10 February 2020

Jalan Jalan Sore ke Pantai Panmuti Kupang


Sudah lama sebenernya aku mengetahui pantai ini, dan udah aku labeli "Want to Go" di google maps, namun baru akhir Juni 2019 kemarin aku bisa nyampe ke Pantai ini.

Nama pantainya adalah Pantai Panmuti, yang berlokasi di Dusun Kuannoah, Noelbaki, Kab Kupang dan berjarak sekitar 19 km dari pusat kota Kupang. Akses untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah, aku sarankan sih menggunakan kendaraan pribadi aja ya, bisa motor atau mobil. Rutenya gampang banget, udah aku taruh di google maps di bawah ini, pokoknya ikutin aja saran jalur yang dibuatin google maps, dijamin bisa sampai ke lokasi.


Kondisi jalan menuju pantai ini 90% bagus, hanya menyisakan sedikit saja yang masih jalan tanah. Nah jalan tanahnya ini di beberapa titik terdapat bebatuan, kalau kalian menggunakan mobil, saranku sih jangan pakai mobil sedan atau yang pendek, karena bisa mentok batu. Kalau naik semacam Avanza dkk sih aman.


Saat aku ke pantai ini, enggak ada petugas yang menjaga ataupun menarik tiket masuk dan tiket parkir, alias gratis. Untuk parkir kendaraan bebas, bisa dimana aja asal jangan di jalan nya ya, haha. Bisa pilih yang teduh di bawah pepohonan, tapi ati ati pas turun kendaraan, karena di sekitar sini banyak banget ranjau kotoran sapi, mulai dari yang kering sampai yang masih segar basah hangat.


Di sekitar parkiran ini pepohonannya fotogenik dah, dan ada koloni kaktus di beberapa titik. Kalau lupa bawa minuman dan cemilan, tenang aja, ada warungnya kok, oia ada pula yang jual kelapa muda menggunakan mobil, kalau ini kayaknya sih enggak menetap, kadang ada kadang enggak. 


Ada dua tujuan yang bisa kita sambangi, yaitu bibir pantainya dan bukit putih di arah kanan pantai. Kalau aku sih cuma turun ke pantainya aja, foto foto, nemenin si kecil yang main pasir, ngemil ngemil, sambil menikmati suasana senja.



Nah buat kalian  yang pengen explore lebih, bisa jalan kaki lagi ke arah kanan , mendaki bukit putih yang fotogenik itu. Dari atas bukit, pemandangannya lebih bagus sih, tapi berhubung kita lagi bawa bayi nih, jadi males buat naik naik bukit.



***

Rute Menuju Pantai Panmuti Kupang

Share:

8 comments:

  1. Kalau pantai seperti ini, anak kecil biasanya suka membuat kapal-kapalan. Terus dibuat balapan , itu ada semacam cekungan air yang tenang. Kayaknya cocok buat balapan kapal-kapalan hahahhahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak anak kecil jaman sekarang udah jarang yang main begituan , heuheuheu. kalo misalkanpun ada, biasanya bapaknya yang bikinin kapal kapalan, nostalgia masa kecil

      Delete
  2. Airnya tenang banget kayaknya. Seru kayaknya sore-sore main-main air di sana.

    ReplyDelete
  3. Pantai2nya ternyata keren ya di Kupang... Mantaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lah, tp lebih keren di Lombok sih, heuheuheu

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive