6 November 2023

Jalan Jalan ke TRMS Serulingmas Banjarnegara


Di dekat Surya Yudha Park 2 Banjarnegara terdapat wisata kebun binatang bernama TRMS (Taman Rekreasi Marga Satwa) Serulingmas. Aku tahu ini saat dulu mengunjungi Surya Yudha Park 2. Nah di pertengahan Bulan Oktober 2023 ini alhamdulilah kita bisa jalan jalan ke Banjarnegara lagi dan menengok penghuni kebun binatang tersebut.
 

Saat masuk parkir, kita membayar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah untuk santunan PMI. Lokasi parkirnya lumayan luas, berada di depan samping pintu masuk wisata. Di sekitar parkiran ada toilet umum dan beberapa penjual makanan dan mainan anak anak. Untuk masuk area wisata, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga 25 ribu rupiah per orang (harga saat weekend), untuk anak anak dengan tinggi di bawah 80 cm gratis. 
 


Setelah melewati petugas pengecekan tiket, aku merasakan vibes nya nih mirip ama Wisata Kyai Langgeng di Magelang. Hal ini juga dirasakan oleh istriku. Kondisi jalan agak menurun, di sebelah kanan kita langsung disambut oleh kandang kandang burung seperti elang dan kakaktua. Kandang berikutnya adalah Harimau, disini kita duduk sebentar, kebetulan ada tempat duduk kosong yang posisinya di atas kandang. Jadi dari spot ini kita bisa melihat aktivitas harimau dari arah atas. Harimaunya terlihat besar dan sehat, cuman agak kasihan karena kandangnya tidak terlalu besar, dan cuma bisa jalan bolak balik di dalam kandang. Disekelilingnya terdapat kolam berisi air dan tembok tinggi dengan kawat yang beraliran listrik.
 

Kita lanjut jalan kaki ke arah kanan, di sini terdapat banyak penjual makanan minuman dan jajanan, kita berhenti sebentar karena anakku merengek minta beli permen dan jajan. Di dekat sini ada kandang beberapa binatang seperti harimau, buaya, orang utan, berang berang dan Musang. Lanjut, berikutnya kita sampai di sebuah tanah lapang dengan pohon pohon yang tinggi, sehingga terasa teduh dan adem. Hal ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk gelar tiker sambil makan bersama keluarga. Kita pun istirahat sebentar disini, duduk di bangku yang telah disediakan, sambil minum dan ngemil jajan yang baru kita beli tadi.


Kemudian kita lanjut jalan kaki lagi ke ujung, disni ada sebuah warung dengan view sungai dan bendungan, terlihat di bawah banyak pemancing yang sedang menunggu umpannya disambar ikan sambil panas panasan. Kandang berikutnya yang kita lihat adalah kandang ayam kalkun, siamang yang suaranya menggelegar, onta, serta rusa.
 





Di dekat kandang onta ada spot foto bersama ular dan burung hantu. Untuk bisa menikmati wahana foto ini, pengunjung harus membayar 20 ribu rupiah di loket, bisa dapat 1 foto yang dicetak langsung. Di sebelahnya ada kandang besar berisi dua gajah, jantan dan betina, yang mana keduanya kakinya dirantai. Di kandang ini, pengunjung bisa berinteraksi lebih dekat dengan gajah. Dengan membayar 35 ribu, mendapatkan 1 keranjang kecil makanan gajah, bisa memberi makan gajah secara langsung dengan menyuapinya serta foto foto. Lucunya si gajah ini bisa diarahkan gaya foto oleh pawangnya. Heuheuheu




Lanjut lagi ke kandang berikutnya, yaitu kandang keluarga beruk. Lucu deh di dalam sini ada bapak, ibu dan dedek bayi beruk. Anaknya aktif kesana kemari ngikutin pergerakan bapaknya, sedangkan emaknya duduk santai di pojokan.



Sebelum melangkah ke pintu keluar, kita mampir dahulu ke stand souvenir. Awalnya pengen beli kaos anak anak, tapi pas kulihat lihat kualitas kaosnya kurang oke, jadi cuma beli gantungan kunci, minuman dingin, eskrim dan cemilan. Kita duduk di dekat tempat souvenir ini, istirahat, ngemil sambil mendengarkan acara talkshow dengan pembicara dua dokter hewan, temanya adalah tentang rabies. Lumayan seru juga, meski aku enggak punya peliharaan anjing atau kucing. Kita pun mengikuti acaranya sampai selesai, yang kemudian dilanjutkan dengan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Selesai acara itu, kita pun beranjak menuju pintu keluar untuk melanjutkan jalan jalan kita menuju tempat makan siang. 


Tidak jauh dari Alun Alun Banjarnegara ada sebuah tempat makan bernama South Coffee & Eatery. Lokasinya berada di tepi sawah yang hijau, sampai sini aku agak kaget sih karena sepanjang jalan tadi dari kebumen ke banjarnegara, sawah yang kita lewati tuh semuanya lagi dalam kondisi kekeringan, lah disini ternyata agak laen ya, ijo royo royo lur. Setelah ku-cek di aplikasi google maps, ternyata memang ada saluran irigasi dekat sini yang menerima limpahan air dari Bendung Singomerto di Sungai Serayu. Mantap

outdoor

Area parkirnya tidak luas, hanya mampu menampung beberapa mobil aja, untungnya siang ini masih sepi, jadi bisa parkir dengan leluasa. Pilihan tempat duduknya bisa di luar, di dalam ber AC atau di lantai 2. Kita langsung masuk menuju kasirnya untuk ambil buku menu, lalu menuju tempat duduk pilihan kita. Menu makanan yang tersedia lumayan beragam, dengan harga yang tidak mahal, yaa standar cafe lah ya. Setelah menulis orderan di kertas, kubawa balik lagi ke kasir untuk dicek dahulu, lalu baru order diproses, untuk pembayarannya nanti saat mau pulang, bisa cash, debit, CC atau QRIS.

lantai 2

indoor lantai 1

Pas banget lah kita pilih tempat yang di dalam dan ber AC, adeeeem. Kita pun bersantai sambil menunggu orderan datang. Si kecil malah asyik menggambar di kertas yang udah kita bawa dari rumah. Tidak perlu menunggu lama, orderan pun datang satu per satu. Mungkin karena lagi sepi juga ya, jadi sat set sat set. Pas banget, perut udah lapaaar.
 
Aku pesen mie nyemek dan es americano. Mie nyemeknya enak lurr, asin gurih dan sedikit manis. Untuk level pedasnya, tadi aku pesen yang medium. Maknyuss lah. Dan biar nanti pas pulang enggak ngantuk nyetirnya, es americano adalah jawaban yang tepat.



Lumayan lama juga lho kita nongkrong di tempat ini. Datang jam sebelas dan pulang jam 1 siang. Heuheuheu dua jam ngadem. Buat kalian yang lagi jalan jalan di Banjarnegara dan pengen nongkrong santai sambil kulineran, tempat ini bisa jadi alternatif pilihan.






Share:

1 comment:

  1. Wah saya dulu pernah buat acara KKN di Wisata Serulingmas. Emang bagus tempatnya yaak. Btw, tempat nongkinya keren gtu ya. Jd kangen sama Banjarnegara hehee

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive