2 May 2022

Ledok Sambi Jogja : Piknik Sambil Main Air Sungai


Ledok Sambi adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di daerah Pakembinangun, Pakem, Sleman, Jogja, tidak jauh dari objek Wisata Bhumi Merapi. Aku tertarik mengajak anak anak ke spot ini karena konsepnya yang sederhana tapi unik dan seru.

Lha gimana enggak sederhana, inti dari wisata disini adalah main basah basahan di sungai yang dangkal dan alirannya tidak deras, cuman dikemas dalam sebuah paket wisata yang menarik. FYI enggak ada tiket masuk lho untuk masuk kesini, alias gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja, kalau kalian jalan kaki dari rumah, ya gratis berarti. Heuheuheu


Waktu itu kita datang siang di hari minggu, udah ngebayangin sih bakal serame apa tempatnya, dan benar saja, untuk nyari parkiran aja susah, kita harus mengikuti petunjuk dari petugas parkir yang ada di beberapa sudut persimpangan jalan, mereka mengarahkan ke spot parkir yang masih bisa ditempati, ada yang memang di tempat parkir, ada yang di tepian jalan, ada pula yang numpang di halaman rumah warga sekitar. 
 
Dari tempat parkir kita tinggal jalan kaki menuruni beberapa anak tangga. Ukurannya sempit dan lumayan curam sih, Kalau kalian males turun pakai tangga, bisa aja naik flying fox dengan membayar tiketnya, eh tapi berapa ya lupa.
 

Sampai di lokasi, udah ramai sekali, spot spot  duduk yang adem udah abis, cafe yang ada di sini pun antreannya panjang banget. Kita berjalan ke arah ujung, mencari spot yang nyaman. Di sebelah cafe ada tempat penyewaan ban pelampung dan peminjaman tikar. Untuk ban harus bayar 10 ribu kayaknya, sedangkan tikar bisa dipinjam gratis, tapi kalau mau ngasih donasi, bisa masukkan uang ke kotak, seikhlasnya.
 
Awalnya kita enggak dapat tikar, tapi alhamdulilah ada pengunjung yang berbaik hati berbagi tikar dengan kita, awalnya mereka menggunakan dua tikar, tapi lalu menyerahkan ke kita 1 tikarnya. 
 

Setelah dapat tikar dan area yang teduh untuk menggelar tikar kita pun pesen makanan. Untuk pesan makanan langsung ke warung/cafe nya, langsung bayar, lalu menginfokan kita duduk di sebelah mana, nanti kalau sudah jadi, akan diantarkan ke tempat kita duduk. Awalnya ragu sih bakal dianterin, lha tempat kita duduk relatif jauh dari warung nya. Tapi keraguanku sirna ketika petugasnya bener bener dateng nganterin ke tempat kita duduk, heuheuheu. Mantap


Menu yang disediakan tidak banyak jenisnya, tapi cukup lah ya buat menemani main main air. Dari segi rasa, makanan makanan yang kita pesan rasanya enak kok, apalagi mie kuah nya, heuheuheu, enak enak enak, aku makan nya sehabis nyebur ke air, jadi lumayan bisa mengusir rasa dingin karena berendem di sungai. Harganya juga oke kok, enggak mahal.




Enggak nyangka ternyata si krucil seneng banget main air disini, aku ajak naik buat pulang aja susah banget, padahal terlihat udah pada kedinginan lho. Tapi setelah dibujuk bujuk, akhirnya mau juga beranjak dari sungai, heuheuheu. Lalu kita bergantian ke kamar mandi buat bilas dan ganti baju. Jadi buat temen temen yang mau kesini, jangan lupa bawa handuk dan ganti baju ya. Untuk tempatnya udah disediain, lumayan banyak kok, airnya lancar dan bersih. Kalau mau lebih bersih lagi, silakan bawa sabun dan sampo.


***

Lokasi Ledok Sambi Jogja

Share:

2 comments:

  1. Bener2 cocok banget tempat utk bersantai bersama keluarga. Apalagi bawa anak2, jd betah disini

    ReplyDelete
  2. pisang gorenge terlihat mempur dan mendoane cantik sekali..ditambah indomie dan sawi hehehhe...mantap

    aku padahal kemarin baru diajak keluarga mbakku buat wisata merapi tapi ga jadi...ternyata deket pakembinangun ya...asyik juga bisa kecehan di aliran sungai dangkal...tapi harus ssangu tikar kayaknya ya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive