24 February 2020

Gamal : Bunga Sakura Tanah Timor


Tanah Timor adalah area yang eksotis, bisa ijo banget, bisa gersang banget. Setahun di Tanah Timor aku menemukan beberapa hal yang unik dan jarang ditemui di daerah lain, atau bahkan mungkin malah enggak ada.

Salah satunya adalah Bunga Gamal, menurut info yang kubaca di Wikipedia, Gamal (Gliricidia sepium) adalah nama sejenis perdu dari kerabat polong-polongan (suku Fabaceae alias Leguminosae). Sering digunakan sebagai pagar hidup atau peneduh, perdu atau pohon kecil ini merupakan salah satu jenis leguminosa multiguna yang terpenting setelah lamtoro (Leucaena leucocephala). Nama-nama lain dari Gamal ini adalah kerside, gliriside (kolokial), sliridia, liriksidia, sirida (Jw.); cebreng (Su.); kh’è: no:yz, kh’è: fàlangx (Laos (Sino-Tibetan)); bunga Jepun (Mly.); kakawate (Filipina); madre de cacao (Portugis); mata raton (Honduras); dan gliricidia, Nicaraguan coffee shade (Ingg.).

Aku melihat pertama kali bunga gamal ini saat melakukan perjalanan dari Soe ke Fatumnasi, Timor Tengah Selatan, NTT. Bunga ini banyak ditanam (sepertinya sih memang sengaja ditanam) di sepanjang jalan sebagai pagar alami yang membatasi jalan dengan tanah kosong, ada beberapa pula kulihat di halaman rumah.

Daun dari Bunga Gamal

Waktu lewat situ, aku sih pengen banget petik satu buat kenang kenangan, tapi masih ragu antara boleh atau enggak ya kalau dipetik, heuheuheu, untungnya waktu itu ada warga setempat yang baik. Saat kita berhenti untuk melihat lihat dan pegang bunga itu, eh tiba tiba datang seorang pemuda yang membawa pisau untuk membantu kita memetik bunga itu. Huaaaa akhirnya aku mendapat 2 tangkai bunga gamal ini, yang kupakai buat properti foto foto di Fatumnasi.

Kesan pertama terhadap bunga ini yaitu Cantik banget, dari kejauhan tuh mirip bunga sakura di Jepang dan mirip juga dengan Bunga Konji di tanah Sumba. Selain itu bunga ini ternyata tidak berbau lho, dan mudah sekali rontok, jadi kita harus hati hati banget saat bawa bunga ini.

SEJARAH
Bunga Gamal ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Brazil. Di daerah asalnya digunakan sebagai pelindung tanaman kakao/coklat dan dikenal dengan nama madre cacao. Oleh penjajah Eropa tanaman ini dibawa ke benua Asia dan ditanam di India dan Srilangka sebagai tanaman pelindung teh sejak tahun 1870-an.


Bunga Gamal masuk ke Indonesia melalui perusahaan perkebunan Belanda yang tertarik untuk menggunakannya sebagai tanaman pelindung di perkebunan teh di Medan pada tahun 1900-an. Namun, gamal hanya belum menyebar dan hanya ditemukan di daerah Medan saja. Pada tahun 1958 gamal ditemukan oleh Bapak R. Soetarjo Martoatmodjo. Dialah yang memberinya nama Gamal yang diambil dari nama cucunya dan sama seperti nama presiden Mesir Gamal Abdul Nasser.

Gamal atau Kemal atau jamal artinya halus. Bapak Soetarjo menafsirkan gamal sebagai unta yang sanggup menundukkan sahara di Indonesia, yaitu padang alang-alang.

Di NTT, Gamal mulai diperkenalkan oleh Menteri Perkebunan/Pertanian, Bapak Frans Seda, pada tahun 1963-1964. Oleh beliau, Gamal diartikan sebagai slogan “Ganyang Mati Alang-Alang”. Itu karena Gamal adalah tanaman multiguna yang paling banyak kedua dibudidayakan setelah lamtoro. Tanaman ini dapat digunakan untuk mereklamasi lahan yang gundul atau tanah yang ditumbuhi alang-alang rapat.


MANFAAT / KHASIAT
Gamal terutama ditanam sebagai pagar hidup, peneduh tanaman (kakao, kopi, teh), atau sebagai rambatan untuk vanili dan lada. Perakaran gamal merupakan penambat nitrogen yang baik. Tanaman ini berfungsi pula sebagai pengendali erosi dan gulma terutama alang-alang.

Bunga-bunga gamal merupakan pakan lebah yang baik, dan dapat pula dimakan setelah dimasak. Daun-daun gamal mengandung banyak protein dan mudah dicerna, sehingga cocok untuk pakan ternak, khususnya ruminansia (hewan memamah biak). Daun-daun dan rantingnya yang hijau juga dimanfaatkan sebagai mulsa atau pupuk hijau untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Gamal merupakan sumber kayu api yang baik; terbakar perlahan dan menghasilkan sedikit asap, kayu gamal memiliki nilai kalori sekitar 4900 kcal/kg. Kayu terasnya awet dan tahan rayap, dengan BJ antara 0,5- 0,8, kayu ini baik untuk membuat perabot rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, dan lain-lain.

Daun-daun, biji dan kulit batang gamal mengandung zat yang bersifat racun bagi manusia dan ternak, kecuali ruminansia. Dalam jumlah kecil, ekstrak bahan-bahan itu digunakan sebagai obat bagi berbagai penyakit kulit, rematik, sakit kepala, batuk, dan luka-luka tertentu. Ramuan bahan-bahan itu digunakan pula sebagai pestisida dan rodentisida alami (gliricidia berasal dari bahasa Latin yang berarti kurang lebih racun tikus). Di Wonogiri, irisan batang gamal direbus dalam air dan diteteskan ke mata untuk mengobati penyakit belekan.

***

Nah buat kalian yang pengen liat bunga gamal ini di Tanah Timor, datanglah sekitar bulan Juni - Agustus, karena bunga ini enggak berbunga sepanjang tahun. Selain di sekitar Soe, NTT, bunga gamal ini juga bisa ditemukan di Flores beberapa daerah di Pulau Jawa dan Nusa Penida Bali.

Referensi :

Share:

17 February 2020

Layar Sentuh : Warteg Kekinian di Jogja


Kayaknya sih nama "Layar Sentuh" ini dipake gegara filosofi warteg yang dimana konsumennya memilih makanan dengan cara menunjuk makanan di dalam kaca, seakan akan kita sentuh pilihan makanan lewat kaca dan tersajilah makanannya, heuheuheu

Warung Layar Sentuh ini berlokasi di Jalan Palem Raya, Ngaglik, Sleman, Jogja, enggak terlalu jauh sih dari pusat jogja, sekitar 7 km saja.




Kita datang ke Warung Layar Sentuh ini pas jam makan siang, dan bisa diduga suasana warung pasti ramai banget, untungnya sih masih menyisakan parkir buat kita. 

Saat masuk ke Warung ini, kita langsung disambut oleh mbak mbak pelayan, dan dipersilakan masuk untuk bebas memilih tempat duduk dimana aja. Jadi di sini ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat duduk, ada yang di dalam dekat dengan tempat makanan, ada yang di luar dekat kolam renang dan ada pula yang di dalam bangunan di sebelah kolam renang nya dengan view sawah yang lagi menghijau.




Saat sudah mendapatkan tempat duduk yang wokeee dan mantap, satu persatu dari kita menuju ke tempat pilih makanan. Bener bener seperti warteg kebanyakan dah, sayur dan lauk ditaruh dalam wadah wadah yang disusun dalam tempat berdinding kaca, jadi kita tinggal tunjuk tunjuk aja ke mbaknya mana makanan yang kita pilih. Lumayan lengkap sih ada sayur kulit melinjo, daun singkong, buncis, cumi, telur puyuh, ikan goreng, ayam goreng dll. 

Untuk harganya, tergantung kita order apa aja, saat disajikan di piring, kita langsung dikasih semacam kartu bertuliskan harga yang harus kita bayar untuk makanan kita, nanti kartu ini dibawa ke kasir untuk dibayar. Nah untuk minumannya, ternyata terpisah tempat ordernya, enggak disni. Aku sih pesen es kunir asem aja biar segeeeer. Dan nambah pesen tempe mendoan 1 porsi, jadi selain menu utama di tempat yang tadi itu, ternyata di tempat pesan makanan, ada menu menu cemilan lho, seperti tempe mendoan ini.


Dari segi rasa, ya jelas enak lah, haha, nasinya pulen, masih hangat, ditambah pemandangan yang ijo seger di depan sana, kalau dari harga, tentunya lebih mahal dibanding warteg kebanyakan ya, hmmm wajar sih, karena disini selain makanan juga menjual suasana dan pemandangan, wort it lah. Cukup lama sih kita nongkrong disni.

Sehabis menikmati sepiring nasi hangat dengan lauk ikan lele, telur puyuh, sayur kulit melinjo dan daun singkong, aku pindah tempat ke kolam, buat nemenin si kecil main air sambil ngemil tempe mendoan dan segelas es kunir asem



Perut kenyang, si kecil puas berenang, kita pun cabut dari warung ini dan lanjut jalan jalan keliling jogja. 

Gimana? Seru khan makan siang disini, apalagi kalau bawa anak kecil umuran 3 - 5 tahun, pasti seneng banget mandi mandi di kolan nya. Kita bisa nemenin mereka main air sambil makan siang. Untuk lokasi tepatnya , silakan lihat di peta di bawah ini , gampang kok rute menuju kesananya 


.


Share:

14 February 2020

Nama Anak Perempuan Terinspirasi oleh Mitos dan Legenda


Jika Anda terjebak untuk ide nama bayi perempuan anda, mengapa tidak mencari inspirasi dahulu? Inilah pilihan teratas kami untuk nama-nama mitologis dan legendaris untuk anak perempuan.

1.    Arya
Arya adalah karakter dalam seri Game of Thrones yang populer dan bisa menjadi pilihan tepat untuk putri anda. Buku-buku meminjam dari mitos Norse, Yunani, dan Romawi.

2.    Athena
Athena adalah nama yang kuat dan indah untuk seorang gadis. Dalam mitologi Yunani, Athena yang bermata kelabu adalah dewi kebijaksanaan.

3.    Bridget
Jika Anda menyukai legenda Celtic, Bridget bisa menjadi pilihan tepat untuk bayi Anda. Bridget berasal dari nama Gaelic Brighid, yang ditanggung oleh seorang dewi Celtic.

4.    Catelyn
Jika Anda seorang penggemar seri Game of Thrones, mengapa tidak mengambil inspirasi dari karakter? Catelyn Stark adalah salah satu model peran wanita terkuat akhir-akhir ini.

5.    Cassandra
Cassandra adalah nama yang cocok untuk putri mana pun! Dalam mitologi, Cassandra adalah seorang putri yang diberi karunia bernubuat.

6.    Delia
Delia adalah nama yang sangat cantik untuk gadis kecil mana pun. Nama ini diambil dari pulau Delos Yunani. Dalam mitologi Yunani, pulau itu adalah rumah Apollo.

7.    Diana
Diana mungkin memiliki hubungan dengan kerajaan yang jelas, tetapi juga memiliki akar dalam mitologi kuno. Diana adalah dewi perburuan Romawi.

8.    Flora
Jika Anda menyukai nama bunga, tetapi juga menginginkan tautan mitologis, Flora bisa menjadi nama yang sempurna untuk putri Anda. Flora berarti "bunga", dan adalah nama dewi bunga dan musim semi Romawi.

9.    Freya
Mitologi Nordik adalah sumber inspirasi bayi-nama yang luar biasa. Nama yang semakin populer Freya diberikan kepada dewi cinta Norse.

10.    Helen
Apakah Anda pikir anak Anda bisa meluncurkan seribu kapal? Lalu mengapa tidak menamainya Helen? Dalam mitologi Yunani, Helen of Troy adalah putri Zeus, yang dikaruniai keindahan luar biasa.

11.    Iris
Iris adalah nama lain yang dapat menghubungkan alam dan legenda bersama. Dalam legenda Yunani, Iris adalah dewi pelangi Yunani.

12.    Juno
Nama yang kuat dan kuat ini sangat cocok untuk gadis kecil mana pun. Dalam mitologi Romawi, Juno adalah ratu surga.

13.    Luna
Abadikan keindahan bulan dan misteri mitologi kuno dengan nama Luna. Meskipun nama itu dipopulerkan oleh Luna Lovegood dari buku-buku dan film-film Harry Potter, Luna pada awalnya adalah dewi bulan Romawi.

14.    Niamh
Penggemar mitologi Irlandia akan menyukai nama ini. Niamh berarti "kecerahan, keindahan" dan adalah nama seorang dewi.

15.    Penelope
Tautkan nama bayi Anda ke nama yang klasik dengan memilih nama Penelope. Dalam Homer's Odyssey, Penelope adalah istri Odysseus.

16.    Sansa
Jika Anda ingin sentuhan fantastik untuk nama bayi Anda, mengapa tidak memilih Sansa? Sansa adalah karakter dalam seri Songs of Ice and Fire, tetapi namanya dianggap memiliki akar penduduk asli Amerika. Itu berarti "putri suku".

17.    thea
Jika Anda ingin nama yang cocok untuk dewi kecil Anda, maka Thea bisa menjadi pilihan yang tepat! Thea berarti "dewi", dan itu adalah nama yang digunakan oleh dewi cahaya Yunani.

18.    Venus
Untuk nama yang cantik dan klasik untuk gadis kecil Anda, mengapa tidak berpikir tentang Venus? Venus adalah dewi kecantikan dan cinta Romawi.
Share:

10 February 2020

Jalan Jalan Sore ke Pantai Panmuti Kupang


Sudah lama sebenernya aku mengetahui pantai ini, dan udah aku labeli "Want to Go" di google maps, namun baru akhir Juni 2019 kemarin aku bisa nyampe ke Pantai ini.

Nama pantainya adalah Pantai Panmuti, yang berlokasi di Dusun Kuannoah, Noelbaki, Kab Kupang dan berjarak sekitar 19 km dari pusat kota Kupang. Akses untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah, aku sarankan sih menggunakan kendaraan pribadi aja ya, bisa motor atau mobil. Rutenya gampang banget, udah aku taruh di google maps di bawah ini, pokoknya ikutin aja saran jalur yang dibuatin google maps, dijamin bisa sampai ke lokasi.


Kondisi jalan menuju pantai ini 90% bagus, hanya menyisakan sedikit saja yang masih jalan tanah. Nah jalan tanahnya ini di beberapa titik terdapat bebatuan, kalau kalian menggunakan mobil, saranku sih jangan pakai mobil sedan atau yang pendek, karena bisa mentok batu. Kalau naik semacam Avanza dkk sih aman.


Saat aku ke pantai ini, enggak ada petugas yang menjaga ataupun menarik tiket masuk dan tiket parkir, alias gratis. Untuk parkir kendaraan bebas, bisa dimana aja asal jangan di jalan nya ya, haha. Bisa pilih yang teduh di bawah pepohonan, tapi ati ati pas turun kendaraan, karena di sekitar sini banyak banget ranjau kotoran sapi, mulai dari yang kering sampai yang masih segar basah hangat.


Di sekitar parkiran ini pepohonannya fotogenik dah, dan ada koloni kaktus di beberapa titik. Kalau lupa bawa minuman dan cemilan, tenang aja, ada warungnya kok, oia ada pula yang jual kelapa muda menggunakan mobil, kalau ini kayaknya sih enggak menetap, kadang ada kadang enggak. 


Ada dua tujuan yang bisa kita sambangi, yaitu bibir pantainya dan bukit putih di arah kanan pantai. Kalau aku sih cuma turun ke pantainya aja, foto foto, nemenin si kecil yang main pasir, ngemil ngemil, sambil menikmati suasana senja.



Nah buat kalian  yang pengen explore lebih, bisa jalan kaki lagi ke arah kanan , mendaki bukit putih yang fotogenik itu. Dari atas bukit, pemandangannya lebih bagus sih, tapi berhubung kita lagi bawa bayi nih, jadi males buat naik naik bukit.



***

Rute Menuju Pantai Panmuti Kupang

Share:

3 February 2020

Ngadem di Cafe Sharon Rote


Sudah baca ceritaku saat 5 hari dinas di Pulau Rote khan? Nah dalam 5 hari itu, aku menyempatkan buat nongkrong siang di salah satu cafe hits di Rote. Namanya Cafe Sharon yang tepatnya berlokasi di Jalan Pabean No.1, Ba'a, Rote. Gak jauh dari Pelabuhan Ba'a Pulau Rote, dan persis di sebelah hotel tempat kita menginap yaitu Hotel New Ricky. Kayaknya sih pemiliknya sama ya, karena di dalam hotel terdapat menu dari sharon cafe yang bisa kita pesan lewat resepsionisnya.

Cafe sharon ini cuma mempunyai 1 ruangan yang lumayan luas lah, meskipun indoor dan ber AC, di meja meja terdapat asbak yang artinya di dalam sini boleh merokok donk. 

Oia meskipun lumayan luas, tapi ruangan ini terkesan penuh sesak ya, sepertinya sih disebabkan karena penataan interiornya yang kurang oke, dindingnya dikasih wallpaper berwarna gelap, yang dikasih banyak hiasan dinding seperti lukisan dll. Meskipun begitu, tempat ini tetap nyaman dan adem, karena ada AC nya, cocok banget buat ngadem siang siang di tengah terik panasnya Pulau Rote. Kemudian di salah satu pojokan ruangan ini terdapat 2 gitar, sound sistem dan stand mic, sepertinya sih buat live music ya.



Saat kita datang, cafenya dalam kondisi yang sepi, kosong, alias cuma kita bertiga aja yang makan disini, namun kemudian setengah jam berikutnya datanglah 1 rombongan anak anak sekolah beserta gurunya yang datang makan disni, kuhitung jumlahnya sih lebih dari 10 anak. Baik banget itu guru nraktir anak anak didiknya di sini. Heuheuheuheu.

Menu makanan yang disediakan Cafe Sharon lumayan beragam sih, ini nih aku kasih foto nya lengkap dengan harganya, tapi cuma 2 halaman aja ya, yang lain belum sempet kefoto :


Aku perhatikan, penamaan menu makananya unik unik ya, seperti halnya untuk menu mie mie-an yang menggunakan nama nama tempat di dunia, seperti Jeju Crab Noodle, Botswana Noodle Seafood dll , sedangkan untuk menu di bawahnya menggunakan nama planet, seperti Neptunus Balado Tongue, Venus Tail Beef Soup dll. Tapi sayangnya penulisan kata kata dalam bahasa inggrisnya banyak yang typo, heuheuheu, contohnya whit (with), saucre (sauce), seafoot (seafood), tougnge (tongue) dan lain lain masih banyak lagi, haha. Tapi oke lah, yang penting pengunjungnya paham itu apa.

Karena lagi pengen yang seger seger, aku sih pesennya mie kuah dengan minum es teh, sedangkan temen temenku pesen kentang goreng, jus pisang, nasi capcay, dan ayam sambal matah.





Semangkok besar mie rebus berhasil aku masukkan semua ke perut, huaaa uenak gaes. Aku pun coba icip icip makanan yang dipesen temenku, dan ternyata rasanya juga enak, cuman yang penampilannya kurang oke Cap Cay nya, enggak seperti normalnya cap cay di warung makan/restoran, untungnya sih enak ya.

Cukup lama kita nongkrong disni. Asyik makan, ngadem, ngobrol, ngomongin orang, main hape, hingga gak kerasa waktu istirahat siang udah abis. Kita pun bergegas bayar dan kembali ke tempat kita kerja dengan berjalan kaki, karena memang dekat, 5 menit aja sampai.

Buat kalian yang lagi di Pulau Rote, khususnya di daerah Ba'a, bisa dah nongkrong di tempat ini, buka dari Pagi menjelang siang sampai malam hari. Tapi harus agak bersabar ya, karena penyajian makanannya lumayan lama :


***

Peta Lokasi Cafe Sharon, Pulau Rote, NTT

.

Share:

Youtube

Blog Archive