6 December 2021

Nyantai di Alun Alun Wates Kulonprogo


Kedatanganku ke Alun Alun Wates Kulonprogo tuh sebenernya enggak terencana, aku inget waktu itu habis makan di Kopi Ingkar Janji, nah mau langsung balik pulang tuh nanggung, sampai kebumen masih agak siang, tapi mau lanjut jalan jalan ke kota Jogja juga nanggung, nanti sampai Kebumen pasti udah malam. Akhirnya aku nyari tempat buat mampir sebentar yang lokasinya sejalur atau enggak  jauh melenceng dari jalur pulang. Hingga akhirnya tiba tiba kuputuskan untuk menengok Alun Alun Wates. Enggak tahu sih mau ngapain, pokoknya mampir aja dulu.
 
Sesampainya di lokasi, aku muterin alun alun dulu sebelum memutuskan parkir, pilih pilih spot yang paling oke, awalnya mau parkir di deket lapangan tenis, udah mau siap siap turun, tapi akhirnya aku urungkan, dan pindah ke sisi seberang Stasiun Wates. Yuph aku jadi inget dulu pas naik kereta prameks Purworejo - Jogja, keretanya pasti berhenti di stasiun wates, dan viewnya adalah alun alun, sekarang kebalikannya, aku di alun alun, dan viewnya adalah stasiun.
 




Enggak ada area parkir khusus, atau mungkin ada tapi aku enggak tahu, jadi aku parkirkan aja langsung di tepi jalan, persis di depan gerobak penjual seblak. Di sekeliling alun alun wates ini memang masih diperkenankan gerobak gerobak PKL untuk berjualan, tapi alhamdulilah masih terlihat rapi dan lumayan bersih. Siang itu ada sebagian yang buka, sebagian lagi masih tutup, infonya sih bakal buka semua waktu sore tiba, dan memang ramenya waktu sore. Kalau siang seperti ini terlihat lengang dan sepi, cocok banget buat kalian yang lagi pengen nongkrong tapi dengan suasana yang tenang.
 



Istriku langsung memesan seblak satu porsi, aku sih enggak tertarik, karena lagi enggak pengen yang pedes pedes banget, tahu sendiri lah rasanya seblak, pasti pedeeees. Aku pun mlipir ke sebelah mencari cari cemilan lain, dan terpilihlah menu telur gulung, heuheuheu. Harga per tusuk cuma seribu, aku beli 10 ribu, berarti dapat 10 tusuk, dan dikemas dalam dua plastik yang berbeda, sharing ama si krucil. Untuk minumnya si krucil pesen pop ice.

Selepas nongkrong sambil ngemil, aku ajak anak anak jalan jalan di sekitar alun alun, dan berhenti di pojokan playground, disitu terdapat beberapa permainan yang biasanya terdapat di Taman Kanak Kanak/TK seperti perosotan, jungkat jungkit dll. Area ini sangat rindang karena banyak pepohonan dan ditata menjadi sebuah taman yang apik. Alhamdulilah siang ini sepi, anak anak bisa main dengan bebas tanpa rasa takut berdesak desakan atau rebutan dengan anak anak lain.




Bergeser ke sisi yang lain, terdapat spot air mancur yang airnya sudah tidak mancur, heuheuheu, entah sedang dimatikan atau memang sudah tidak berfungsi. Di spot ini terdapat tulisan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Bank BPD DIY dan susunan huruf Kulonprogo, dimana beberapa hurufnya sudah barjatuhan. Sayang sekali, padahal spot ini menjadi landmark buat pengunjung dari luar kota yang mau foto foto, semoga bisa segera diperbaiki.







Share:

2 comments:

  1. saya juga pernah main kesitu kak,
    ternyata siang hari pun tetap ada jajanan ya,
    kesitu malah hari juga syahdu kak... coba dah :)

    ReplyDelete
  2. Alun2nya bersih dan rapi skali. Inget jg klo ke luar Yogya k arah barat, pasti lewat Wates.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive