22 February 2021

Surya Yudha Park 2 Banjarnegara : Bisa Ketemu Dinosaurus dan Teletubbies

Selama tinggal di Kebumen ini, rencanaku adalah jalan jalan ke kota kota di sekelilingnya, nah salah satunya adalah Banjarnegara. Di kota dengan Semboyan "Gilar Gilar" ini ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, yang paling terkenal sih Dieng ya, akan tetapi kita enggak kesana, melainkan ke sebuah taman wisata yang belum lama ini dibuka untuk umum, namanya adalah Surya Yudha Park 2.

 
Angka 2 di belakang nama tempatnya ini merujuk kepada tempat wisata surya yudha yang sudah terlebih dahulu beroperasi, dan antara objek 1 dan 2 ini dibatasi oleh Sungai Serayu. 

Surya Yudha Park ini lokasinya ada di Jalan Gotong Royong, pintu masuknya persis di sebelah Kantor BPBD Banjarnegara, saat kita mau masuk dari jalan utama, terasa ini bukan sebuah pintu masuk ke sebuah tempat wisata, serasa masuk ke gang perkampungan gitu, sepertinya sih memang belum 100% jadi untuk gerbang masuknya. Barulah setelah masuk lebih dalam, jadi terlihat wujud tempat wisatanya, kita disambut oleh seorang satpam, yang mengarahkan kendaraan kita ke tempat parkir, yang lokasinya ada di sebelah bawah.

 

Dari lokasi parkir ini kita kembali naik ke tempat pembelian tiket masuk yang lokasinya ada di atas, dekat satpam tadi. Siang ini kondisi Surya Yudha Park 2 ini tidak terlalu ramai, bahkan di loket pembelian tiket tidak terdapat antrean.

Setelah masuk area taman, ada tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya, namun saat masuk tidak di cek suhu, seperti halnya tempat2 wisata yang lain.






Sesuai dengan namanya, yaitu "Park/Taman" di sini terlihat hijau dan segar, banyak tanaman di sini, berbagai jenis mulai tanaman bunga kecil kecil warna warni, pepohonan, sampai beraneka ragam bentuk kaktus. Selain taman kaktus, berikut aku tuliskan spot spot yang ada di Surya Yudha Park 2 :
  • Universal Studio Globe
  • Dino Land
  • Taman Teletubbies
  • Villa Serayu
  • Rumah Kelinci
  • Aneka Gazebo Buah Buahan
  • Replika Binatang / Patung Binatang
  • Aneka Spot Selfie
  • Playground 
  • Tangga Menuju Awan 
  • Restoran Food Court (Lahan Dahar)
  • Tempat Penjualan Tanaman Hias
Saat kita mengunjungi tempat ini, beberapa spot memang belum sempurna ya, alias masih dalam tahap pembangunan, seperti Globe, Dinoland dan Tangga menuju awan.
 
Dari sekian banyak spot di Surya Yudha Park ini, ada satu spot yang paling favorit, yaitu Dino Land. Meskipun saat ini masih dalam proses pembangunan, spot ini sudah bisa dikunjungi dan beberapa patung dinosaurus sudah bisa diajak untuk foto foto, nah yang unik disini ada 2 figur dinosaurus yang bisa bergerak gerak, lokasinya masih di dino land namun terletak di semacam goa gitu, meskipun gerakannya masih terlihat kasar, namun cukup untuk membuat takut anak anak, heuheuheu, anakku yang kecil aja sampai nangis saat melihat gerakan mulut dino yang mangap mangap plus suara erangan yang cukup keras dari speaker di bawah dino itu.
 



 
Puas main main keliling taman, kita pun berjalan keluar, rencana awalnya sih langsung ke parkiran dan cabut ke tempat lain, tapi ternyata dirasa rasa keliling taman tuh bikin laper, ya sudah akhirnya kita mampir dulu ke foodcourtnya yang bernama Lahan Dahar, sebuah nama menggunakan bahasa jawa halus yang artinya adalah Tempat Makan. Di sini ada beberapa stand dengan berbagai jenis menu makanan, pilih di masing masing stand dan bayar langsung disitu, nanti makanan akan diantar ke meja kita.


Tempat makan ini lumayan luas, dan meskipun tanpa AC suasanya nyaman dan sejuk karena angin dengan bebas bisa keluar masuk area ini. Nah setelah makan, kita berjalan ke atas melalui tangga menuju tempat penjualan tanaman hias, dan satu pot tanaman kaktus berhasil kita bungkus, heuheuheu



***

Peta Lokasi Surya Yudha Park 2 Banjarnegara
 
Share:

9 comments:

  1. Murah yo 15.000 rupiah. Kalau di kota-kota besar bisa antara 25.000 rupiah atau malah lebih hehehehe.
    Untuk anak-anak pas tempat seperti ini, mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan murah, worth it lah harga tiket nya

      Delete
  2. Dulu pernah KKN di Banjarnegara tahun 2011 lalu. Belum ada ini. Skrang ada destinasi sperti ini. Apalagi nanti kalau sudah jd semua, pasti tambah kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata udah sampai banjarnegara aja nih

      Delete
  3. Nice articles and your informatin valuable and good artices thank for the sharing information Lube Factory

    ReplyDelete
  4. Great job for publishing such a beneficial web site.
    pgเว็บตรง

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya... bisa buat tujuan weekend selanjutnya mumpung deket

    ReplyDelete
  6. Ada info soal tempat makannya nggak, gimana menu, harga dan pelayanannya?

    ReplyDelete
  7. ada kah nomer wa yg bisa di hubungi

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive