14 September 2020

Akhirnya Sampai Juga di PLBN Wini : Perbatasan Timor Leste

 
Semenjak pindah kerja ke daerah Kupang, NTT, salah satu tempat yang harus dan wajib kukunjungi adalah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Nah setelah 2 tahun di Kupang, alhamdulilah aku berhasil juga menjejakkan kaki ke perbatasan tersebut, namun baru 2 titik perbatasan yaitu Wini dan Motaain, sedangkan Motamasin yang berada di bagian selatan Pulau Timor belum.
 
Kali ini, di postingan ini aku akan menuliskan ceritaku saat mengunjungi perbatasan Indonesia - Timor Leste di daerah Wini.
 
Semasa pemerintahan Presiden Jokowi, bangunan perbatasan adalah salah satu fokus pembangunan, dari yang dulu awalnya biasa aja berubah keren, megah dan menjadi salah satu tujuan wisata foto foto. Bangunan ini diberi nama PLBN, yang merupakan kependekan dari Pos Lintas Batas Negara.

FYI wilayah timor leste di pulau timor tuh aneh deh, selain ada wilayah utama di ujung timur pulau timor, ada satu lagi wilayah timor leste yang berada di tengah tengah wilayah NTT, terpisah dari wilayah utama. Coba deh lihat peta di bawah ini, 


Nah warna kuning yang nyempil diantara warna coklat itulah wilayah timor leste yang terpisah dari wilayah utama dimana pintu masuknya adalah PLBN Wini.

Menurut info dari pemilik warung yang lokasinya enggak jauh dari PLBN Wini, tempat ini adalah salah satu tempat pelarian orang orang kupang yang nyari tempat wisata alternatif, dan di long weekend ini menurutnya banyak orang dari kupang yang kesini, salah empatnya sih kita, heuheuheu. 

Mobil parkir di luar
 
Untuk bisa masuk foto foto di bagian dalam PLBN tidaklah sulit, apalagi kalau kalian punya kenalan penjaga PLBN atau Petugas Bea Cukai, bisa masuk naik kendaraan sampai belakang. Nah kalau kita ini yang datang tanpa kenalan, parkir dulu kendaraannya di luar/di depan gerbang, lalu ijin/lapor di pos keamanan. Nah berhubung sekarang masih dalam masa pandemi corona, setiap pengunjung harus memakai masker, diukur suhu tubuh menggunakan thermogun, cuci tangan menggunakan sabun dan isi buku tamu, baru deh bisa masuk foto foto.



 
Di bagian depan ini terdapat tulisan Wini Indonesia, di sampingnya terdapat bangunan semacam lopo lopo yang lumayan luas. Disini kita berteduh sebentar, panas banget gaess siang ini.

Sesuai petunjuk dari penjaga keamanan tadi, kita harus berjalan ke arah kiri kalau mau sampai belakang, dimana disana ada tugu burung garuda raksasa yang menghadap barisan pegunungan indah di seberang sana.





Namun sayang sekali pintu gerbang belakang yang menuju ke Timor Leste sedang ditutup rapat, kita gak bisa melewatinya, meskipun cuma numpang foto. Ya sudah setelah foto foto di sekitar tugu burung garuda raksasa, kita pun bergegas jalan balik ke depan dan melanjutkan trip Timor Overland kali ini.

***

Peta Lokasi PLBN Wini - Timor Leste

Share:

6 comments:

  1. Beberapa orang kantorku pernah ke sini waktu kunjungan ke Timor Leste hehehehe. Harusnya tahun ini juga ke sana, tapi ditunda karena pandemi

    ReplyDelete
  2. Bagus ya bangunannya, membanggakan jadi PBLN. Plus aku baru tahu ttg wilayah Timor Leste yang terpisah itu :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus, kontras sekali dengan sekitarnya...

      Delete
  3. Keren banget. Kebayang kalo saya ksana jg. Mantap tulisannya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive