2 June 2022

Kala dan Ayom : 2 Cafe di Jogja dengan View Sawah yang Cantik


Tempat makan dengan bonus view sawah tuh lagi menjamur dimana mana ya, tak terkecuali Jogja, ada lumayan banyak resto/cafe yang selain menjual makanan minuman juga menjual view sawah. Nah kali ini aku mau sharing 2 (dua) tempat makan di Jogja dengan View Sawah.

YANG PERTAMA adalah Kala Countryside.
Lokasi cafe ini berada persis di tepi Jalan Baru Mulungan,  Mlati, Sleman, Jogja, tidak terlalu jauh dari Pusat Perbelanjaan Sleman City Hall. Cafe yang lumayan baru dan sedang viral di berbagai media sosial dan di bicarakan banyak kalangan ini merupakan cabang kedua dari Kala Coffee & Society di Ngaglik. Dengan konsep yang berbeda dan keunikan tersendiri khas dari cafe barunya ini menjadikan sebuah tempat nongkrong atau hangout di Jogja khususnya daerah Mlati. 
 

Tempat parkirnya lumayan luas, terletak di depan cafe dengan bagian dasar batu kerikil, bisa menampung beberapa kendaraan roda dua dan empat. Dari jalan raya, fasade cafe ini terlihat sangat menarik dan eye catching dengan tulisan "KALA" di depannya.  Bangunan khas Joglo yang dimilikinya ini memiliki area yang cukup luas dengan konsep open space, jadi tidak ada dinding dan sekat di bangunannya. Sehingga pengunjungnya bisa leluasa melihat pemandangan yang di sajikan berupa hamparan sawah dan tentu saja angin semilir dari segala penjuru, tidak perlu alat yang namanya AC gaess. 
 



Selain disuguhi pemandangan sawah, bagian dalam cafe ini juga di kelilingi tanaman yang membuat spot nongkrong ini lebih natural dan menyatu dengan alam. Tapi yang namanya sawah tidak selalu hijau ya, tergantung masa pertumbuhan tanaman padi, beruntung sih kalau kalian datang pas sawahnya hijau atau pas padinya menguning siap dipanen. Aku kemarin pas sedang tidak beruntung, karena kondisi sawahnya yang berantakan karena habis dipanen, banyak jerami yang berserakan, di kanan kirinya terlihat pepohonan dari kebon tetangga sedangkan di arah jauh terdapat kebun jagung.




Untuk menu makanan, favoritku adalah Swedish Meatball, bakso ala ala menu IKEA ini enak deh, dan rasanya enggak pedes, anakku aja suka. Disajikannya bersama mashed potato yang lembut dan creamy serta salad. Kalau mau menu nasi, bisa pilih Sego Ayam Suroboyo yang dalam satu porsi terdiri dari Nasi Putih, Ayam Goreng, Kangkung dan Sambal, ini lumayan enak meskipun dibawah ekspektasiku. Recommended lah. Kalau dari segi harga, makanan dan minuman yang disajikan "KALA" menurutku memang agak mahal, jadi siapin uang lebih ya kawan kawan.

YANG KEDUA adalah Ayom.
Berbeda dengan Kala yang lokasinya di tepi jalan raya, Ayom ini lokasinya ada di dalam area pemukiman, jadi harus melewati jalan lumayan kecil, layaknya jalan masuk ke perkampungan gitu. Kalau secara administratif masuk daerah Sukunan, Banyuraden, Kec Gamping, Kab Sleman, Jogja. 


Dibangun di atas tanah eks sawah, cafe ini terlihat sangat mencolok karena di sekelilingnya masih sawah (untuk saat ini), dan inilah salah satu yang dijual disini yaitu view sawah. Beruntung saat kita makan disini kondisi sawah lagi hijau hijaunya, cantik banget.

Lokasi parkirnya lumayan untuk menampung beberapa kendaraan roda 4 dan roda dua, ya ukurannya sama lah ama Kala, bahkan bagian dasarnya juga sama, yaitu bebatuan kecil/kerikil. Jadi kalau kalian bawa kursi roda atau stroller bayi, sepertinya agak kesulitan di area parkirnya, tapi setelah masuk area cafe, ada jalur khusus untuk kursi roda/stroller bayi.




Dengan menganut konsep Open space, para pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah secara langsung, dan di kejauhan akan terlihat kereta api yang mondar mandir dengan suara khas nya. Aku salut dengan pelayanan disini, karena cepat dan ramah, bahkan saat anakku yang kecil muntah di bawah meja, mereka pun sigap membersihkan, dan salah satu dari mereka (mungkin managernya) mendekati kita, dan menawarkan minyak kutus kutus untuk dioles di perut. Mantap.

Untuk menu makanan, disini ada menu anaknya lho, yang terdiri dari 4 pilihan paket, dibedakan dari jenis proteinnya, ada Tuna, Ayam, Telur dan Udang, lengkap dengan minuman jus buah, jadi dengan menu anak ini tidak perlu order minuman secara terpisah. 



Karena lagi laper lapernya, aku pesen menu komplit yaitu Nasi Campur Sukunan. Lengkap banget deh, dalam satu piring besar, isinya ada nasi, telur, dadar, kering kentang, abon, bola bola sapi, daging ayam, timun, emping, dan sambal. Ini enak banget gaesss, recommended. Kalian wajib Coba... 

Dari segi harga, Ayom ini lebih bersahabat dari Kala. Dengan komposisi makan yang sama, uang yang kita keluarkan saat makan di Kala hampir 2x lipat daripada di Ayom. 





Satu lagi kelebihan Ayom, di bagian belakang bangunan utama cafe ada area outdoor yang ditata cantik lengkap dengan meja kursi. Spot ini cocok untuk nongkrong dan makan disaat sore hari dengan catatan cuaca sedang tidak hujan ya. Mungkin bisa sunsetan disini, heuheuheu. Mantap, viewnya sawah dan kadang ada beberapa bebek lewat di sawah ini. 

***

Nah dari kedua cafe ini, kalian pilih mana nih? Kala atau Ayom?
Share:

1 comment:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive