13 April 2020

Foto Foto di Depan Sasando Raksasa

Pertama kali menginjakkan kaki ke Kupang (akhir tahun 2018), aku langsung terpana dengan kemegahan bangungan Kantor Gubernur NTT yang mencolok kinclong warna biru. Dilihat sekilas bangunan tersebut menyerupai alat musik Sasando. Nah Bentuknya yang unik itu menjadikan lokasi ini selalu ramai dikunjungi warga Kota Kupang maupun mereka yang baru pertama menginjakan kaki di Kota Kupang.


SEJARAH
Gedung kantor yang berada di Jalan El Tari ini merupakan tempat berkantor Gubenur dan Wakil Gubernur NTT dan tempat ini juga menjadi pusat pemerintahan NTT. FYI Gedung megah ini sebenarnya dibangun untuk menggantikan gedung lama yang terbakar pada tanggal 9 Agustus 2013 silam. Saat itu lantai 2 dan 3 hangus terbakar. 

Nah asal mula desain Sasando ini adalah sayembara yang diadakan oleh Pemprov NTT, yang kemudian sayembara itu dimenangkan oleh arsitek muda NTT bernama Luiz Wilson dengan desainnya yang menyerupai alat musik Sasando. 

Setelah diaplikasikan dalam wujud bangunan yang sebenarnya, terlihat bagian depan gedung ini menyerupai alat musik Sasando, sementara bagian depan sisi kiri dan kanan menyerupai lipatan daun lontar. 


Pembangunan Gedung Kantor Gubernur ini diawali dengan upacara adat dan sembayang dengan harapan agar diberi kelancaran pembangunan pada 23 Oktober 2015 lalu. Upacara yang menggunakan adat Helong ini ditandai dengan peletakan kepala kerbau di salah satu tiang utama gedung tersebut (Upacara ini biasa dilakukan di daerah- daerah di NTT).


Gedung yang dibangun oleh kontraktor PT Waskita Karya (persero) Tbk dengan anggaran Rp 178 miliar ini selesai pada Desember 2016 dan mulai digunakan pada tahun 2017. Gedung megah ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Desember 2016 bersamaan dengan ulang tahun NTT namun rencananya ini gagal. Selanjutnya gedung ini direncanakan diresmikan oleh Jokowi saat kunjungannya ke NTT untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara di Motaain Belu Rabu 28 Desember 2016 , namun lagi-lagi gagal. Hingga akhirnya pada tanggal 9 Januari 2018, bangunan ini pun diresmikan oleh Presiden Jokowi, sesaat sebelum meresmikan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang.


JADI TEMPAT FOTO FOTO
Gedung kantor gubernur yang unik ini ternyata menjadi tempat yang indah untuk foto foto lho dan hingga kini kaum muda Kota Kupang dan orang yang baru pertama ke Kupang menjadikan lokasi ini sebagai salah satu tujuan utama untuk foto. 


Aku sih udah dua kali foto foto di area Gedung ini, dengan terbukanya gerbang utama untuk umum, semua orang bisa masuk untuk sekedar foto atau duduk duduk nongkrong di bawah rindangnya pohon. Puncak ramainya bagian depan gedung ini ya saat sabtu pagi pas Car Free Day (CFD), dimana jalan el tari yang ada di depan gedung ini ditutup untuk semua jnis kendaraan. Saat CFD, Lapangan/halaman depan gedung ini juga sering dijadikan panggung untuk berbagai event.

Di sebelah samping halaman depan, ditaman beberapa bunga untuk mempercantik, salah satunya adalah bunga matahari yang mekar indah pas aku kesana kemarin. Di dekat situ juga terdapat kolam ikan dengan pancuran dan patung komodo di tengah nya.


Nah buat kalian yang lagi jalan jalan ke Kupang, pastikan jangan sampai lupa untuk mampir ke sini buat foto foto, pintu depan terbuka untuk umum dan gratis pula.

***

Peta Lokasi Gedung Kantor Gubernur NTT





Beberapa informasi di postingan ini diambil dari https://kupang.tribunnews.com
Share:

9 comments:

  1. Areanya luas dan bisa santai untuk menikmati waktu di sana mas.
    Kalau aku datang ke sana pun pasti foto di depan itu dulu ahahhahah

    ReplyDelete
  2. Wah keren desain gedungnya.. Tak kirain komodonya beneran tuh, ternyata patung. hahahha.. mirip banget dgn aslinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo beneran aku gak berani deket deket, heuheuheu

      Delete
  3. Pantes rasa2nya selama di Kupang gak pernah menjumpai bangunan ini, ternyata baru selesai dibangun 2016, tahun segitu mah udh sekian tahun sejak meninggalkan NTT :D. keren bgt bangunannya..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  4. Keren banget gedungnya, menonjolkan sejarah dan budaya khas NTT.

    Halamannya juga cakep, ijo dan ada patung komodo juga.

    ReplyDelete
  5. Sekilas mirip TMII ya, hehe.. tapi ini juga gk kalah keren!

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive