangan untuk chatting dan juga video call. Bisa dikatakan bahwa ome tv ini adalah aplikasi chat dewasa yang random. Ketika percakapan di rasa nyambung, dan dua belah pihak mulai tertarik satu sama lain, maka bisa di lanjutkan pada percakapan via wa. Tata cara penggunaannya cukup simple dan sederhana bukan. 

2. camsurf

Penggunannya kurang lebih sama dengan ome tv. Anda akan mendapatkan sensasi berdebar-debar ketika sistem mulai mencarikan pasangan untuk di ajak ngobrol atau video call, karena ketika awal menggunakan aplikasi ini anda tidak mengetahui seperti apa lawan bicara anda. Berbeda dengan ometv yang memungkinkan anda bertemu dengan semua orang di suluruh dunia secara acak, camsurf telah memiliki algoritma khusus sehingga memungkinkan anda lebih sering bertemu dengan orang yang berasal dari negara yang sama. Positifnya anda tidak akan terkendala dengan masalah bahasa, komunikasi akan berjalan lancar tinggal menyesuaikan dengan chemistry yang dibentu jika cocok maka bisa dilanjutkan dengan komunikasi melalui media chatting yang lebih pribadi lainnya. 

3. moovz

Aplikasi chat dewasa ini memungkinkan anda juga melakukan panggilan video. Cara kerjanya hampir sama dengan kebanyakan aplikasi chat dewasa lainnya. Anda diminta untuk mendaftar terlebih dahulu untuk memberikan informasi dan data diri yang selanjutnya di jadikan pedoman bagi sistem untuk mencarikan pasangan untuk anda. Moovs sudah di gunakan lebih dari satu juta pengguna yang terseebar di seluruh dunia. Sehingga ada kemungkinan anda bisa mendapatkan teman catting atau video call berasal dari luar negeri. Selain bertujuan untuk mendapatkan teman kencan, moovz juga  bisa di gunakan untuk mencari teman dan memperluas jaringan pertemanan, ketika cinta masih belum bisa di dapat, tidak ada salahnya untuk menjalin persahabatan bukan

Demikian beberapa aplikasi chat dewasa yang bisa anda gunakan untuk mencari pasangan melalui internet. Dengan bantuan aplikasi ini bisa membantu para jomblo untuk segera mengakhiri masa lajangnya. Hindari menggunakan foto palsu dan juga data-data yang tidak valid, selain menipu juga dapat merugikan diri sendiri karena hubungan yang telah di bina bisa seketika hancur ketika lawan bicara tau anda telah membohonginya.
Share:

8 April 2019

Cerita Perjalanan Menuju Pantai Kolbano, Timor Tengah Selatan


Bisa dibilang perjalanan kali ini ke Pantai Kolbano tuh tanpa perencanaan jauh jauh hari, pasalnya ide untuk ke pantai kolbano ini muncul H-1, dan itupun diajak oleh temen. Bilangnya sih dia mau ke pantai kolbano rame rame bareng keluarga temen nya yang kebetulan aku pun kenal ama mereka. Langsung aku iyakan donk ajakan itu, berhubung lokasi pantai itu jauh dari pusat kota kupang, khan lumayan tuh jadi ada banyak temen.

Eh tapi, sekonyong konyong dapet kabar gak enak pas malem nya, temenku ngabarin kalau rencana perjalanan ke pantai kolbano DIBATALKAN alias gak jadi, huhuhuhu.

Padahal udah ngasih tahu ke si Bungsu bahwa besok pagi bakal jalan jalan ke pantai, terus udah beli jajan serta kopi kopian buat ngusir ngantuk selama perjalanan. Akhirnya daripada itu semua sia sia, kita pun sepakat untuk tetap berangkat tanpa mereka, haha. Entahlah, pokoknya modal nekat dan tentu saja modal Google Maps.


Rabu pagi (tanggal merah libur Isra' Mi'raj) kita berangkat dari Rumah (kupang) berempat menuju Kolbano menggunakan kendaraan roda 4, dalam kondisi sudah sarapan dan tentu saja sudah meneguk segelas kopi hitam. Untuk menghindarai masalah di peta karena hilang sinyal, akupun sudah mendownload rute nya ke HP, jadi bisa dijalankan secara offline tanpa sinyal.

Pagi ini, kondisi jalan bisa dibilang lancar, kondisi persneling kendaraan lebih sering di gigi 4. Aku berusaha untuk ngebut karena memang jaraknya yang jauh, kulihat di google maps, perkiraan perjalanan dari kupang ke kolbano selama 3 jam 16 menit.

Perjalanan mulai menarik saat jalur yang kita lalui menanjak dan berkelak kelok, bila kita lihat di peta, jalur ini mempunyai nama yang menggelitik, yaitu Jalan Oesao - Bokong, haha aku bilang menggelitik karena dalam bahasa jawa, bokong itu artinya Pantat, sedangkan di sini bokong adalah nama daerah. Nah biar lebih menggelitik, aku sengaja berhenti di depan salah satu sekolah, dan berfoto disni.


Jalur ini mengingatkanku akan jalur ke Pusuk, naik, penuh tikungan dan membelah hutan, cuman bedanya di sini lebih panjang dan jalan nya sedikit lebih lebar. Kendaraan yang sering ditemui disini adalah truk dan angkutan antar kota. Oia, buat kamu yang suka ama air terjun, di hutan ini ada satu air terjun yang bisa dikunjungi, yaitu Air Terjun Oesusu. Pintu gerbangnya langsung terlihat dari jalur ini. Selain itu ada juga Taman Wisata Alam Camplong, tapi karena perjalanan masih jauh dan takutnya pulang kesorean, kita enggak mampir di kedua tempat ini.

Titik berikutnya yang menjadi pertanda (ancer ancer) adalah jembatan panjang bernama Jembatan Noelmina yang membentang di atas sungai yang dari atas terlihat jelas berwarna putih susu, yang berwarna putih disini bukan airnya ya melainkan tanah nya. Nah setelah melewati jembatan panjang ini, secara resmi kita sudah memasuki wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), yang ditandai dengan sebuah tugu.


Beberapa meter setelah tugu ini ada pertigaan yang pagi ini terlihat ramai, karena setiap angkutan yang lewat pasti akan berhenti di sini, beberapa orang terlihat keluar dan masuk angkutan. Bila kita ambil jalan yang lurus, kita akan sampai ke Soe, sedangkan kalau mau ke Pantai Kolbano, kita harus mengarahkan kendaraan ke kanan.

Sesuai dengan nama daerah nya "Batu Putih" sepanjang jalur ini terlihat putih putih, baik itu tebing maupun tanah di pinggiran sungai. Tapi daerah sekitar sini tetap terlihat subur lho, pepohonan ijo ijo banyak di sini.

Landscape berikutnya yang sering terlihat adalah sawah, beneran deh, banyak sawah di sini ternyata, dan pas lewat sini , kondisi sawah nya sedang ijo ijo nya. Rumah rumah tradisional mulai banyak terlihat, aku bilang tradisional karena terbuat dari kayu dan beratap semacam daun/rumbia. Pohon pohon enau pun juga banyak terlihat, bahkan sampai ke tengah sawah pun ada pohon enau nya, heuheuheu.


Jalan lurus bisa dibilang sebuah bonus dalam perjalanan ini, dan untungnya ada lho, haha. Ada sekitar 3 km lebih panjang nya, nama jalan ini adalah Jalan Amanuban  yang masuk daerah Bena. Jalan ini benar benar lurus, dengan kanan kiri sawah yang sangat luas, sejauh mata memandang isinya sawaaaah semua


Di sisa perjalanan menuju Pantai Kolbano, justru malah semakin banyak pemukiman, dengan hewan hewan ternak nya yang dibiarkan bebas mencari makan sendiri, sebut saja ada anjing, kambing, sapi, dan babi. Nah babi ini lho yang bikin serem, bukan karena apa apa ya, dia tuh suka nyebrang jalan sembarangan gitu, heuheuheu, harus hati hati dah. Udah besar, item, tiba tiba lewat, hiiiii ngeri.

Hingga akhirnya setelah 3 jam lebih berlalu, kita sampai juga di pantai kolbano, garis pantai kolbano ini lumayan panjang, tapi ada satu spot utama yang biasa dijadikan tujuan para wisatawan yaitu yang berada di sebelah batu kepala, di sebut batu kepala karena dari sisi tertentu, bentuk batu besar ini mirip kepala manusia.

Pantai kolbano ini letaknya persis di sebelah jalur utama yang kita lewati tadi, pantainya pun kelihatan dari jalan. Tidak ada portal dan tiket untuk bisa masuk ke area ini, tinggal masuk aja dan parkir di tempat yang telah disediakan.

Aku lihat ada beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan secara gratis, namun sayang saat sampai sini, semuanya sudah penuh, sehingga kita memanfaatkan ruangan kosong di belakang mobil untuk duduk duduk dan makan siang, yuph kita sampai ke pantai ini memang sudah memasuki jam makan siang, heuheuheu nyetir nonstop 3 jam lebih dengan jalur seperti tadi itu ternyata bikin laper ya.




Suasana makan siang kali ini sungguh luar biasa, ditemani pemandangan pantai kolbano dengan ombaknya yang lembut, batu kepala berukuran besar di arah depan kanan serta perahu nelayan yang parkir asyik di sebelah nya. Oia orang orang di gazebo depan ini juga sedang makan siang rupanya, ada yang lokal juga ada yang bule, mereka sampai sini dengan menyewa taksi konvensional dari kota kupang. Uniknya mereka membawa nasi putih langsung bersama magic jar nya, hahaha bukan ditempatkan di tempat makan/tupperware seperti kita ini. Yaaa mungkin biar tetep anget pas sampai sini.

Setelah perut kenyang, aku mengajak si bungsu untuk berjalan mendekat ke arah garis pantai. Oia, satu hal yang membuat aku tertarik dan rela untuk jauh jauh kesini adalah batu nya, yuph, di pantai kolbano ini bisa dibilang tidak ada pasirnya, melainkan berisi batu batu warna warni, ada yang putih, merah, pink, dan coklat. Unik banget deh, baru kali ini aku melihat pantai yang isinya batu batu warna warni kaya gini.

Saat asyik fotoan, tiba tiba datang seorang anak kecil (masih SD) dengan ramah menawarkan jasa foto, tapi anehnya dia tidak membawa kamera, melainkan menggunakan kameraku, Jadi maksudnya dia bisa bantu para wisatawan untuk foto menggunakan kamera apapun yang dibawa. Nah kebetulan kali ini aku cuma membawa kamera hape di tangan, sedangkan kamera beneran nya ada di mobil, males buat ambil itu kamera, akhirnya aku meng iyakan tawaran nya menggunakan kamera hape saja.


Enggak cuma asal jepret lho, dia bisa mengarahkan gaya foto nya lho, banyak pula, bukan cuma 1 atau dua, yang pertama adalah gaya biasa, aku lagi menggendong si bungsu di dekat kapal. Terus dia meminta aku untuk menunjuk menggunakan jari telunjuk ke arah yang dia inginkan, dia pun menyesuaikan arah angle foto sehingga jari ku ini pas di mulut batu kepala. Gaya yang lain adalah, aku diminta untuk memegang batu, dan mengarahkan ke arah yang sama seperti saat pake jari telunjuk tadi, hasilnya, aku seperti sedang menyuap batu ke mulut batu raksasa, haha.

Tidak sampai berhenti di situ, gaya berikutnya aku disuruh lompat, aku disuruh bergaya melempar batu batu kecil, bergaya di perahu, dan yang paling epic, dia menggunakan fitur panorama di kamera, jadi hasilnya dalam satu frame panjang, ada dua wujud diriku.


Setelah puas foto foto, akupun bertanya ke dia tentang berapa yang harus aku bayar, eh ternyata dia bilang terserah aku aja, seikhlasnya gitu. Terus kutanya mau buat apa uang nya, dia jawab untuk beli buku, yasudah akhirnya kuberi uang 20 ribu rupiah (aku rasa sih cukup lah ya), setelah kuberi, kutanya lagi, apakah kurang uangnya, eh dia jawab enggak. Haha, gak lupa aku bilang terima kasih ke dia, lalu dia pergi ke arah teman teman nya berkumpul, yang pastinya sih teman teman nya itu juga sama sama menawarkan jasa foto ke wisatawan.

Bisa dibilang, kita tidak lama di pantai ini, karena kondisi si bungsu yang lagi badmood, dikarenakan muntah/mabok darat saat di perjalanan tadi, yaaa maklum lah, lha jalannya belok belok naik turun gitu. Jadi enggak semangat main di pantai dia, padahal kondisi pantai sedang agak mendung lho, enggak terik banget.

Yah, daripada dia makin rewel dan nangis, kita pun segera berkemas dan beranjak dari pantai kolbano ini, nah saat akan keluar dari area pantai ini, ada satu lelaki yang mendekat dan meminta biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah, heuheuheu kirain tadi gratis, eh ternyata bayar toh, ya gak papa sih, aku bayar dengan ikhlas, meskipun gak ada tiket kertas nya, itung itung bagi bagi rejeki lah

.
Share:

1 April 2019

Bendungan Tilong : Hasil Kerjasama Indonesia Jepang


Habis belanja dan nemenin si kecil main di Transmart, kita berhenti sejenak di tengah perjalanan pulang ke rumah. Rasanya masih ragu dan nanggung, sore gini mau langsung pulang, padahal cuaca lagi cerah cerahnya lho. Nah di pemberhentian itu, aku nyari nyari di mbah gugel, tempat apa sih di sekitar Kupang yang bisa didatangi sore sore gini, yang jelas pokoknya bukan tempat makan, karena kita baru aja makan di Solaria Transmart Kupang.

Hingga akhirnya aku inget ada sebuah bendungan yang gak terlalu jauh dari pusat kota kupang, yuhuuu namanya Bendungan Tilong (ati dicolong). Lokasi tepatnya? Monggo silakan lihat di peta ini :


FYI : Pembangunan Bendungan Tilong dilaksanakan tahun 1998, selesai pada tahun 2001, lokasinya di Desa Oel Nasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Luas areal irigasi yang dialiri oleh Bendungan Tilong seluas 1.484 ha yang terdiri dari areal eksisting sebesar 540 ha dan areal pengembangan sebesar 9393 ha, dan untuk melayani kebutuhan air baku untuk air bersih Kota Kupang dan sekitarnya sebesar 150 liter per detik dan penduduk sekitar bendungan 2,50 liter/detik. 

Tipe Bendungan Tilong adalah urugan batu dengan inti tanah ditengah dengan elevasi minimum + 105,20 m, elevasi mercu minimum + 106,00 m, dan volume timbunan 422.000 m3. Pelaksana pembangunan Bendungan Tilong oleh PT. Waskita Karya dan pembangunan jaringan irigasi oleh PT. Hutama Karya. 

Bendungan Tilong merupakan infrastruktur sumber daya air yang dibangun oleh Direktorat Jenderal SDA melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II dan salah satu upaya untuk menampung air hujan ketika curah hujan di NTT tinggi dan aliran permukaan Sungai Tilong sebagai sumber air utama untuk suplesi dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. 

Untuk pembangunan jaringan air baku Tilong dan jaringan irigasi Tilong pelakanaan pembangunannya dimulai pada tahun 1999 dan selesai ditahun 2001. 

Jarak bendungan ini dari kota kupang sebenernya enggak terlalu jauh ya, tapi jalan menuju kesana nya itu lho, sebagian besar rusak. Kerusakan ini mulai terjadi setelah kita keluar dari Jalan Timor Raya menuju desa oelnasi. Jalan tanah berbatu berlubang sana sini menyambut kita dengan hangatm haha. Habis jalan tanah ini, jalanan berubah menjadi aspal berlubang, tapi dalam kondisi menanjak, awiiii, penuh perjuangan, apalagi kalau ada kendaraan roda 4 dari depan, hmmmm harus gantian lewat dah, salah satu harus mengalah. Saat menjumpai jalan aspal mulus, huaaah rasanya tuh kaya dapat bonus gitu. Bahagiaa.... Yang aku takutkan sih satu, ban bocor, maklum ini ban nya sudah pada mulai mulus. '


Alhamdulilah kita bisa selamat sampai lokasi bendungan, ada gerbang besar bertuliskan Bandungan Tilong, dan kemudian ada portal yang udah dalam kondisi terbuka, awalnya kita ragu masuk karena ada tulisan "Selain Kendaraan Petugas Dilarang Masuk". Tapi kulihat di spion ada beberapa kendaraan yang mau masuk juga, ya sudah kita nekat masuk aja, haha

Sebelum benar benar sampai di bendungan nya, aku berhenti dulu, menepikan kendaraan untuk sekedar mengambil foto, karena view di sini bagusss, ijoooo . Untungnya lagi musim penghujan ya, coba musim kemarau, pasti coklat nih view nya



Ternyata di bandungannya rame banget, isinya anak anak muda yang lagi nongkrong sore dengan membawa motor motor kesayangannya, sesekali di antara mereka ada yang memacu kendaraannya dengan kecepatan penuh di atas bendungan, ada pula yang jumping jumping, hmmm ternyata jalanan aspal mulus di atas bendungan ini dijadikan arena memacu adrenalin bagi anak anak muda sekitar sini. Harap maklum cuma di sini ada aspal mulus lurus dan lebar, heuheuheu

Sedangkan di bagian bawah terlihat beberapa lelaki paruh baya yang sedang asyik memancing. Aku pun menelusuri dari ujung ke ujung bendungan mencari spot menarik untuk foto foto. Ahh sore ini cuaca cerah sekali. bagus buat foto, cuman agak kesorean nih, matahari udah terlanjur tertutup bukit.

Di arah paling ujung bendungan aku melihat sebuah bangunan tugu yang disitu terdapat gambar bendera Indonesia dan Bendera Jepang, sedangkan di bawah nya terdapat tulisan yang menginformasikan bahwa Bendungan ini diresmikan tanggal 19 Mei 2002 oleh Presiden Megawati. Nah sedangkan di balik bangunan ini ada lambang Waskita dan Nippon Koei.



Info di bangunan ini sekaligus melengkapi informasi yang aku baca di http://sda.pu.go.id (yang kutipannya tertulis di atas) Hmmm kenapa ya di website itu tadi tidak dituliskan tanggal peresmian dan tidak disinggung pula mengenai keterlibatan Jepang dalam pembangunan Bendungan ini ya. Kebetulan saat itu terdapat dua bapak bapak yang sedang nongkrong di dekat bangunan ini, aku pun bertanya mengenai keberadaan bendera jepang di sini, bapak itu menjawab bahwa bendungan ini dibangun dengan kerjasama Indonesia Jepang, tapi mengenai bentuk kerjasamanya seperti apa, beliau kurang tahu.


Masih menurut info dari bapak tadi, bendungan ini adalah bendungan tadah hujan, jadi menampung air hujan dan mengalirkan/mendistribusikan ke warga sekitar melalui jalur irigasi yang sudah dibuat. Namun Untuk saat ini, debit air bisa dibilang sedikit/kurang. "Biasanya sih sampai situ Bang airnya" kata dia sambil nunjuk bekas ketinggian air  di dinding bendungan.


Share:

23 March 2019

The Cana Chapel di Subasuka Paradise

Menurut Wikipedia, Kapel (bahasa Inggris: Chapel) adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk persekutuan dan ibadah bagi orang Kristen. Bangunan kapel mungkin saja dibangun melekat pada lembaga lainnya, seperti gereja besar, perguruan tinggi, rumah sakit, istana, penjara, atau pemakaman; atau mungkin juga berdiri sama sekali terpisah dari bangunan lainnya, kadang-kadang dengan areal tanahnya sendiri. Sampai dengan masa Reformasi Protestan, sebuah kapel adalah lokasi tempat ibadah sekunder yang bukan merupakan tanggung jawab utama dari pastor paroki setempat, atau bisa juga merupakan milik individual atau lembaga tertentu. Mayoritas gereja-gereja berukuran besar memiliki satu atau lebih altar sekunder, yang bilamana menempati ruang yang terpisah, sering juga disebut sebagai kapel. 

Nah di jaman sekarang ini, Chapel banyak dimanfaatkan untuk pemberkatan pernikahan, baik itu di luar maupun di dalam negeri. Contohnya di Bali tuh, lumayan banyak Chapel yang disewakan untuk acara pernikahan, dengan tentu saja sajian pemandangan yang aduhai, baik itu ijo bukit maupun pantai. 


Seperti halnya di Kota Kupang ini, ada Chapel juga ternyata, letaknya di area Subasuka Paradise, Jalan Timor Raya, Kupang.

Kita ke chapel ini bukan mau ngadain pesta penikahan atau mau kondangan sih, tapi mau makan di resto Subasuka Paradise, dan sekalian juga mau sunsetan dan foto foto di sekitar Chapel ini.


di sini Ada beberapa pilihan lokasi yang bisa dipakai untuk makan, bisa pilih di gazebo dangan view laut, bisa di tengah area rerumputan, bisa juga pilih di sebelah dalam, dekat dengan kasir.

Awalnya kita ambil tempat di salah satu gazebo yang ada, asyik banget disini, pemandangannya cantik, gazebo ini lokasinya semacam di atas tebing yang berbatasan langsung dengan laut gitu, cocok banget dah buat sunsetan nanti, kita udah pilih pilih makanan nih, tinggal nunggu makanan dateng. 


Tapi akhirnya kita menyerah, gak betah disni, sebabnya kenapa coba? Haha, gara garanya di dekat gazebo ini ada sound system segede gaban yang lagi muter lagu ajeb ajeb gitu, dengan volume maksimal... Huaaaaa, niatnya sih kayaknya mau menghibur pengunjung, tapi failed dah , gagal total. Suaranya campur aduk ama suara angin dan ombak, dan kita pun enggak bisa ngobrol, terlalu berisik.

Hingga akhirnya kita pindah tempat duduk ke bagian dalam, yang dekat kasir, lumayan jauh dari sound system tadi, yaaa meskipun masih kedengeran sih suaranya, tapi setidaknya enggak sekeras tadi, dan kita masih bisa ngobrol ngobrol.



Enggak beberapa lama kita pindah tempat duduk, pesenan makanan pun datang. Jujur sih aku enggak tahu tadi tuh pesen makanan apa aja, karena temen temen yang pesen, sedangkan tadi pas lagi pada pesen, aku lagi sibuk kesana kemari foto foto, heuheuheu. Dan inilah penampakan sebagian pesenan makanan kita.





Menu makanan yang disajikan di sini didominasi menu olahan perairan, seperti udang, ikan, kepiting, cumi cumi dll. Dari segi rasa sih enak ya, standar resto lah, tapi enggak bikin ngerasa "wow" gitu, belum masuk kategori "special". 

Yang juara di sini sih suasana dan pemandangan nya deh. Adem, nyaman, sepoi sepoi, ijo, bersih, dan luas, coba gak ada musik musikan yang super keras itu, beuh nyaman banget dah. Sebenernya udah cukup kok iringan suara ombak dan angin pantai, orang orang nyari tempat makan yang di tepi pantai ya salah satunya nyari suasanya itu. Ah sudahlah, haha, untung ini gratis gegara traktiran temen yang lagi ulang tahun.

***

Peta Lokasi The Cana Chapel, Subasuka Paradise Kupang



.
Share:

17 March 2019

Ternyata Inilah Beberapa Manfaat Yoga Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh


Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada jenis olahraga yang bernama yoga? Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan jenis olahraga ringan yang satu ini, terutama untuk kaum wanita. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa kegiatan olahraga yoga ini banyak dilakukan oleh kaum wanita. Itu sebabnya, mengapa kegiatan yoga ini selalu di identikan dengan olahraganya kaum wanita. Meski demikian, tak sedikit juga kaum pria yang melakukan kegiatan olahraga yoga tersebut. Apalagi yoga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran jika olahraga yoga semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakatnya. Selain manfaat yoga yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh, olahraga yoga juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan, kegiatan yoga ini hanya membutuhkan gerakan yang simple saja lho. 

Kegiatan yoga itu sendiri berasal dari Negara India, yang memang sudah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu. Kata yoga ini dikutip dari bahasa Sansekerta yaitu “Yuj”, yang memiliki arti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas. Selain melibatkan unsur gerakan dan pernafasan, kegiatan yoga juga melibatkan unsur musik, dimana music tersebut diyakini dapat meningkatkan tenaga dalam yang ada pada bagian bawah tulang belakang. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai beberapa manfaat yang luar biasa dari yoga. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Mampu Mengurangi Asma
Manfaat pertama yang harus anda ketahui dari yoga untuk kesehatan tubuh, yakni dapat mengurangi asma. Mengapa bisa demikian? Sebab, olahraga yoga ini melibatkan teknik pernafasan yang dapat memberikan efek bagus untuk system pernafasan. 

2. Mengolah Kekuatan Tubuh
Mungkin kita sudah mengetahui dengan manfaat yang satu ini dari yoga. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa salah satu manfaat dari yoga itu dapat mengolah kekuatan tubuh. Akan tetapi, anda harus melakukan gerakkan yoganya dengan tepat dan benar.
3. Dapat Membuat Pikiran Menjadi Tenang
Disamping dapat meningkatkan kekuatan tubuh, olahraga yoga juga sudah terbukti ampuh dalam membuat pikiran menjadi tenang lho. Ya, terang saja demikian, soalnya kegiatan yoga ini mengusung teknik meditasi, penyatuan jiwa, dan musik.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Berdasarkan dari hasil penelitian, orang-orang yang selalu melakukan yoga itu memiliki kualitas tidur yang baik. Nah, apabila anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik, maka lakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur. 

5. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Manfaat berikutnya dari kegiatan olahraga yoga yang harus anda ketahui, yakni dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Ya, hal ini dikarenakan yoga terfokuskan pada pergerakkan tubuh dan kekuatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran jika seseorang yang sering melakukan yoga memiliki kelenturan tubuh yang sangat baik. Tak hanya sampai disitu saja, kegiatan yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan kekuatan tubuh, meningkatkan jangkauan gerak, dan sebagainya.

6. Mengatasi Sakit Punggung
Tak banyak orang yang tahu, bahwa kegiatan yoga dapat mengatasi masalah sakit di bagian punggung. Padahal, kegiatan yoga sudah terbukti ampuh dalam mengatasi punggung, bahkan hingga sakit punggung yang kronis sekalipun. 

Itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari olahraga yoga yang akan anda dapatkan, dan anda pun harus mulai mencobanya.

Share:

16 March 2019

Nyore di Bukit Cinta Kupang

Ada sebuah lahan luas di dekat Bandara El Tari Kupang, yang selalu ramai saat sore hari. Lahan ini berbentuk semacam bukit dengan rumput hijau dan beberapa pohon yang letaknya berjauhan. Sering banget aku lewat jalanan dekat sini, pengen mampir tapi selalu gak jadi jadi


Bukit ini bernama "Bukit Cinta", entah kenapa dinamai bukit cinta ya, mungkin karena sering dimanfaatkan untuk memadu cinta ya, haha. Nah di weekend kemaren tuh sebenernya aku enggak niat untuk kesini, cuma mau nongkrong ngopi sore aja di Waroenk. Tapi setelah nongkrong, sekitar jam 5 sore, kita bingung juga nih mau kemana, mau pulang kok nanggung, mau sunsetan tapi bosen ke pantai. Hingga akhirnya aku inget ada bukit ciamik di dekat bandara. Ya sudah kita pun langsung meluncur ke Bukit Cinta itu.

Ada beberapa jalur masuk ke Bukit Cinta ini, bisa kalian lihat di peta di bawah ini :

.
Jalur berwarna putih yang menuju ke tengah bukit itu adalah jalur jalur yang bisa dilalui, nah kalau kita lewat jalur yang dekat bunderan bandara (kiri bawah). Jalan masuk ini kecil, seukuran 1 mobil, berupa jalan tanah berbatu kecil, mobil bisa masuk sih, tapi enggak bisa simpangan lawan arah.

Lebih enakna sih ke sini naik motor, bisa lewat jalur mana aja, dan tembus mana aja, sedangkan kita kebetulan pake roda 4, jadi dari pintu masuk tadi mobil cuma bisa sampai di sebuah bangunan tua tak terpakai yang di situ tanahnya lumayan lapang untuk parkir (gak bisa tembus ke jalur yang lain, kecuali naik motor).

penampakan bangunan tua di tengah bukit cinta (sumber Google Street View)

By the way aku dapet gambar itu dari google street view loh, wuah berarti mobil google yang ada kameranya udah pernah sampai sini nih, haha, tapi view nya cuma sampai bangunan ini aja, gak lanjut, mentok dah, karena memang gak bisa dilanjutkan pakai mobil.

Saat kita sampai sini, ada beberapa motor yang diparkir di deket bangunan tua ini. Kuintip intip , oh ternyata lagi ada beberapa orang di dalam bangunan itu, lelaki dan perempuan. Yang laki laki pada pegang kamera sedangkan yang perempuan seperti sedang persiapan kostum. Sepertinya sih mau foto foto, entah foto apa, kita gak peduli. Haha

Dari tanah yang lapang ini, kita berjalan ke arah kiri. Menuju ke arah satu pohon yang terlihat kesepian, sendirian. Disitu sudah terdapat dua laki laki dan dua perempuan, lagi foto foto, yang dua perempuan itu pakai kain tenun NTT untuk menutup bagian atas tubuh nya, sesekali terlihat bagian dalam nya saat berganti pose, hmmm jadi merusak konsentrasi aja nih. Aku sih langsung kepikiran, kok mau ya difoto foto pakai kain gitu di tempat sepi , penuh ilalang, opo yo ora gatel yo? Heuheuheu. Iki model profesional opo model modelan instagram yo...


Dari tempatku berdiri ini view nya laut dan matahari, jadi ini menghadap barat ternyata. Di arah barat sih cerah ya, tapi sedikit serong ke kanan, arah barat laut, langit hitam tebal dan kilat terlihat menyambar nyambar, ngeri sekaligus keren banget dilihat. Kucoba videoin, dan dapet kilatan petirnya. Ini nih capturan video nya :


Sebelum awan hitam tebal pekat itu mendekat dan tentu saja petirnya menyambar sampai sini, kita pun buru buru cabut dari bukit cinta ini. Di sepanjang jalur menuju pintu keluar, banyak motor di jalur ini, karena sempit, pemilik motor pun harus sedikit menggeser motor ke pinggir agar kita bisa lewat :)

Nah buat kalian yang mau hunting lokasi sunset di sekitar Kupang, boleh lah mampir ke Bukit Cinta ini, kalau bisa sih pas musim penghujan gini biar view nya ijo seger, tapi kalau memang mau mencari view coklat gersang ya datang aja pas musim kemarau.


Share:

9 March 2019

Nikmatnya Mie Se'i Sapi Warung Kontainer

Menurut Wikipedia, Kontainer (Container) adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal petikemas laut.


Nah saat ini banyak tuh tempat makan yang dibuat dari kontainer/peti kemas yang dimodifikasi sedemikian rupa dan di desain dengan apik sehingga nyaman untuk tempat nongkrong. Tapi ya tentu saja proses seperti ini bakal menghabiskan banyak biaya donk ya.

Untuk mengakalinya, aku lihat banyak juga tempat makan yang berkonsep kontainer tapi sebenarnya bukan dari kontainer asli, melainkan dari lembaran atap (genteng metal) semacam Sakura Roof gitu (googling aja kalau bingung).


Di kupang ada beberapa tempat makan yang memakai konsep ini, salah satunya adalah Warung Kontainer di Jalan Frans Seda, Kupang. Dengan warna kuning terang, warung ini sangat mencolok, apalagi berada di tepi jalur menuju Bandara El Tari, Kupang.

Warung ini buka setiap hari dari pagi/siang sampai tengah malam. Awalnya sih aku gak sengaja atau enggak berniat nongkrong disni, tapi mau nongkrong di Dica Cafe, Jalan Bundaran PU Kupang, tapi pas sampe sana, eh tutup. Ya sudah langsung buka google maps dan cari cafe terdekat dari sini.Dari beberapa pilihan yang disediakan ama google maps, akhirnya terpilihlah Warung Kontainer.


Sore ini warung kontainer masih terlihat sepi, hanya ada beberapa sepeda motor yang terparkir di depannya, yang kemungkinan sebagian dari motor itu adalah motor karayawan nya. Dan benar saja, pas kita masuk, baru ada 4 pelanggan yang sedang asyik mengobrol.

Ruangan warung kontainer ini terbagi dua, ada yang ruangan bebas asap rokok dan ada ruangan yang bebas untuk merokok. Tentu saja donk kita pilih ruangan yang bebas asap rokok, yang lebih nyaman dan lebih sehat, dingin pula.

Menu yang disediakan di warung kontainer ini bisa dibilang lumayan lengkap sih, ada menu berat seperti Steak, Ayam Betutu, Ayam Lalapan, Nasi Goreng dll sampai menu ringan seperti Kentang Goreng, Roti Bakar, Pisang Goreng, dll.

Setelah kubolak balik buku menu, akhirnya terpilihlah menu Sapi Kecak, yang di keterangan nya sih tertulis Se'i Sapi Sambal Matah. Untuk karbo nya bisa dipilih Nasi atau Mie. Karena aku lagi gak laper laper banget, aku pilih Mie aja. Dan tersajilah menu Mie Sei Sapi Sambal Matah :


FYI, Se'i adalah makanan khas NTT, tepatnya sih dulu asalnya dari Pulau Rote, tapi sekarang sudah ada di mana mana di segala penjuru NTT terutama di Kota Kupang. Umumnya sih kuliner Se'i ini menggunakan daging babi, tapi agar halal, dipakailah Daging Sapi. Wujudnya seperti di gambar di atas ini. Enak lho, kering kering lembut gitu. Cocok lah dicampur di Mie Kuah. Recommended menu ini.


Sedangkan seorang wanita di sebelahku ini pesen Ayam Betutu. Seperti yang terlihat di foto, satu porsi ayam betutu terdiri dari nasi putih, ayam, sambal, kuah dan potongan mentimun. Aku sih coba icip dikit, kangen juga nih ama menu betutu, terakhir makan ayam betutu sekitar beberapa tahun lalu di Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Bali. Ayamnya empuk, kuahnya gurih, tapi rasa nya masih malu malu, kurang berani rempah nya, beda banget ama yang pernah kucobain di Bali. Tapi untungnya ketutup ama sambelnya yang juaraaaa, enak banget pake nasi anget.

***

Lokasi Warung Kontainer, Kupang



.
Share:

2 March 2019

Festival Sarung dan Musik NTT 2019

Sarung dan tenun ikat merupakan salah satu produk kebudayaan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk lebih memperkenalkan warisan budaya ini, digelarlah Festival Sarung dan Musik NTT di Kota Kupang, NTT, Hari Sabtu, tanggal 2 Maret 2019. Tepatnya di Jalan El Tari, yang memang di setiap Sabtu Pagi, sepanjang jalan ini dimanfaatkan untuk event Car Free Day (CFD).


Dalam acara yang diprakarsai oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTT, Julie Sutrisno Laiskodat (Istri Gubernur NTT), ditampilkan tenun ikat hasil kreasi perempuan di seluruh pelosok Flobamora, yakni Pulau Flores, Sumba, Timor dan Alor. Tujuannya sih untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya penenun, juga untuk membangkitkan kebanggaan di kalangan generasi muda dan kaum milenial terhadap kain sarung NTT.

Festival yang digelar di ajang bebas kendaraan (CFD) mulai pukul 06.00 - 10.00 WITA ini diikuti sekitar 10.000 peserta. Acara juga dimeriahkan oleh 1.800 pelajar yang membawakan tarian masal daerah, seperti Gawi, Dolo-dolo Jai dan Tebe. Yang unik dari acara ini, peserta diwajibkan berbusana kaus putih dan sarung bahan tenun ikat asli NTT.


Peserta akan dibagi ke empat lokasi di sepanjang Jalan El Tari dengan perincian, sebanyak 4.975 peserta di Depan Gedung Sasando Kantor Gubenur, lalu 1.685 peserta di depan Pengadilan Tinggi NTT, sebanyak 2.100 peserta di depan rumah jabatan Gubernur NTT, dan sebanyak 2.120 peserta di depan rumah jabatan Kejati NTT. Di setiap lokasi akan digelar berbagai hiburan. 

Selain musik dan tarian, festival ini juga menampilkan makanan-makanan khas yang berbasis kelor, ada Teh Kelor, Perkedel Kelor, Bakso Kelor, Pentol Kelor, Es Krim Kelor, Es Buah Kelor, Coklat Kelor dll.

Dari keempat lokasi yang ada di sepanjang jalan el tari, aku memilih yang di depan rumah jabatan Gubernur NTT, karena di spot ini ada Fashion Show berbagai kain khas NTT yang diperagakan oleh model model aduhai NTT seperti Jenni, Rivani, Putri Tanjung, Breldy, Esther dll










Aku harap sih acara ini bisa jadi acara tahunan ya di Kupang, sumpah rame banget, seruuu, beda banget ama CFD biasanya yang kurang menggeliat.
Share:

Blog Archive