16 October 2023

Ke Bandara Kulonprogo Lanjut Makan di Resto Joglo Girli Jogja


Di kantor kami, perpindahan tugas beberapa tahun sekali adalah sebuah hal yang lumrah. Bisa dapat lokasi yang dekat, agak jauh, bahkan jauuuh banget, seperti halnya aku yang awalnya di kantor Kebumen, lalu ke Kota Mataram NTB, pindah lagi ke Kota Kupang NTT, dan sekarang di Kebumen lagi.

Nah di Bulan September 2023 ini atasanku pindah tugas nih ke sebuah kota di Pulau Kalimantan. Saat beliau akan berangkat ke Kalimantan naik pesawat lewat Bandara Jogja di Kulonprogo, aku dan rekan rekan seruangan ikut ke bandara untuk sekedar memberi salam perpisahan dan memberi semangat.

Pesawat dijadwalkan terbang pukul setengah 12 siang. Aku, istri dan anak anak sudah tiba di bandara sekitar pukul sembilan pagi. Kita parkir kendaraan di lantai tiga yang tanpa atap, kemudian berjalan masuk ke arah "Kawasan Tugu Malioboro". Di dalam kawasan ini terdapat banyak stand jualan, ada pameran hasil seni, ada stasiun kereta bandara, dan ada pula permainan dinosaurus.
 




Sambil berjalan kita sambil melihat lihat hasil karya seni yang dipajang disini, unik unik deh. Lalu si kecil merengek minta beli Roti-O, woke kita beli roti itu dahulu. Kemudian sambil jalan, anak anak sambil menyantap roti. Untuk menuju terminal keberangkatan, kita harus naik 1 lantai lagi, bisa lewat tangga berjalan maupun lewat lift.

Sesampainya di atas, kondisi terlihat ramai, banyak orang yang terlihat tergesa gesa untuk masuk sambil membawa banyak barang bawaan, tapi ada pula yang santai sambil foto foto. Terlihat pula banyak orang yang tidak bermaksud untuk bepergian naik pesawat, entah cuma jalan jalan aja menikmati suasana bandara atau seperti aku yang mau mengantar teman/saudara yang mau pergi.



Saat mau mengintip kondisi ruang check-in aku bertemu teman sekantor, dan kita pun bareng bareng masuk ruangan check in, wah ternyata sekarang boleh masuk ya, seingatku dulu yang boleh masuk sini tuh yang bener bener mau terbang aja. Lumayan bisa nunggu di dalam dengan kondisi ruangan yang sejuk, sedangkan di luar lumayan panas.

Ruangan check ini ini luas banget, terlihat banyak spot kosong, setelah menunggu beberapa waktu akhirnya kita bertemu juga dengan pak bos, beliau diantar oleh istrinya. Kita duduk duduk dahulu sambil ngobrol, menunggu rekan lain dan menunggu panggilan untuk masuk ke ruang tunggu.




Aku jadi paham kenapa orang umum boleh masuk ke ruangan check ini ini sekarang, karena di bagian tengah ada pameran penjualan buku, dan di sini juga banyak gerai makanan seperti KFC dan Solaria. Jadi tujuannya agar gerai gerai ini lebih ramai, bisa dapat konsumen umum, bukan hanya calon penumpang pesawat.

Setelah ada panggilan bagi penumpang untuk masuk ruang tunggu, kita pun bergegas pamitan dan foto foto untuk kenang kenangan.

Kita yang yang mengantar beliau pun lanjut pisah, ada yang pulang ada yang lanjut jalan jalan, karena mumpung lagi di Jogja. Karena udah siang dan masuk jam makan siang, aku pun mengajak istri dan anak anak untuk makan siang dulu. Tujuan makan siang kita kali ini adalah Joglo Girli Resto & Cafe yang berlokasi di daerah Pengasih, Kulonprogo, Jogja, sekitar 18 km dari Bandara YIA.


Tempat parkirnya tidak terlalu luas, hanya bisa menampung beberapa mobil saja. Alhamdulilah siang itu kita masih dapat tempat parkir. Untuk area makannya luas banget ternyata, ada  beberapa tipe tempat duduk yang bisa dipilih. Sesuai namanya "Girli" yang merupakan singkatan dari pinggir kali , resto ini menawarkan pemandangan sungai, bahkan telah dibuatkan tangga ke bawah menuju ke sungai, kebetulan ini lagi musim kemarau, debit sungainya kecil, jadi aman untuk turun sampai ke sungainya.



Pilihan menu makanannya lumayan banyak dan bervariasi, kita pesan oseng belut, garang asem, geblek, jamur krispi, dan nasi ayam untuk anak anak. Untuk minumannya aku pilih es kopi lemon, aku penasaran dengan menu minuman yang satu ini, pas dihidangkan sebenernya aku ragu mengenai rasanya, tapi pas dicoba ehh tenyata kombinasi kopi dan lemonnya masuk, uenak banget, segerr. Mata langsung melek, ngantuk pun ilang, heuheuheu.




Untuk oseng belutnya sebenernya enak ya, dimakan pake nasi hangat aja udah maknyusss, cuma terlalu sedikit, saat belutnya habis, nasinya masih banyak. Sehingga aku harus comot comot ayam dari menu garang asem. Garang asemnya juga enak, kuahnya seger, cuman kurang asem dikit deh.

Setelah anak anak selesai makan, aku ajak untuk jalan menuruni anak tangga menuju sungai. Sesampainya di bawah ternyata sudah ada pengunjung juga yang main di sungainya, seorang ibu dan anak nya. Saat tadi di atas terasa sejuk karena di bawah pohon, lah pas sampai sungainya baru terasa terik. Mau langsung balik ke atas juga nanggung, ya udah kita main main bentar aja disini. Terlihat banyak ikan kecil yang berenang renang di sungainya, dan kalau kita lihat lebih dekat, ada banyak keong kecil yang menempel di bebatuan. Wah kalau pas sore , cocok banget nih buat main main air, tapi karena ini pas tengah hari jadinya panas.



Enggak lama berselang, aku pun mengajak anak anak untuk naik ke restonya lagi, takutnya pulang pulang nanti gosong kulitnya. Kemudian kita langsung menuju kasir untuk membayarnya, tapi sebelum sampai kasir, aku terdistraksi dengan tulisan Mini Zoo di salah satu pojokan resto, aku menengok sebentar, oh ternyata ada kandang kura kura, burung dan kelinci disitu.

Pas di kasirpun aku terdistraksi lagi ama isian dalam chiller di samping kasir, disitu ada beberapa botol limun/orson dengan bentul botol yang jadul, karena tertarik, aku pun membelinya satu. Heuheuheu

***

Peta Lokasi Resto Joglo Girli Jogja

Share:

2 comments:

  1. Kalau saya lg d Jogya, saya bakalan jalan2 naik KA bandara terus muter2 di sekitaran bandara NYIA hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku pengen jajal main ke bandara, tapi kok lihat cuaca sekarang mau sepedaan saja malas ahhahahah. Enak kui abis dolan lanjut kulineran

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive