30 October 2023

Iseng ke Banyumas - Mampir Kampoeng Pule dan Roti Mruyung


Waktu itu awal Bulan September, sepulang anak anak sekolah, aku iseng ngajakin mereka buat jalan jalan ke kabupaten sebelah yaitu Banyumas. Pas banget waktunya makan siang, kita berhenti dahulu di sebuah tempat makan yang bisa dibilang baru, namanya Kampoeng Pule yang berlokasi di Jl. Lkr. Sumpiuh, Jombor, Gumelar Lor, Kec. Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Aku tahu tempat ini ya gara gara nontonin tiktok, pas lagi asyik asyik scroll scroll layar hape, eh tiba tiba muncul video tentang tempat makan ini.

Dari Kebumen berjarak sekitar 40 kilometer, ditempuh dengan kendaraan pribadi selama satu jam lebih sedikit. Lokasinya sangat strategis, di tepi jalur ramai antar kota dan persis di sebelah Pertashop. 



Meski di tepi jalan besar, sebenarnya bangunan utamanya ada di belakang, jadi kita harus melewati jalan menurun dahulu, baru sampai parkiran belakang. Di sekitar sini terdapat tempat parkir yang lumayan luas, toilet, musholla, kasir, dan beberapa area makan yang bisa dipilih. Ada pula satu ruangan indoor khusus bisa buat meeting.

Uniknya, Saat turun dari kendaraan kita langsung disambut oleh salah satu pegawai dengan membawa buku menu, beliau mengarahkan kita untuk memilih tempat duduk yang paling nyaman. Setelah mendapat tempat duduk, buku menu diserahkan untuk kita pilih pilih menunya.



Sembari menunggu orderan datang, aku dan anak anak jalan jalan keliling sekitar restoran. Ada beberapa kolam ikan, ayunan dan banyak motor klasik yang dipajang di restoran ini, mungkin yang punya resto ini adalah kolektor motor klasik ya.

Untuk si kecil, aku pesenin menu yang aman aman aja, yaitu nasi goreng. Saat disajikan, ternyata nasi gorengnya sedikit berwarna kuning, mungkin pake kunyit ya. Dari segi rasa, enak sih, anakku suka. Kalau aku pesennya ayam goreng hotplate blackpepper. Ayam 1/4 ekor yang digoreng, disajikan di atas hotplate, untuk bumbu blackpeppernya dipisah, kita sendiri yang menuangnya ke dalam hotplate. Nas pas dituang itu harus hati hati karena piringnya panas, jadi ada efek berasap dan suara yang lumayan bikin kaget. Seru sih experiencenya. Sedangkan istriku pesen ayam bumbu rujak. Huaaa mantap ini menunya, bumbu rujaknya juaraaa, recommended


Sekitar pukul setengah dua siang, kita lanjutkan perjalanan menuju arah Purwokerto, tujuan kita adalah sedikit belanja keperluan rumah tangga di Rita Pasaraya Sokaraja yang terletak di daerah Sokaraja Kidul, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Parkiran motor ada di depan toko, sedangkan parkiran mobil ada di tanah kosong di sebelah toko, dengan dibatasi jalan. Sepertinya bakal lumayan ribet kalau belanja banyak pake troli dan naik mobil.


Saat masuk ke Rita nya, suasananya mirip dengan RITA di Kebumen, cuman ini terlihat lebih bagus dan lebih rapi penataannya. Kalau soal kenyamanan, sama sama nyaman, barang barangnya lengkap, harganya juga masih oke.

Selepas beli beli beberapa kebutuhan, sekitar jam setengah 4 sore kita menuju ke tempat nongkrong berikutnya, namanya Roti Mruyung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Rita Sokaraja dan lumayan dekat dengan Alun Alun Banyumas, tidak berada di jalan besar, melainkan harus masuk gang dahulu. Yaa bisa dibilang hidden gem lah ya.



Berada di pojokan gang, tempat ini tidak punya parkiran khusus untuk kendaraan, apalagi mobil, jadi harus parkir di tepian jalan, tapi masih aman kok untuk lalu lalang kendaraan lain. Meskipun namanya Roti Mruyung, tempat ini tidak hanya menjual roti rotian, tapi juga ada es krim, ada mini cafe di dalam, dan ada pula guesthouse nya, lengkap deh.

Di bagian bakery, kita beli beberapa roti dan 2 cup es krim untuk anak anak yang nanti akan kita santap di cafenya. Setelah bayar, kita lanjut masuk ke dalam cafenya. Tidak terlalu luas, namun sangat nyaman dan syahdu. Kita langsung pesan beberapa minuman dan camilan. Karena aku udah lumayan laper, jadi pesen Bakmie Nyemek juga. Uniknya pembuatan bakminya bukan di dapur, tapi ada gerobak tersendiri yang mangkal di ujung cafe. Jadi kita bisa sekalian nontonin aksi abangnya saat membuat bakmi dari awal sampai siap disajikan.



Menurut informasi dari pemilik, Cafe yang berlokasi di Komplek Kota Lama Jl Pungkuran, Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas ini dahulunya hanya sebuah bangunan tua yang kondisinya memprihatinkan. Rusak karena tak terurus dan mau hancur. Setelah renovasi bangunan, baru kemudian tercetus untuk membuka Toko Roti Mruyung Cafe and Guest House yang diresmikan pada Sabtu, 19 November 2022. Untuk Guest house-nya sendiri terdapat sepuluh kamar yang dilengkapi toilet dalam. Satu kamar bisa untuk dua orang.

Nah buat kalian yang lagi nyari tempat menginap di dekat alun alun banyumas, bisa nih jadi salah satu tempat alternatifnya.

Oke lanjut kembali ke pesanan kita tadi, bakmi nyemek yang aku pesen ternyata enak banget lur, gurih asin pedesnya pas, tekstur mie nya juga oke. Tidak butuh waktu lama, seporsi mie sudah masuk mendiami perut. Untuk minumnya aku pesen kopi item, biar nanti pas nyetir pulang Kebumen enggak ngantuk.

Sebelum gelap, sekitar jam 5 sore lebih kita cabut untuk pulang. Overall perjalanan iseng kita hari ini menyenangkan, meski cuma ke kota tetangga, heuheuheu. Mantap lah

Share:

2 comments:

  1. belum pernah mbakmie nyemek kalau ke banyumas, tapi pas mudik ke kebumen wingi bakminya ke kutoarjo...nasi goreng pake kunyit baru ini aku melihatnya

    ReplyDelete
  2. penasaran sama Gesek Cabe Ijo, pengen coba :D

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive