23 December 2020

Bingung Mau Foto Foto Dimana? Ke Svargabumi Borobudur Saja


Siang itu Purworejo dalam kondisi sangat mendung, dan hujan namun tidak lebat, yaa karakter karakter hujan kecil tapi awet gitu lah. Adikku merengek minta diajak jalan jalan ke Magelang, alasannya sih katanya di Magelang enggak hujan. heuheuheu.
 
Ya sudah, mumpung libur dan mumpung lagi di Purworejo, aku pun bersiap untuk cuss ke Magelang, sekalian mengajak seluruh penghuni rumah, termasuk orang tua, jadi full team kita ada 7 orang, termasuk 2 krucilku.
 





Benar katanya, memasuki perbatasan Magelang, kondisi cuaca lebih oke, meski mendung, namun tidak turun hujan. Alhamdulilah, jalan jalannya enggak Zonk, karena spot yang kita tuju ini adalah outdoor. Coba kalau hujan juga, yaa pasti ujung ujungnya nanti ke Artos Mall
 
Nah tempat yang kita tuju berdasar keinginan adikku adalah Svargabumi Borobudur, sebuah tempat foto foto yang pernah kutonton liputannya di Youtube-nya Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Lokasinya mudah sekali dijangkau, sangat dekat dengan Borobudur, tinggal mengandalkan aja rutenya google maps, bakal nyampe kok, cuma beberapa kilometer sebelum lokasi, jalannya agak sempit.
 




Jadi Svargabumi ini adalah lahan sawah warga yang disulap oleh pengelola menjadi tempat foto foto yang oke, tanpa menggusur keberadaan sawah tersebut. Semacam simbiosis mutualisme, pengelola menyewa lahan ini dan mendapatkan penghasilan dari tiket masuk dan parkir, sedangkan pemilik lahan mendapat penghasilan dari uang sewa lahan (sawah) dan  tentu saja hasil panen sawah tersebut. 

Tempat parkir lumayan luas dan petugasnya pun banyak, siap membantu parkir saat kondisi sedang ramai. Untuk tiket masuknya berapa ya, aku enggak tahu, karena udah dibayarin ama emak, heuheuheu.








Protokol kesehatan disini sangat diperhatikan, pengunjung harus menggunakan masker, diukur suhu dan diwajibkan cuci tangan pake sabun terlebih dahulu.

Awalnya kirain bakalan sepi karena cuacanya yang lagi kurang oke gini, eh ternyata lumayan rame juga lho, tapi alhamdulilah masih aman lah buat foto foto, enggak full orang. Eh btw mengenai lokasi tempat ini yang dekat banget dengan borobudur tuh aku baru ngeh saat foto foto, nah saat membidik lensa, eh puncak borobudurnya kelihatan, heuheuheuheu.


Ada banyak spot yang bisa dijadikan tempat untuk foto foto, ada petugas juga yang siap membantu mengambilkan foto. Nah spot spot foto ini dihubungkan dengan semacam jembatan kayu gitu yang membentang di atas persawahan warga. Kondisi pemandangan disini tentunya akan berbeda beda, tergantung kondisi tanaman padinya, apakah pas lagi hijau daunnya, pas lagi menguning, pas lagi panen, atau malah pas lagi kosong sehabis panen. Kalau kemarin sih alhamdulilah pas lagi bagus, lagi ijo ijonya.

***

Peta Lokasi Svargabumi Borobudur, Magelang

Share:

4 comments:

  1. Konsep tempat fotonya cakep banget.
    Ijo-ijo nyegerin mata.

    ReplyDelete
  2. Destinasi ini menjadi salah satu yang paling ramai sekarang, mas.
    Apalagi lokasinya gak jauh dari Borobudur, jadi bisa sekalian dikunjungi

    ReplyDelete
  3. Woo pinter ya, sawah dijadikan tempat wisata. Lumayan sawahnya tetap produktif dan bisa dipakai buat leyeh-leyeh

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive